MICA (peluru kendali)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
MICA

Jenis Short to Medium-Range Air to Air Tactical Missile
Negara asal France
Sejarah pemakaian
Masa penggunaan 1996 (MICA-EM); 2000 (MICA-IR); 2010 (VL-MICA)
Digunakan oleh See Users
Sejarah produksi
Produsen MBDA
Spesifikasi
Berat 112 kg
Panjang 3.1 m
Diameter 160 mm

Hulu ledak 12 kg focused splinters HE warhead
Mekanisme
ledakan
RF proximity fuze, impact fuze

Jenis Mesin One SNPE solid-propellant rocket motor
Rentang sayap 320 mm
Daya jelajah from 500 m to 80 km[1]
from 1 to 20 km (VL MICA)[2]
Ketinggian terbang up to 11,000 m
Kecepatan Mach 4
Sistem
pemandu
Inertial guidance
MICA-EM: Active radar homing
MICA-IR: Imaging Infrared homing
Alat
peluncur
Dassault Rafale, Mirage 2000, F-16E Block 60
MICA infrared on a Rafale Marine

MBDA MICA , disingkat dari nama lengkapnya Missile d'Interception, de Combat et d'Auto-défense (lit. 'Missile for Interception, for Combat and for Auto-Defense' atau 'Interception, Combat and Self-protection Missile') atau alternatif terjemahan ("rudal untuk intersepsi BVR, untuk pertempuran jarak dekat (dogfight), & untuk pertahanan diri") adalah sistem rudal anti-udara multi-target Perancis, segala cuaca, tembak-dan-lupakan jarak pendek dan menengah yang diproduksi oleh MBDA Perancis. Rudal ini dimaksudkan untuk digunakan baik oleh platform udara sebagai rudal individu maupun unit darat dan kapal, yang dapat dilengkapi dengan Sistem Peluncuran Vertikal MICA yang cepat. Pesawat ini dilengkapi dengan sistem kontrol vektor dorong (TVC). Ini dikembangkan dari tahun 1982 dan seterusnya oleh Matra. Uji coba pertama dilakukan pada tahun 1991, dan rudal tersebut ditugaskan pada tahun 1996 untuk melengkapi Rafale dan Mirage 2000. Rudal ini merupakan pengganti Super 530 dalam peran intersepsi dan Magic II dalam peran dogfighting.

Pada tanggal 11 Juni 2007, MICA yang diluncurkan dari Rafale berhasil menunjukkan kemampuan over-the-shouldernya dengan menghancurkan target di belakang pesawat peluncur. Targetnya ditentukan oleh pesawat lain dan koordinatnya dikirimkan melalui Link 16.[3][4][5][6]

Drskripsi[sunting | sunting sumber]

Ada dua varian MICA; MICA RF memiliki pencari pelacak radar aktif dan MICA IR memiliki pencari pelacak inframerah. Kedua pencari tersebut dirancang untuk menyaring tindakan balasan seperti serangan flare dan chaff. Unit kendali vektor dorong yang dipasang pada motor roket meningkatkan kelincahan rudal. Rudal tersebut mampu mengunci setelah peluncuran (LOAL) yang berarti mampu menyerang target di luar jangkauan akuisisi pencari saat peluncurannya. Dipasang di Rafale, MICA IR dapat memberikan citra IR ke sistem pemrosesan data pusat, sehingga bertindak sebagai sensor tambahan.

MICA juga dapat digunakan sebagai rudal permukaan-ke-udara jarak pendek. Rudal ini tersedia dalam versi darat, VL MICA, yang ditembakkan dari peluncur kotak yang dipasang di truk, dan versi angkatan laut, VL MICA-M, yang ditembakkan dari sistem peluncuran vertikal yang dipasang di kapal. Pada tanggal 23 Oktober 2008, 15:30, di CELM, Biscarosse (Landes), sebuah rudal VL MICA berhasil melakukan uji tembak terakhir dari 14 uji tembaknya yang berarti rudal tersebut sekarang siap untuk produksi massal. Drone target terbang di ketinggian rendah, di atas laut, sejauh 12 km; Meskipun berada pada jarak ini, MICA, yang dilengkapi dengan radar pencari aktif, mengunci target dan menembak jatuh.

Korvet yang terlalu kecil untuk memiliki sistem rudal Aster yang besar dan mahal kemungkinan besar adalah pelanggan VL MICA-M, yang menawarkan kemampuan serupa dengan Aster 15 tetapi tanpa booster dan kendali vektor PIF-PAF.

Meskipun VL MICA memiliki jangkauan 20 km yang diiklankan, performa aerodinamisnya menurun secara signifikan pada jarak tersebut. Dari 0 hingga 7 km MICA memiliki kemampuan manuver sebesar 50g, namun pada jarak 12 km kemampuan ini berkurang menjadi 30g karena energi hilang.

Varian[sunting | sunting sumber]

  • MICA RF
  • MICA EM
  • MICA IR
  • VL MICA RF
  • VL MICA IR
  • VL MICA-M RF
  • VL MICA-M IR
  • MICA NG [7]

Operator[sunting | sunting sumber]

 Prancis
 Yunani
 India
 Maroko
Oman Sultanate of Oman
 Qatar
 Republik Tiongkok (Taiwan)
 Uni Emirat Arab
Indonesia
  • Indonesia - VL MICA has been installed in two Frigate Martadinata class
  • TYPE 31 FRIGATE (Planned)
  • Indonesian Air Force MICA for RAFFALE (Planned)

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ http://www.ffaa.net/weapons/mica/mica_fr.htm#performances
  2. ^ http://www.naval-technology.com/projects/sigma-class-frigates-morocco/
  3. ^ "Tir MICA depuis un Rafale F2: quand le chasseur devient la cible" [MICA shoot from a Rafale F2: when the hunter becomes the target] (dalam bahasa Prancis). Armées. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2009-07-06. Diakses tanggal 2013-08-31. 
  4. ^ de Briganti, Giovanni (2011-05-31). "Rafale in Combat: "War for Dummies"". Defense aerospace. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-11-27. Diakses tanggal 2011-06-25. 
  5. ^ "news section", A&D dic, 2008 .
  6. ^ VL MICA (PDF), MBDA, diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 7 October 2013, diakses tanggal 24 November 2014  .
  7. ^ https://www.mbda-systems.com/press-releases/mbda-to-develop-the-next-generation-of-the-mica-missile/
  8. ^ "Cabinet Committee clears 950 million Euro deal to procure 500 air-to-air missiles for Mirage2000". The Times Of India. 2012-01-04. 
  9. ^ "Upgraded Moroccan Mirage marks first signing for Astrac partnership" By Jamie Hunter, FlightGlobal 20 June 2007