Meter per detik kuadrat

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Meter per detik pangkat 2 (atau meter per detik kuadrat) adalah satuan untuk mengukur percepatan dalam Sistem Satuan Internasional (SI). Satuan atau unit ini dibentuk dari satuan dasar untuk panjang , yaitu meter, dan satuan waktu, yaitu detik (second atau "s"). Lambangnya dapat ditulis dengan berbagai bentuk, misalnya: m/s2, m·s−2, or m s−2.

Dalam mengukur percepatan, satuan ini memberikan makna fisika: perubahan kecepatan dalam interval waktu tertentu, yaitu "meter per detik" per "detik", sehingga menjadi "meter per (detik pangkat 2)"

Contoh[sunting | sunting sumber]

Sebuah benda mengalami percepatan konstan satu meter per detik pangkat 2 (1 m/s2) dari keadaan diam, sehingga pada waktu 5 detik kecepatanya menjadi 5 m/s dan pada waktu 10 detik menjadi 10 m/s.

Satuan yang berhubungan[sunting | sunting sumber]

Hukum gerak Newton kedua menyatakan bahwa gaya adalah sama dengan massa dikalikan percepatan. Satuan dalam sistem SI untuk gaya adalah newton (N), dan massa adakah kilogram (kg). Satu newton sama dengan kilogram meter per detik pangkat 2. Jadi, satuan meter per detik pangkat 2 sama dengan ewton per kilogram, N·kg−1, or N/kg.[1]

Gravitasi bumi di permukaan laut dapat ditulis sebagai 9.8 meter per detik pangkat 2, atau setara dengan 9.8 N/kg.

Percepatan dapat diukur dalam perbandingan dengan gravitasi, "g-force", dan "percepatan tanah puncak" (peak ground acceleration) dalam pengukuran gempa bumi.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kirk, Tim: Physics for the IB Diploma; Standard and Higher Level, Page 61, Oxford University Press, 2003