Love (film 2011)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Love
Love 2011 poster
Poster rilis teatrikal
SutradaraWilliam Eubank
Produser
Ditulis olehWilliam Eubank
PemeranGunner Wright
Penata musikAngels & Airwaves
SinematograferWilliam Eubank
Penyunting
  • Brian Berdan
  • Scott Chestnut
Perusahaan
produksi
  • New Dog Media
  • Griffin Interplanetary Studios
DistributorNational CineMedia (Amerika Serikat)
Tanggal rilis
  • 2 Februari 2011 (2011-02-02) (SBIFF)
  • 10 Agustus 2011 (2011-08-10) (Amerika Serikat)
Durasi84 menit
NegaraAmerika Serikat
BahasaInggris
Anggaran$500,000[1]
Pendapatan
kotor
$1,500,000

Love adalah film drama fiksi ilmiah Amerika tahun 2011 yang diproduksi dan dikarang oleh band rock alternatif Angels & Airwaves. Film tersebut merupakan debut penyutradaraan pembuat film William Eubank. Penayangan perdana film tersebut berlangsung pada 2 Februari 2011 di Festival Film Internasional Santa Barbara Tahunan ke-26 dan film tersebut kemudian ditampilkan di Festival Film Internasional Seattle, FanTasia 2011, dan sejumlah festival lainnya di seluruh dunia. Film ini diputar di 460 bioskop di seluruh Amerika Serikat pada 10 Agustus 2011, dalam acara Love Live.[2]

Love menggambarkan efek psikologis pribadi dari isolasi dan kesepian ketika seorang astronot terdampar di luar angkasa dan melalui ini, menekankan pentingnya hubungan manusia dan cinta. Selain itu juga menyentuh kerapuhan eksistensi umat manusia (dieksplorasi melalui Bumi yang sedang tidak baik-baik saja - skenario kiamat apokaliptik) yang terinspirasi oleh peringatan Carl Sagan di Pale Blue Dot dan menganggap pentingnya kenangan dan cerita sebagai warisan umat manusia.

Plot[sunting | sunting sumber]

Selama pertempuran Perang Saudara Amerika tahun 1864, seorang prajurit Union tunggal, Kapten Lee Briggs (Bradley Horne), dikirim pada suatu misi untuk menyelidiki objek misterius yang dilaporkan ke pasukan Union. Dia pergi untuk menjelajah misi tersebut.

175 tahun kemudian, pada tahun 2039, Astronot Amerika Serikat Lee Miller (Gunner Wright) dikirim ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) sebagai kru kerangka satu orang untuk memeriksa stasiun tersebut apakah aman untuk digunakan dan untuk melakukan modifikasi yang diperlukan setelah ditinggalkan dua dekade sebelumnya karena alasan yang tidak diketahui. Tak lama setelah tiba di kapal, peristiwa kacau terjadi di Bumi, yang akhirnya mengakibatkan Miller kehilangan kontak dengan CAPCOM dan mendapati dirinya terdampar di orbit sendirian, terpaksa tak berdaya menonton peristiwa di Bumi dari jendela kapal 200 mil di atas planet asalnya. Miller berjuang untuk mempertahankan kewarasannya saat berada dalam isolasi dengan berinteraksi dengan gambar Polaroid dari mantan anggota awak ISS yang ditinggalkan di kapal.

Ketika stasiun mengalami gangguan listrik, Miller melakukan perjalanan ke modul stasiun ruang angkasa yang tidak bertekanan untuk melakukan perbaikan dan menemukan jurnal Briggs tahun 1864. Miller membaca catatan Briggs tentang perang dan menjadi terpikat oleh objek misterius yang dia cari, tidak menyadari bahwa dia akan segera menjadi lebih familier dengan objek yang sama, dan bukan karena kebetulan.

Pada tahun 2045, enam tahun setelah kehilangan kontak dengan CAPCOM dan dengan kegagalan sistem oksigen di dalam ISS, Miller mengenakan pakaian antariksa dan pergi untuk melakukan spacewalk, memutuskan bahwa akan lebih mudah baginya untuk melepaskan tambatannya dan perlahan-lahan melayang menuju Bumi dan terbakar di atmosfer daripada mati lemas di ISS secara perlahan. Dia mendapati, bagaimanapun, bahwa dia tidak dapat menjalani bunuh dirinya.

Miller terlihat masih di dalam ISS, jauh di kemudian hari: rambutnya telah tumbuh sangat panjang, dan dia ditato secara ekstensif. Dia telah menggambar sketsa orang dan pertempuran Perang Saudara dari jurnal di seluruh interior ISS. Tempat sempit di stasiun luar angkasa tersebut telah menjadi sarang tikus yang menandakan penurunan kewarasannya. Dia kemudian tampaknya dihubungi dari luar ISS, dan menerima instruksi untuk berlabuh dan mentransfer. Dia melakukannya, dan tampaknya tiba dalam struktur raksasa tak berpenghuni yang dibuat oleh manusia. Tidak jelas apakah ini kenyataan atau hanya imajinasi Miller yang kini sudah gila.

Miller berkeliling sampai dia menemukan mainframe server di mana dia menemukan sebuah buku berjudul A Love Story' As Told oleh 'You . Di dalam buku ini, ia menemukan gambar Kapten Lee Briggs dengan penemuannya, sebuah benda asing berbentuk kubus raksasa yang mungkin telah membantu memajukan masyarakat manusia. Dalam indeks buku, Miller menemukan referensi untuk dirinya sendiri dan mengetiknya di prompt komputer. Dia kemudian mendapati dirinya di dalam kamar hotel generik, di mana suara tanpa tubuh berkata:

Bagaimana kabarmu, Lee? Maaf tentang proyeksi ini, tapi itu satu-satunya cara kami bisa menghubungimu. Kami tidak dapat memberi tahumu betapa leganya kami memilikimu di sini. Sekarang, sebelum kita menjadi terlalu bersemangat, kami harus memberitahumu sesuatu. Kamu adalah yang terakhir, semuanya mati. Kami memahami bagaimana perasaanmu. Hubungan mungkin adalah hal paling berharga yang bisa dimiliki setiap makhluk. Itulah masalahnya. Itu sebabnya kami mendengarkan. Tempat yang kamu lihat di sini adalah semacam buku kliping, kumpulan kenangan dan kenang-kenangan tentang keberadaan singkat umat manusia. Beruntung kami menemukanmu. Kami menanti untuk bertemu denganmu, Lee.

Selama pembicaraan tersebut, kita melihat benda mirip kubus yang sama di luar angkasa pada tahun 2045. Penonton dibiarkan berasumsi bahwa objek ini telah 'mendapatkan' Lee Miller dan berbicara langsung kepadanya. Film berakhir dengan suara komputer yang berbicara tentang hubungan dan cinta manusia.

Produksi[sunting | sunting sumber]

Set stasiun luar angkasa dibuat di halaman belakang rumah orang tua William Eubank.[3] Dalam video di balik layar yang diunggah ke akun Vimeo-nya, Eubank menceritakan panjang lebar mengenai konstruksi set dan mencantumkan bahan-bahan seperti selimut kapas, MDF, tas pizza, Velcro, insulasi, lampu Natal, dan bahan sisa lainnya sebagai komponen untuk set ISS. Menurut Tom DeLonge, produksi film sebenarnya akan menyewa stasiun luar angkasa dari film lain tetapi memilih untuk membuatnya dari bahan bekas karena alasan anggaran.[1]

Teaser awal dirilis pada tahun 2007 dan 2009. Pada 10 Januari 2011, trailer terakhir film tersebut dirilis di Apple Trailers. Perilisan trailer ini diberitakan di beberapa situs web industri.

Perilisan[sunting | sunting sumber]

Putaran festival[sunting | sunting sumber]

Saya dapat memberitahu Anda, jujur, film ini sepuluh kali lebih baik dari yang saya kira. Tetapi tidak dimaksudkan untuk bersaing dengan Transformers. Ini adalah film art-house dan tidak ada band yang benar-benar melakukan ini dalam waktu yang sangat lama. Jadi kami berharap kami mengejutkan orang-orang dan kami juga berharap kami melakukan sesuatu yang sangat kredibel sejauh ketajaman artistiknya.[4]

Tom DeLonge, 11 April 2010

Penayangan perdana film tersebut berlangsung pada bulan 2 Februari 2011 di Festival Film Internasional Santa Barbara Tahunan ke-26, dengan pemutaran tambahan pada tanggal 3, 4 dan 5 Februari di Metro 4 dan Teater Arlington. Film ini diputar secara gratis pada 11 Februari di Teater Riviera di Santa Barbara sebagai salah satu dari sebelas film yang terpilih sebagai "Best of the Fest".

Festival Film Internasional Seattle 2011 menampilkan Love dalam Sci-Fi dan Beyond Pathway mereka dan program Sinema Amerika Baru mereka. Film ini diputar pada 21 Mei di Teater Pacific Place dan 22 Mei di SIFF Cinema. Film ini diputar untuk ketiga kalinya, 11 Juni, di Teater Egyptian.

Love diterima di Festival Film Internasional Fantasia 2011 yang diadakan di Montreal, Quebec. Pemutaran FanTasia pada 18 Juli di Hall Theatre, sebagai bagian dari Camera Lucida Section festival, menandai pemutaran perdana internasional film tersebut. Film ini juga diputar di Athena, Lund, London, Nantes, Korea Selatan, Spanyol, Israel, dan di tempat lain.

Date Festival Location Awards Link
Feb 2–5, Feb 11 Santa Barbara International Film Festival Santa Barbara, California US Top 11 "Best of the Fest" selection sbiff.org
May 21–22, Jun 11 Seattle International Film Festival Seattle, Washington US siff.net
Jul 18, Jul 25 Fantasia Festival Montreal, Quebec Canada Special Mention

"for the resourcefulness and unwavering determination by a director to realize his unique vision"

FanTasia Diarsipkan 2012-03-27 di Wayback Machine.
Aug 10 – Love Live Nationwide Screening US
Sep 16 Athens International Film Festival Athens, Attica

Greece
Best Director aiff.gr
Sep 19 Lund International Fantastic Film Festival Lund, Skåne

Sweden
fff.se
Sep 28 Fantastic Fest Austin, Texas

US
FantasticFest.com Diarsipkan 2017-06-20 di Wayback Machine.
Oct 9 London Int. Festival of Science Fiction Film London, England

UK
Closing Night Film Sci-Fi London Diarsipkan 2016-03-04 di Wayback Machine.
Oct 9, Oct 11 Sitges Film Festival Sitges, Catalonia

Spain
Sitges Festival
Oct 1, Oct 15 Gwacheon International SF Festival Gwacheon, Gyeonggi-do

South Korea
gisf.org[pranala nonaktif permanen]
Oct 17, Oct 20 Icon TLV Tel Aviv, Central

Israel
icon.org.il
Oct 23 Toronto After Dark Toronto, Ontario

Canada
Best Special Effects

Best Musical Score
torontoafterdark.com
Nov 11 Les Utopiales Nantes, Pays de la Loire

France
utopiales.org
Nov 12, Nov 18 Indonesia Fantastic Film Festival Jakarta, Bandung

Indonesia
inaff.com
Nov 16–18 American Film Festival Wrocław, Lower Silesia

Poland
AFF Poland

Perilisan terbatas[sunting | sunting sumber]

Love ditayangkan secara nasional[butuh klarifikasi] pada 10 Agustus 2011.

Media rumah[sunting | sunting sumber]

Angels & Airwaves merilis satu set kotak berisi film Love, soundtrack film, Love Part I, dan album studio keempat band, Love Part II, pada 8 November 2011.

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Di Festival Film Internasional Santa Barbara, film ini awalnya menempatkan tiga penayangan tetapi dua penanyangan tambahan di Teater Arlington ditambahkan setelah beberapa penayangan pertama terjual habis.

Dennis Harvey, untuk Variety, menulis "Kemuskilan spiritual [Film] dan banyak ambiguitas skrip lainnya mungkin membuat geram dalam sebuah film yang dirancang dengan kurang cerdik di bidang yang lebih jelas. Tetapi Love menyenangkan dengan detail set utamanya serta efek yang dikerjakan, tekstur soundtrack yang secara konsisten menarik namun tetap tunduk (satu-satunya lagu orisinil disimpan untuk bagian kredit penutup) dan langkah editorial yang cepat. . ." [5]

Dustin Hucks, untuk Ain't It Cool News, menulis "Love kadang-kadang bisa menjadi sangat luas dengan adegan, dialog, dan aliran ... jika Anda tertarik pada kejelasan dan linier, Love akan membuat Anda frustrasi. Namun, bagi orang lain – tantangan untuk memahami apa yang dapat menyebabkan keinginan untuk menonton berulang kali, yang bagi saya – sangat menyenangkan . . . Ini adalah film yang jelas bukan untuk semua orang – tetapi memiliki banyak hal untuk ditawarkan kepada penonton Inception dan Moon."

Hucks lanjut mengatakan bahwa Love adalah salah satu film beranggaran rendah yang paling menarik secara visual yang pernah dia tonton dalam beberapa waktu dan diakhiri dengan dukungan secara keseluruhan: "Love layak untuk dicari di bioskop – tetapi jangan lewatkan dalam DVD jika Anda tidak mendapatkan kesempatan untuk melihatnya di bioskop." [6]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

  • Apollo 13, sebuah film tahun 1995 yang mendramatisir insiden Apollo 13
  • Gravity, film drama ruang angkasa fiksi ilmiah 3D 2013
  • Moon, sebuah film drama fiksi ilmiah Inggris 2009
  • Daftar film yang menampilkan stasiun luar angkasa

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "RockSound.tv | Tom Delonge Q + A". RockSound.tv. January 24, 2011. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-01-30. Diakses tanggal 2011-02-04. 
  2. ^ "MTV News | EXCLUSIVE: Angels & Airwaves Present 3-For-1 Live Music And Film Experience". moviesblog.mtv.com. July 15, 2011. Diakses tanggal 2011-07-19. 
  3. ^ Russ Fischer (January 17, 2011). "'Love' Trailer Channels '2001', 'Moon' and 'Solaris' Into a Promising New Concoction". Slashfilm.com. Diakses tanggal 2011-01-17. 
  4. ^ "Angels & Airwaves Interview – Tom DeLonge and David Kennedy". ThePunksite.com. April 11, 2010. Diarsipkan dari versi asli tanggal April 26, 2010. Diakses tanggal 2010-03-21. 
  5. ^ "Film Reviews: Love". Variety. 2011-02-09. Diakses tanggal 2011-02-10. 
  6. ^ "Dustin falls in love with ... well, LOVE!". Ain't It Cool News. 2011-02-18. Diakses tanggal 2011-02-20. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Templat:Tom DeLonge