Iljumun

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Iljumun (일주문) adalah jenis arsitektur pintu gerbang tradisional yang didirikan untuk menandai suatu wilayah peribadatan agama Buddha di Korea.[1][2] Iljumun didirikan untuk melambangkan perbatasan antara kuil dan kehidupan duniawi.[1] Gapura jenis ini memiliki gerbang yang melambangkan pintu masuk menuju kesucian dimana semua pikiran duniawi harus ditinggalkan.[1] Iljumun lebih sering ditemukan sebagai pintu gerbang masuk kuil-kuil Buddha di pegunungan.[1] Sebagian besar arsitektur iljumun didirikan dengan dua atau empat buah tiang penyangga atap yang bila dilihat dari suatu sudut seakan membentuk garis tunggal.[1] Atap bangunan iljumun dikonstruksikan dengan potongan kayu yang disusun secara berhubungan dan menyangga bagian genting.[1] Iljumun diberi ornamen warna-warni seperti hijau, merah, dan kuning untuk mempercantik.[3] Teknik pewarnaan ini dinamakan dancheong.[3]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e f An Illustrated Guide to Korean Culture - 233 traditional key words. Seoul: Hakgojae Publishing Co. 2002. hlm. 187. ISBN 89-8546-98-1 Periksa nilai: length |isbn= (bantuan). 
  2. ^ (Inggris)The First Gate of the Temple Diarsipkan 2009-06-07 di Wayback Machine., temple.pomosa.com. Diakses pada 12 Juni 2010.
  3. ^ a b (Inggris)The Dancheong Diarsipkan 2008-06-22 di Wayback Machine., korean.net. Diakses pada 12 Juni 2010.