Lumba-lumba sungai Amazon

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Lumba-lumba sungai Amazon
Inia geoffrensis
Size compared to an average human
Status konservasi
Genting
IUCN10831
Taksonomi
SubkerajaanEumetazoa
KladParahoxozoa
KladBilateria
$0Nephrozoa
SuperfilumDeuterostomia
FilumChordata
$0Olfactores
SubfilumVertebrata
InfrafilumGnathostomata
MegaclassOsteichthyes
SuperkelasSarcopterygii
KladDipnotetrapodomorpha
KladTetrapodomorpha
SuperkelasTetrapoda
KladReptiliomorpha
KladAmniota
KladSynapsida
KladEupelycosauria
KladSphenacodontia
KladSphenacodontoidea
KladTherapsida
KladEutheriodontia
KladCynodontia
KladEpicynodontia
KladEucynodontia
KladProbainognathia
KladMammaliamorpha
KladMammaliaformes
KelasMammalia
SubkelasTheria
InfrakelasPlacentalia
KladExafroplacentalia
MagnorderBoreoeutheria
SuperordoLaurasiatheria
KladScrotifera
KladFerungulata
KladPanKladEuungulata
KladEuungulata
SuperordoParaxonia
OrdoArtiodactyla
KladArtiofabula
KladCetruminantia
KladCetancodontamorpha
UpaordoWhippomorpha
KladCetaceamorpha
InfraordoCetacea
ParvorderOdontoceti
SuperfamiliInioidea
FamiliIniidae
GenusInia
SpesiesInia geoffrensis
Blainville, 1817
Tata nama
Sinonim taksonDelphinus frontatus
Distribusi

Amazon river dolphin range

Lumba-lumba sungai Amazon (Inia geoffrensis), juga dikenal sebagai boto, bufeo, atau lumba-lumba sunagi merah muda, adalah spesies paus bergigi yang berasal dari Amerika Selatan, dan dikelompokkan dalam keluarga lumba-lumba sungai (Iniidae). Saat ini, ada tiga subspesies yang diakui: I. g. geoffrensis (lumba-lumba sungai Amazon), I. g. boliviensis (lumba-lumba sungai Bolivia), dan I. g. humboldtiana (lumba-lumba sungai Orinoco). Namun, penempatan lumba-lumba sungai Araguay (I. araguaiaensis) di dalam kelompok ini masih belum pasti.[3][4] Ketiga subspesies ini masing-masing ditemukan di lembah Amazon, hulu Sungai Madeira di Bolivia, dan lembah Orinoco.

Lumba-lumba sungai Amazon memegang predikat sebagai lumba-lumba terbesar di antara lumba-lumba sungai, dengan pejantan dewasa mencapai berat 185 kilogram dan panjang 2,5 meter. Saat dewasa, lumba-lumba dewasa memperoleh warna merah muda, yang lebih menonjol pada lumba-lumba jantan, yang membuat mereka dijuluki "lumba-lumba sungai merah muda." Terdapat dimorfisme seksual yang jelas, dengan ukuran jantan 16% lebih panjang dan berat 55% lebih besar dari betina. Mirip dengan paus bergigi lainnya, lumba-lumba ini memiliki melon, sebuah organ yang membantu dalam bio sonar, membantu mereka menavigasi lingkungannya. Meskipun memiliki sirip punggung yang relatif pendek, sirip ini tergolong panjang jika dibandingkan dengan ukuran tubuhnya, dan sirip dada mereka juga cukup besar. Karakteristik ini, bersama dengan tulang belakang yang tidak digunakan dan ukuran keseluruhannya, berkontribusi pada kemampuan manuver mereka yang lebih baik, yang terbukti bermanfaat ketika menavigasi melalui hutan yang banjir dan menangkap mangsa.

Mereka memiliki makanan paling beragam di antara paus bergigi, mengonsumsi berbagai macam hingga 53 spesies ikan yang berbeda, termasuk croaker, lele, tetra, dan piranha. Selain itu, mereka juga memangsa hewan lain seperti kura-kura sungai, katak air, dan kepiting air tawar. Namun, pada 2008, Uni Internasional untuk Konservasi Alam (International Union for Conservation of Nature, IUCN) mengklasifikasikan spesies ini sebagai spesies yang kurang data karena ketidakpastian seputar tren populasinya dan dampak ancaman.

Meskipun perburuan merupakan ancaman yang signifikan, dalam beberapa tahun terakhir, hilangnya habitat alami dan terjeratnya mereka secara tidak sengaja di tali pancing memiliki dampak yang lebih besar pada populasi mereka.

Hebatnya, spesies ini adalah satu-satunya lumba-lumba sungai yang dipelihara di penangkaran, terutama di Venezuela dan Eropa. Namun demikian, melatih mereka telah terbukti menjadi tantangan, yang mengarah pada tingkat kematian yang tinggi di antara individu-individu dalam penangkaran.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ da Silva, V.; Trujillo, F.; Martin, A.; Zerbini, A.N.; Crespo, E.; Aliaga-Rossel, E.; Reeves, R. (2018). "Inia geoffrensis". 2018: e.T10831A50358152. doi:10.2305/IUCN.UK.2018-2.RLTS.T10831A50358152.en. 
  2. ^ "Appendices | CITES". cites.org. Diakses tanggal 2022-01-14. 
  3. ^ Hrbek, Tomas; Da Silva, Vera Maria Ferreira; Dutra, Nicole; Gravena, Waleska; Martin, Anthony R.; Farias, Izeni Pires (2014-01-22). Turvey, Samuel T., ed. "A New Species of River Dolphin from Brazil or: How Little Do We Know Our Biodiversity". PLOS One. 9 (1): e83623. Bibcode:2014PLoSO...983623H. doi:10.1371/journal.pone.0083623. PMC 3898917alt=Dapat diakses gratis. PMID 24465386. 
  4. ^ "List of Marine Mammal Species & Subspecies". Society for Marine Mammalogy. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2015-01-06.