Tentara Joseon

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Tentara Joseon
Lambang tentara Joseon
AktifAbad ke-14-1897
Negara Korea
AliansiDinasti Joseon Raja Joseon
CabangPengawal kerajaan
Tentara pusat
Tentara dan milisi provinsi
Tipe unitTentara
PeranPertempuran darat
Jumlah personel84,500 (1592)
87,600 (1640-an)
Dibubarkan13 Oktober 1897
Insignia
Bendera

Tentara Joseon (Korean: 조선군대; Hanja: 朝鮮軍隊) adalah tentara dinasti Joseon di Korea. Tentara mempertahankan perbatasan utara tetapi jarang mempertahankan wilayah selatan. Tentara terkenal karena menangkis serangan Jurchen dan menaklukkan semenanjung Korea. Namun, neo-Konfusianisme Joseon menolak pembangunan militer, menyebabkan mereka rentan terhadap invasi Jepang dan Manchu. Meskipun demikian, Joseon terus memperkuat tentara hingga abad ke-19, ketika kekuatan barat dan Jepang memaksa mereka membuka pintu dan memodernisasi tentara.

Organisasi[sunting | sunting sumber]

Sistem komando tentara adalah bahwa satu atau dua komandan provinsi dari setiap provinsi memimpin pangkalan provinsi, dan setiap kabupaten dan kota memiliki seorang komandan. Tentara Joseon terdiri dari prajurit kaki, pemanah, musketeer, artileri, kavaleri, dan prajurit elit, Pengbaesu dan Gabsa. Pengbaesu adalah prajurit yang membawa perisai. Gabsa adalah prajurit kaliber tertinggi yang bertugas sebagai prajurit elit dan kavaleri (atau infanteri berkuda). Dalam formasi pertempuran yang khas, seorang perwira tinggi memimpin pasukan Joseon. Seorang perwira menengah dengan dua perwira rendah di sampingnya memimpin formasi pertempuran yang terdiri dari Pengbaesu di depan, penembak mengikuti mereka, tombak di belakang mereka, dan pemanah di belakang. Gapsa melindungi formasi di sayap kiri dan kanan dengan berjalan kaki atau kuda. Perwira mereka di pasukan Joseon secara eksklusif berasal dari yangban, dan raja menunjuk mereka. Tetap saja, mereka menghargai pengetahuan daripada perang sebagai sesuatu yang tidak layak bagi seorang sarjana Konfusianisme.[1] Kualitas jenderal Korea bervariasi. Beberapa perwira Korea yang mampu, dan yang lainnya adalah pria yang tidak mencurahkan banyak waktu untuk mempelajari perang, lebih memilih memanah, menulis, berlatih kaligrafi, dan membaca ajaran Konfusianisme klasik.[2]

Dewan Pertahanan Perbatan Joseon[sunting | sunting sumber]

Dewan Pertahanan Perbatasan Joseon adalah organ administrasi tertinggi yang dibentuk oleh pemerintah pusat setelah Gangguan Tiga Pelabuhan. Ini memungkinkan perwira militer yang lebih tinggi, Jibyeonsa Jaesang (dalam Hangul: 지변사재상, dalam Hanja: 知邊司宰相), untuk berpartisipasi dalam proses membangun manuver keamanan untuk dengan cermat mengawasi masalah perbatasan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Turnbull, Stephen "The Samurai Invasion of Korea, 1592–98", London: Osprey, 2008 pp. 20–21.
  2. ^ Turnbull, Stephen "The Samurai Invasion of Korea, 1592–98", London: Osprey, 2008 p. 21.