Maria Beatrice

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Maria Beatrice dari Savoia
Maria Beatrice Vittoria of Savoy.jpg
Potret oleh Adeodata Malatesta
Permaisuri Modena dan Reggio
Periode14 Juli 1814 – 15 September 1840
Lahir(1792-12-06)6 Desember 1792
Torino, Piemonte-Sardinia
Wafat15 September 1840(1840-09-15) (umur 47)
Castello del Catajo, Lombardia-Venesia
WangsaSavoia
Nama lengkap
bahasa Italia: Maria Beatrice Vittoria Giuseppina
AyahVittorio Emanuele I dari Sardinia
IbuMaria Theresia dari Austria-Este
PasanganFrancesco IV d'Asburgo-Este (m. 1812–40); kematiannya
Anak
AgamaKatolik Roma

Maria Beatrice dari Savoia (Maria Beatrice Vittoria Giuseppina; 6 Desember 1792 – 15 September 1840) merupakan seorang Putri dari Savoia dan Adipati Modena melalui pernikahan.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Dia adalah putri sulung dari Vittorio Emanuele, Adipati Aosta dan istrinya Maria Theresia dari Austria-Este. Ayahandanya tiba-tiba menjadi Raja Sardinia pada tahun 1802 ketika Charles Emmanuel IV turun takhta.

Kakek maternalnya adalah Adipati Agung Friedrich dari Austria-Este dan Maria Beatrice d'Este. Friedrich adalah putra ketiga Franz I, Kaisar Romawi Suci dan Maria Theresia dari Austria. Maria Beatrice adalah putri sulung Ercole Rinaldo dan Maria Theresa, Putri Carrara.

Pada bulan Desember 1798, Maria Beatrice meninggalkan Torino dengan orang tuanya dan pamandanya karena Revolusi Prancis dan Perang Napoleon. Mereka melarikan diri ke Parma, lalu Firenze. Mereka akhirnya menetap di Sardinia, dominasi terakhir yang dipegang oleh Kerajaan Sardinia, untuk berlindung. Maria Beatrice menghabiskan sebagian besar waktunya di Cagliari selama 13 tahun.

Pada tanggal 20 Juni 1812, Maria Beatrice menikah dengan pamanda ibundanya, Francesco, Adipati Utama Austria-Este; pasangan tersebut menerima dispensasi khusus untuk pernikahan mereka dari Paus Pius VII. Suami Maria Beatrice menjadi Francesco II, Adipati Modena, Reggio, dan Mirandola pada tanggal 14 Juli 1814, membuat Maria Beatrice menjadi Adipati Modena. Mereka memiliki keturunan sebagai berikut:

Pasangan itu meninggalkan Sardinia pada tanggal 15 September 1813 ke Pulau Zakynthos, dan kemudian berlayar ke Trieste di lepas pantai timur Laut Adriatik, akhirnya sampai di Wina lewat darat. Pada invasi Joachim Murat selama Seratus Hari, mereka melarikan diri dari Modena sampai tanggal 15 Mei 1815.

Karena pecahnya revolusi, Maria Beatrice harus meninggalkan Modena lagi bersama keluarganya pada tanggal 5 Februari 1831, namun dengan bantuan militer Austria, keluarganya dapat kembali pada tahun ini.

Maria Beatrice meninggal karena penyakit jantung pada tanggal 15 September 1840 di Castello del Catajo. Jenazahnya dimakamkan di Chiesa di San Vincenzo, Modena.

Maria Beatrice adalah seorang Nyonya (Austria) Ordo Bintang Lintas.

Jika dia naik takhta, dia pasti menjadi Maria III & II.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Mary III & II and Mary IV & III were numbered in such a way because some Jacobites regard Elizabeth I of England as illegitimate, and therefore consider Mary, Queen of Scots, to have been the rightful Queen Mary II of England from the death of Mary I

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Maria Beatrice dari Savoia
Lahir: 6 Desember 1792 Wafat: 15 September 1840
Didahului oleh:
Vittorio Emanuele I dari Sardinia
— TITULER —
Ratu Inggris, Skotlandia dan Irlandia
1824–1840
Alasan kegagalan suksesi:
Revolusi Agung
Diteruskan oleh:
Francesco V dari Modena