Francesco V dari Modena

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Francesco V
Francesco V d'austria este Duca Modena young.jpg
Potret oleh Luigi Manzini
Adipati Modena dan Reggio
Berkuasa21 January 1846 – 11 June 1859
PendahuluFrancesco IV, Adipati Modena
PenerusMonarki Habsburg dihapus oleh Risorgimento
Lahir(1819-06-01)1 Juni 1819
Modena, Kadipaten Modena
Wafat20 November 1875(1875-11-20) (usia 56)
Wina, Austria-Hongaria
WangsaHabsburg-Este
Nama lengkap
bahasa Italia: Francesco Ferdinando Geminiano
AyahFrancesco IV dari Modena
IbuMaria Beatrice dari Savoia
PasanganAdelgunde dari Bayern (k. 1842)
AnakAdipati Agung Anna Beatrice
AgamaKatolik Roma

Francesco V, Adipati Modena, Reggio dan Guastalla, Adipati Utama Austria-Este, Pangeran Kerajaan Hongaria dan Bohemia, Adipati Mirandola dan Massa, Pangeran Carrara (bahasa Italia: Francesco Ferdinando Geminiano d'Asburgo-Lorena; 1 Juni 1819 – 20 November 1875) merupakan seorang bangsawan yang memerintah. Dia adalah Adipati Modena, Reggio, dan Mirandola, Adipati Guastalla dari tahun 1847 dan Adipati Massa dan Pangeran Carrara dari tahun 1846 hingga tahun 1859. Orang tuanya adalah Francesco IV dari Modena dan Putri Maria Beatrice dari Savoia. Dia adalah adipati Modena yang terakhir memerintah sebelum kadipaten dimasukkan ke dalam Kerajaan Italia.

Kehidupan dan peninggalan[sunting | sunting sumber]

Obelisk didirikan di Reggio Emilia untuk merayakan pernikahan Adipati dengan Putri Adelgunde dari Bayern

Francis dibaptis lima hari setelah kelahirannya oleh uskup agung di katedral setempat; Kaisar Franz I dari Austria, mantan Kaisar Romawi Suci, bertindak sebagai ayahanda angkatnya, tapi pamandanya Adipati Agung Ferdinand bertindak sebagai wakil kaisar.

Pada tahun 1826, Francesco II dari Modena menunjuk Comte Clemente Coronini sebagai tutor untuk Francesco, dengan Don Pietro Raffaelli, yang kemudian menjadi Uskup Carpi dan Reggio, sebagai asistennya. Pada tahun 1829, Baron Ernest Geramb menjadi tutor baru Francesco.

Pada tanggal 15 September 1836, Francesco menjadi Ksatria Ordo Bulu Emas, dan tiga tahun kemudian ia menerima Grand Cordon dari Ordo Singa Belanda.

Setelah kematian ibundanya pada tahun 1840, Francesco dianggap sebagai pewaris sah takhta Inggris, Skotlandia dan Irlandia oleh Jacobit sebagai Francesco I. Pada saat kematiannya, keponakannya Maria Theresia dari Austria-Este menjadi pewaris Jacobit.

Pada tanggal 30 Maret 1842, Francesco menikahi Putri Adelgunde dari Bayern, putri Raja Ludwig I dari Bayern, di Allerheiligen-Hofkirche di München Residenz. Uskup agung München dan Freising adalah saksi utama pernikahan tersebut. Pasangan itu hanya memiliki satu anak, Putri Anna Beatrice (19 November 1848 di Gries, Bolzano-Bozen – 8 Juli 1849 di Modena).

Pada tahun 1842, Francesco menerima ordo lain: Ordo SS. Annuntiationis.

Pada saat kematian ayahandanya Francesco IV dari Modena pada tanggal 21 Januari 1846, Francesco berhasil memerintah sebagai Adipati Modena. Sebagai anggota cabang kadet Wangsa Habsburg-Lorraine dia juga memegang gelar Adipati Utama Austria dan Pangeran Kerajaan Hongaria dan Bohemia sejak lahir, dari ayahandanya ia mewarisi juga gelar Adipati Reggio dan Mirandola, Adipati Massa, Pangeran Carrara dan Lunigiana. Pada saat kematian sepupunya Ratu Marie-Louise pada tanggal 18 Desember 1847, ia menggantikannya sebagai Adipati Guastalla.

Selama revolusi tahun 1848, Francesco terpaksa melarikan diri dari Kadipatennya karena sebuah pemberontakan rakyat dan dipulihkan oleh pasukan Austria pada tahun berikutnya.

Pada tahun 1855, Francesco mendirikan ordo barunya sendiri: Ordo Elang Este, di mana ia bertindak sebagai Grand Master.

Pada tahun 1859 Kadipaten Modena diserbu oleh tentara Prancis dan Piemonte. Pada tanggal 14 Juni, Francesco melarikan diri. Pada tanggal 18 Maret 1860, Raja Vittorio Emanuele II dari Sardinia memerintahkan Modena untuk dimasukkan ke dalam Kerajaan baru Italia. Francesco memprotesnya empat hari kemudian.

Setelah kehilangan kadipatennya, Francesco mundur ke Wina, tempat ia tinggal di Palais Modena. Dia juga memiliki tempat tinggal musim panas di Schloss Wildenwart di Bayern. Meskipun dia menghabiskan sebagian besar waktunya di Austria, dia kadang-kadang bepergian dan pada tahun 1864 ia mengunjungi Timur Tengah.

Pada tanggal 7 Maret 1861, William Ewart Gladstone, Menteri Keuangan Inggris, melakukan serangan verbal terhadap Francesco. Kemudian Lord Derby dan Constantine Phipps, Markis Normanby menemukan bahwa tuduhan Gladstone seluruhnya palsu.

Francesco meninggal di Wina pada tanggal 20 November 1875. Ia meninggalkan sebagian besar harta bendanya yang besar ke sepupu pertamanya yang dua kali disingkirkan, Adipati Agung Franz Ferdinand dari Austria, yang kemudian menggunakan gelar Adipati Utama Austria-Este. Jenazahnya dimakamkan di Kapuzinerkirche di Wina.

Sebuah catatan langka, Francesco berbagi hari ulang tahun yang sama dengan kakek dari pihak ayahandanya, Ferdinand dari Austria-Este.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Giornale della Reale Ducale Brigata Estense, Ristampa anastatica Aedes Muratoriana, Modena 1977
  • Gian Carlo Montanari, saya Fedelissimi del Duca – La Brigata Estense, Edizioni il Fiorino, Modena 1995
  • Elena Bianchini Braglia, Di esilio con il Duca, Il Cerchio Iniziative Editoriali, Rimini 2007. ISBN 88-8474-134-3
  • Nicola Guerra, "aku filoestensi apuani durante il processo di unita' nazionale" di Rassegna storica Toscana, 2003

Pranala luar[sunting | sunting sumber]