Makam Penguasa Dinasti Joseon

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Makam Penguasa Dinasti Joseon
Nama Korea
Hangeul조선왕릉
Hanja
Alih Aksara yang DisempurnakanJoseon wangneung
McCune–ReischauerChosŏn wangnŭng

Makam Penguasa Dinasti Joseon adalah komplek makam raja-raja, ratu serta keturunan yang pernah mendapat gelar raja atau ratu Dinasti Joseon, Korea. Makam-makam ini mulai dibuat sejak tahun 1408 sampai 1966.

Komplek pemakaman ini terdiri dari 40 buah makam yang terpelihara dan dijadikan Situs Warisan Dunia UNESCO. Ke-27 jasad raja Joseon terkecuali, raja yang diturunkan dari tahta, Yeonsangun dan Gwanghaegun, dimakamkan dalam komplek ini.

Pemilihan situs dan tata cara makam dilaksanakan secara hati-hati sesuai dengan tradisi Konfusianisme dan Fengshui. Dari ibu kota, Hanyang, makam-makam ini berjarak antara 4 sampai 40 km, menghadap ke selatan dan dikelilingi perbukitan.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Tata cara membangun makam untuk raja-raja Korea dipengaruhi oleh tradisi Konfusianisme Cina. Tradisi ini mulai dilaksanakan pada zaman Tiga Kerajaan (57 SM - 935 M). Selanjutnya, sistem pemakaman zaman Silla Bersatu diwariskan ke periode Dinasti Goryeo (918-1392) dan Dinasti Joseon (1392-1910). Berbeda dengan makam penguasa Cina yang menghiasi bagian dalam makam dengan patung-patung, di Korea, patung-patung penjaga disusun di luar makam. Joseon yang menganut paham Konfusianisme mengembangkan tradisi pemakamannya tersendiri.

Rancangan[sunting | sunting sumber]

Lokasi makam dipilih di daerah perbukitan yang menerima sinar matahari secara langsung.

Komplek makam terdiri dari 3 bagian:

  • Gerbang (hongsalmun), adalah pintu masuk berwarna merah.
  • Bangunan upacara: tempat untuk persiapan upacara. Terletak lebih rendah daripada makam, tetapi dari depan berfungsi untuk menyembunyikan makam dari pandangan.
  • Makam, struktur terpenting yang terdiri dari gundukan tanah tinggi yang dikelilingi 3 sisi pagar yang rendah. Sisi makam yang bulat dihiasi 12 batu yang diukir melambangkan 12 cabang bumi.

Berada di 40 lokasi, makam-makam ini terdiri dari:

  • neung=kategori makam raja sebanyak 42 buah.
  • won=kategori makam untuk putra mahkota, orang tua raja (yang tidak naik tahta jadi raja) sebanyak 13 buah.
  • myo=makam yang kelasnya paling bawah, sebanyak 64 buah.
  • 119 buah makam anggota keluarga lain.
  1. ALIH Templat:Situs Warisan Dunia UNESCO di Korea Selatan