Hongsalmun

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Hongsalmun di Kuil Wangsa Yi Jeonju.

Hongsalmun (홍살문) adalah jenis struktur gapura tradisional yang dibuat sebagai pintu masuk sebuah tempat di Korea.[1][2] Arsitektur gerbang ini dibentuk oleh 2 buah tiang bulat dan 2 buah palang horizontal yang terdiri atas celah-celah di atasnya.[1] Gapura ini tidak memiliki atap.[1] Di tengah-tengah gapura terdapat 3 buah lambang tombak bercabang dan lambang taegeuk.[1] Keseluruhan gapura ini dicat dengan warna merah.[1] Hongsalmun berdiri sendiri tanpa ada struktur lapisan tembok atau pintu yang dimaksudkan untuk mengamati masuk dan keluarnya orang.[1] Selain itu gapura ini juga didirikan untuk menandai suatu perbatasan, wilayah dimana orang harus menunjukkan jiwa dan rasa hormat mereka.[1] Namun pada umumnya gapura ini didirikan di seowon dan hyanggyo (akademi Konfusianisme) serta makam, tempat-tempat yang dianggap orang-orang harus berlaku khidmat.[1]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e f g h An Illustrated Guide to Korean Culture - 233 traditional key words. Seoul: Hakgojae Publishing Co. 2002. hlm. 186-187. ISBN 89-8546-98-1 Periksa nilai: length |isbn= (bantuan). 
  2. ^ (Inggris)A Trip to Royal Tombs of the Joseon Dynasty Diarsipkan 2015-11-25 di Wayback Machine., visitkorea. Diakses pada 12 Juni 2010.