Tautan data

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Tautan data atau data link adalah sarana telekomunikasi data informasi yang menghubungkan satu lokasi ke lokasi lain dengan tujuan mengirimkan dan menerima informasi digital (komunikasi data). Ini juga dapat merujuk pada seperangkat rakitan elektronik, yang terdiri dari pemancar dan penerima (dua peralatan terminal data) dan rangkaian telekomunikasi data yang saling berhubungan. Hal ini diatur oleh protokol tautan yang memungkinkan data digital ditransfer dari sumber data ke sink data.[1][2]

Jenis[sunting | sunting sumber]

Setidaknya ada tiga jenis konfigurasi data-link dasar yang dapat dipahami dan digunakan:

  • Komunikasi simpleks, paling umum berarti semua komunikasi satu arah saja.
  • Komunikasi half-duplex, artinya komunikasi dua arah, namun tidak dua arah secara bersamaan.
  • Komunikasi dupleks, komunikasi dua arah secara bersamaan.

Penerbangan[sunting | sunting sumber]

Dalam penerbangan sipil, sistem data-link (dikenal sebagai Controller Pilot Data Link Communications) digunakan untuk mengirimkan informasi antara pesawat dan pengontrol lalu lintas udara misalnya ketika pesawat berada terlalu jauh dari ATC untuk memungkinkan komunikasi radio suara dan observasi radar. Sistem seperti ini digunakan untuk pesawat yang melintasi lautan Atlantik dan Pasifik. Salah satu sistem tersebut, yang digunakan oleh Nav Canada dan NATS di Atlantik Utara, menggunakan nomor urut tautan data lima digit yang dikonfirmasi antara kontrol lalu lintas udara dan pilot pesawat sebelum pesawat melanjutkan melintasi lautan. Sistem ini menggunakan komputer manajemen penerbangan pesawat untuk mengirimkan informasi lokasi, kecepatan dan ketinggian pesawat ke ATC. ATC kemudian dapat mengirim pesan ke pesawat mengenai perubahan arah yang diperlukan.

Pada pesawat tak berawak, kendaraan darat, kapal, dan pesawat ruang angkasa, data-link dua arah (dupleks penuh atau setengah dupleks) digunakan untuk mengirim sinyal kontrol, dan untuk menerima telemetri.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Regis J. Bates and Donald W. Gregory (2007). Voice & data communications handbook (edisi ke-5th). McGraw-Hill Professional. hlm. 45. ISBN 978-0-07-226335-0. 
  2. ^ Guowang Miao; Guocong Song (2014). Energy and spectrum efficient wireless network design. Cambridge University Press. ISBN 978-1107039889.