Gaya dorong

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Mesin jet Pratt & Whitney F100 sedang diuji. Mesin ini mengeluarkan semburan gas untuk menghasilkan gaya dorong. Tujuannya adalah untuk mendorong pesawat jet.

Gaya dorong atau dalam bahasa Inggris disebut thrust adalah gaya reaksi yang dijelaskan secara kuantitatif oleh hukum ketiga Newton. Ketika suatu sistem mengeluarkan atau mengakselerasi massa ke satu arah, maka massa akselerasi akan menghasilkan gaya dengan ukuran yang sama besarnya tetapi dari arah yang berlawanan pada sistem tersebut.[1] Gaya yang diterapkan pada permukaan dengan arah serenjang atau vektor normal ke permukaan tersebut juga disebut gaya dorong.

Gaya, termasuk juga gaya dorong, diukur dalam satuan newton (simbol: N) berdasarkan Sistem Satuan Internasional (SI) dan digunakan juga sebagai satuan ukuran untuk jumlah yang dibutuhkan dalam mengakselerasi 1 kilogram massa pada laju 1 meter per detik kuadrat. Dalam teknik mesin, gaya ortogonal terhadap beban utama (seperti roda gigi heliks pararel) juga disebut gaya dorong.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "What is Thrust?". www.grc.nasa.gov. Diarsipkan dari versi asli tanggal 14 February 2020. Diakses tanggal 2 April 2020.