Lonceng Cinta

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Lonceng Cinta
Lonceng Cinta.jpg
PembuatEkta Kapoor
PengembangEkta Kapoor
PengarangCerita
Anil Nagpal
Screenplay
Anil Nagpal
Vikas Tiwari
Dialog
Dheeraj Sarna
SutradaraSameer Kulkarni
Sharad Pandey
Pengarah kreatifCreative Producer
Tanusri Dasgupta
Shaalu
Nitin Dhall
Ashna Srivastava
Punit Dahima
PemeranSee Below
Penggubah lagu temaLalit Sen
Nawab Arzoo
Lagu pembukaKumkum Bhagya
Negara asalIndia
Bahasa asliHindi
Indonesia
Jmlh. musim1
Jmlh. episodeBendera India 1941 Bendera Indonesia
Produksi
ProduserEkta Kapoor
Lokasi produksiPunjab, India
SinematografiSanjay Memane
Anil Katke
KameraMulti-kamera
DurasiBendera India +/- 22 menit
Bendera Indonesia 1 - 2 Jam
Rumah produksiBalaji Telefilms
Rilis
Jaringan asliZee TV
ANTV
Zee Hiburan
Format gambar480i(SDTV)
1080i(HDTV)
Tanggal tayang asliBendera India 15-04-2014
Bendera Indonesia 05-09-2016
Pranala luar
[Bendera India Kumkum Bhagya
Bendera Indonesia Lonceng Cinta Situs web]
[Balaji Telefilms Situs web produksi]

Kumkum Bhagya (bahasa Indonesia: Keberuntungan pada pernikahan) adalah serial televisi India yang mengudara di Zee TV, dimulai pada tanggal 15 April 2014.[1][2] Acara ini diadaptasi dari novel Sense and Sensibility milik Jane Austen.[1] Kumkum Bhagya mengisahkan kisah kehidupan Punjabi, seorang ibu, Sarla Arora yang memiliki aula pernikahan bernama Kumkum Bhagya dan hidup dengan harapan melihat dua anak perempuannya Pragya (Sriti Jha) dan Bulbul (Mrunal Thakur) menikah. Pemeran utama pria Shabbir Ahluwalia berperan sebagai Abhishek prem Mehra, seorang rockstar yang akhirnya menikah dengan Pragya. Serial ini kemudian mengisahkan cerita antara Pragya dan Abhi serta Bulbul dan Purab "Arjit Taneja"

Diproduksi oleh Ekta Kapoor di bawah banner Balaji Telefilms. Melanjutkan tradisi, Ekta Kapoor ini memiliki nama seri yang dimulai dengan huruf "K" karena dia merasa itu adalah keberuntungan.[3] Acara ini disutradarai oleh Sameer Kulkarni dan dikembangkan oleh Ekta Kapoor.

Di Indonesia serial ini pertama kali tayang di ANTV dengan nama "Lonceng Cinta" pada tanggal 5 September 2016 hingga 2 Juli 2017, minggu pertama ditayangkan setiap Senin-Jumat pukul 16:00 WIB dan Sabtu-Minggu pukul 16:30 WIB. Mulai minggu kedua tayang setiap hari pukul 16:00 WIB.

Karena popularitas Kumkum Bhagya, serangkaian spin-off telah diproduksi. Kundali Bhagya menggambarkan kehidupan saudara perempuan Pragya yang sudah lama hilang, Preeta dan Srishti.[4][5][6]

Penayangan di Indonesia[sunting | sunting sumber]

Season Jumlah episode Awalnya Disiarkan (Indonesia)
Pertama Ditayangkan Terakhir Ditayangkan
1 177 5 September 2016 (2016-09-05) 28 Februari 2017 (2017-2-28)
2 105 16 Maret 2017 (2017-03-16) 27 Juli 2017 (2017-7-27)
3 25 16 Juli 2018 (2018-07-16) 16 Agustus 2018

Plot[sunting | sunting sumber]

Cerita diawali dengan kisah seorang ibu dari Punjabi bernama Sarla Arora, yang berusaha keras untuk menjodohkan anak tertuanya Pragya namun selalu gagal karena para calonnya pada akhirnya lebih menyukai Bulbul anak bungsunya. Pragya, putri sulung, yang lebih praktis, kerja keras, mengajar di sebuah perguruan tinggi. Bulbul, adik perempuan yang keras kepala, tetapi sangat sayang kepada kakaknya, bekerja di perusahaan Purab. Awalnya, serial ini mengikuti sebuah cinta segitiga antara Pragya, Bulbul dan Suresh, di mana Pragya mencintai Suresh, sementara Suresh mencintai Bulbul. Pragya dan Suresh berencana menikah kemudian batal setelah Pragya mengetahui Suresh mencintai adiknya.

Di sisi lain, Abhi adalah seorang bintang rock dan memiliki sahabat yaitu Purab. Purab adalah atasan Bulbul, awalnya mereka saling tidak menyukai namun pada akhirnya mereka berdua saling jatuh cinta. Namun Abhi sudah menjodohkan Purab dengan adiknya Aliya. Aliya mengira Purab ingin membatalkan pernikahan dengannya karena dia mencintai Pragya. Supaya mendapatkan Purab, Aliya meminta kakaknya Abhi, menikah Pragya.

Purab melarikan diri pada hari pernikahannya dengan Aliya untuk menikahi Bulbul. Masalahpun dimulai. Aliya dan Tanu merencanakan konspirasi untuk melawan Pragya tetapi rencana mereka gagal dan malah membutnya lebih dekat dengan Abhi. Dimulai dari Aliya membuat MMS palsu untuk menjatuhkan Pragya, tetapi Abhi mengetahui kebenarannya dan hubungannya dengan Bulbul dan Purab membaik. Kemudian Aliya berencana menculik Bulbul saat pertunangannya, tetapi justru Pragya yang dibawa. Hal ini memicu Pragya mengungkap perasaannya kepada Abhi. Di sisi lain Abhi juga mulai mencintainya.

Tidak sampai di situ Aliya berusah merusak pernikahan Bulbul-Purab dengan cara membuat Bulbul pingsan dan memaksa untuk menikahi Purab, tetapi kemudian dia ditampar oleh Abhi. Kemudian, Nikhil, Aliya, dan Tanu bersekongkol memaksa Abhi menikahi Tanu, dengan alasan dia adalah ayah dari anak yang berada di rahim Tanu. Pragya mendengar percakapan mereka, tetapi sebelum memberitahu Abhi, dia mengalami kecelakaan, dan kembali dengan tampilan yang berani, dan tujuan baru untuk mengungkapkan musuh-musuhnya Abhi.

Bulbul dan Purab menikah. Namun, demi menyelamatkan kakanya dari Aliya, Bulbul membahayakan hidupnya dan mati. Pragya marah dan akhirnya mengungkapkan kebenaran tentang Aliya, yang dikirim ke Australia sebagai hukuman. Pragya akhirnya mengetahui hubungan Tanu dan Nikhil, melakukan tes DNA dengan bantuan temannya Dr. Sheila. Namun sang dokter malah mengkhianati Pragya karena putrinya, Pari diculik Nikhil dan Aliya. Berusaha membantu Pari, Pragya malah diculik oleh Nikhil dan suruhannya. Pragya berhasil meloloskan diri; Tanu mencoba menabrak Pragya namun dia malah kehilangan anaknya dan menyalahkan Pragya. Abhi marah, tetapi Pragya berhasil membuktikan dirinya benar.

Keduanya saling mengungkapkan cinta namun Abhi kecelakaan dan kehilangan ingatan sebagian termasuk Pragya. Demi kebaikan Abhi, Pragya meninggalkannya.

Cerita berlanjut satu bulan kemudian, Ketika Pragya tak sengaja mendengar ibunya mengatakan bahwa dia telah kehilangan aula pernikahan Kumkum Bhagya. Untuk membantu keluarganya, Pragya mendaftar sebagai resepsionis di Perusahaan Love Life Music, dan bertemu dengan manajer barunya, Saira. Di perusahaan yang sama, Abhi datang untuk merekam album baru. Mereka berdua bertemu di sana dan kembali memulai cerita cinta baru. Namun lagi-lagi Aliya berusaha memisahkan mereka berdua.

Setelah itu, Tanu membujuk Abhi untuk menikahinya karena Abhi tidak mengingat bahwa Pragya adalah istrinya jadi Abhi menyetujuinya. Abhi pun membeli manggalsutra untuk pernikahannya dengan Tanu, bersama dengan pragya yang mengubah namanya menjadi Nikita.

lalu, mereka memilih manggalsutra nemun, Tanu sibuk memilih perhiasan yang lain sedangkan Abhi menilih manggalsutranya dengan Pragya. Pada saat sedang memilih manggalsutra, Pragya menyukai sebuah manggalsutra. Abhi pun memakaikannya ke laher Pragya. Pada saat Abhi ingin melepaskan manggalsutranya, manggalsutra tersebut tidak bisa dilepaska sampai akhirnya Abhi memanggil tukang terhiasan untuk melepaskannya.

Pada saat tukang perhiasan mencoba untuk melepaskan manggalsutranya tiba-tiba, sekelompok perampok yang ingin merampok toko perhiasan yang dikunjuni oleh Tanu, Abhi, & Pragya. Pada saat perampok mengambil perhiasan & uang yang berada di dalam toko tersebut, Pragaya yang diam-diam mentelfon Purab. Abhi pun melihat pragya yang sedang berbicara dengan seseorang di telefon dan abhi meminta Pragya untuk menutup telefonnya.

Perampoknya pun mengetagui kalau Pragya sedang menelefon seseong, dan menodongkan sebuah pistol di kepala Pragya. Abhi pun yang tidak tega melihat Pragya yang ketakutan, ia memberaniakn diri untuk menyelamatkan Pragya.

Abhi pun mendekati perampok dan perampok tersebut menembak Abhi, Abhi dalam keadaan tertembak pun mulai mencekik pereman yang menodongkan pistolya ke Pragya. Polisi dan Purab yang mendengar suara tembakan mulai bergerak maju ke dalam toko perhiasan tersebut.

Karena Abhi yang lemas karena tertembak ia pun tidak kuat lagi untuk melawan para perampok tersebut, Pragya yang tidak tega melihat Abhi ia membantu Abhi dengan cara mencoba melepaskan pistol dari tangan perampok. Pragya pun menghampiri Abhi yang sedang lemas dan perampok itu ingin mencoba menembak Pragya, tetapi polisi langsung menembak perampok tersebut sebelum perampok tersebut berhasil menembak Pragya. Pragya yang mencoba melindungi Abhi dari orang-orang yang hampir ingin menginjaknya, Purab pun menghampiri mereka dan begegas mentelefon ambulans. Sementara Purab memanggil ambulans, Abhi dengan keadaan lemas memegang manggalsutra yang dipakai Pragya dan mengingat semuanya tentang Pragya.

Kisah cinta Abhi dan Pragya berlanjut di serial Kumkum Bhagya.

Produksi[sunting | sunting sumber]

Pengembangan dan premiere[sunting | sunting sumber]

Serial ini pertama tayang jam 09:00 malam (Waktu India) Selasa 15 April 2014 dari Senin sampai Jumat di ZEE TV. Kepala pemrogramana Zee TV Namit Sharma mengungkapkan keinginannya memiliki sebuah acara yang epik di primetime. lebih lanjut dia mengungkap keinginan memiliki drama cinta yang jauh dari kisah sedih mertua-menantu seperti tipikal drama India, dan dibintangi pemeran yang berbakat. Balaji Telefilms menunjukkan keinginan memperpanjang kemitraan dengan Zee TV setelah sebelumnya memiliki dua acara yang populer yaitu Pavitra Rishta dan Jodha Akbar [7]

Casting[sunting | sunting sumber]

Shabbir Ahluwalia[8] yang juga pernah bermain di serial TV Balaji Telefilms, Qayamat, dipilih untuk memerankan peran utama Abhishek Prem Mehra. Aktris Sriti Jha terpilih menjadi pemeran utama wanita, Pragya.[8] Mrunal Thakur terpilih untuk memerankan peran utama kedua, Bulbul[9] berpasangan dengan Arjit Taneja.[9][10] Pada bulan Mei 2014, Shikha Singh masuk sebagai antagonis utama Aliya Mehra,[10][11][12] sementara Madhurima Tuli menjadi pemeran negatif Tanu, tetapi Tuli digantikan oleh Leena Jumani pada bulan September 2014.[13] Aktor Faisal Rasyid terpilih untuk memerankan peran Suresh (tunangan Pragya) yang memainkan peran penting pada bulan April–Mei 2014, tetapi pada Mei 2015 ia berhenti dari seri ini.[14] Aktris Supriadi Shukla berperan Sarla Arora sementara Madhu Raja memainkan peran Daljeet Arora.

Pemeran pendukung lainnya antara lain Samiksha Bhatnagar, Ankit Mohan Charu Mehra, dan Amit Dhawan. Bhatnagar, yang memerankan peran pendukung Mitali digantikan oleh Swati Anand. Anurag Sharma yang juga muncul di Yeh Hai Mohabbatein menggantikan Amit. Tahun 2015, Neel Motawani memainkan peran negatif, Neel. Bulan juni 2015, Nikhil Arya bergabung. Bulan Desember 2015 Mrunal Thakur yang memainkan peran Bulbul memilih keluar.

Pemain[sunting | sunting sumber]

Pemeran utama[sunting | sunting sumber]

  • Sriti Jha sebagai Pragya Raghuvir Arora, mantan istri Abhi kakak Bulbul, Preeta dan Srishti, Ibu Kiara, manager King. (2014–),[8] Munni (2017)
  • Shabbir Ahluwalia sebagai Abhishek Prem Mehra (Abhi), kakak Aliya, mantan suami Pragya, suami Tannu, ayah Kiara. (2014–)[15]

Pemeran pendukung[sunting | sunting sumber]

  • Vin Rana sebagai Purab Khanna - Duda Bulbul, suami Dish a, ayah Sunny, saudara Ipar Pragya, Preeta dan Sristhi. (2017-)[16][17]
  • Ruchi Savarn sebagai Disha Purab Khanna - Istri kedua Purab, Ibu Sunny. (2017–)
  • Shikha Singh sebagai Aliya Mehra, adik Abhi (2014–present) [18]
  • Leena Jumani sebagai Tanushree Abhishek Mehra (Tanu), mantan pacar Nikhil, Istri Abhi (2014–present)
  • Daljeet Soundh sebagai Daljeet Mehra "Dadi", nenek Abhi(2014–present)
  • Supriya Shukla sebagai Sarla Raghuvir Arora, janda Raghuvir, ibu Pragya, Bulbul, Preetha dan Srishti (2014–present)[19]
  • Madhu Raja sebagai Daljeet Arora - nenek empat gadis Arora, Ibu Raghuvir (2014–present)
  • Zareena Roshan Khan sebagai Indu Suri or Daasi (2014–present)
  • Ajay Trehan sebagai Ajay Mehra "Tauji", Abhishek's Uncle, Pammi's husband, Raj's father (2014–present)
  • Shivani Soopuri sebagai Pammi Ajay Mehra "Taiji", Abhishek's aunt, Ajay's wife, Raj's mother (2014–present)
  • Anurag Sharma sebagai Raj Ajay Mehra, Abhishek's Cousin Brother, Mitali's husband, Ajay-Pammi's son (2014-)
  • Swati Anand sebagai Mitali Raj Mehra, Raj's wife, Ajay-Pammi's Bahu (2014-)
  • Shraddha Arya sebagai Preeta Raghuvir Arora, adik Pragya dan Bulbul, kakak Srishti dan putri Sarla. (2017-)
  • Anjum Fakih sebagai Srishti Raghuvir Arora - adik Pragya, Bulbul dan Preeta serta putri Sarla (2017-)
  • Dheeraj Dhoopar sebagai Karan Mahesh Luthra, adik Rishab (2017-)
  • Manit Joura sebagai Rishab Luthra. His company manages Abhi's concert.(2017-)
  • Ravi Chauhan sebagai Robin, Mehra family's butler (2014–present)

Mantan pemain[sunting | sunting sumber]

  • Mrunal Thakur sebagai Bulbul Purab Khanna (nee Arora) (2014–16)[20] (
  • Arjit Taneja sebagai Purab Khanna, Bulbul's widower, Disha's husband, Abhishek's friend (2014-2016)[16][17] (Parallel Male Lead)
  • Madhurima Tuli sebagai Tanushree (Tanu) Mehta, Nikhil's girlfriend (2014)
  • Vivana Singh sebagai Simonika (2017–18)
  • Nitin Goswami sebagai Dushyant, Simonika's dead husband (seen in flashback scenes)(2017–18)
  • Sharhaan Singh sebagai Sangram Singh (2017–18)
  • Amit Dhawan sebagai Raj Ajay Mehra, Abhishek's Cousin Brother, Mitali's husband, Ajay-Pammi's son (2014)
  • Samiksha Bhatnagar sebagai Mitali Raj Mehra, Raj's wife, Ajay-Pammi's Bahu (2014)
  • Charu Mehra sebagai Purvi (2014–15)
  • Aditi Rathore sebagai Rachna Aakash Mehra (2014–16)
  • Faisal Rashid sebagai Suresh Srivastav (2014–15)
  • Neha Bam sebagai Mrs. Khanna (2014–15)
  • Neel Motwani sebagai Corporator Neel Thakur (2014–15)
  • Bobby Khanna sebagai Mr. Mehta, Tanu's father (2015–17)
  • Roma Lavani sebagai Mrs. Mehta, Tanu's mother (2015–17)
  • Rujut Dahiya/Nikhil Arya sebagai Nikhil Sood (2015–2016)/(2017)
  • Shubham Garg sebagai Raj (2015)
  • Gagan sebagai Champak Trivedi (2016)
  • Vijay Kashyap sebagai Raghuveer Arora,Pragya's Father and Sarla's husband (2017)
  • Shwetanshu Singh sebagai Doctor Sheila (2017)

Bintang tamu[sunting | sunting sumber]

Rilis[sunting | sunting sumber]

Siaran[sunting | sunting sumber]

Seri ini dirilis pada tanggal 15 April 2014 di Zee TV, serial ini juga ditayangkan di Zee TV HD dan Zee TV Asia. Acara itu juga disiarkan secara internasional pada Saluran distribusi internasional. Mengudara di Zee TV Sri Lanka, Afrika Selatan, Indonesia, di Pakistan di channel Geo Kahani yang masih memiliki kontrak dengan ZEE. Dialih bahasa ke bahasa Tamil dengan judul Iru Malargal di Polimer TV, tetapi dihentikan, Dilanjutkan di Zee Tamil dengan judul Iniya Iru Malrgal.

Dari bulan April 2014,serial ini diunggah di YouTube, pertengahan 2015, channel berhenti mengunggah episode penuh. Siaran langsung dan episode penuh diunggah di aplikasi DittoTV,

Penayangan Internasional[sunting | sunting sumber]

  • Bendera Sri Lanka Di Sri Lanka ditayangkan dengan judul Adarei Man Adarei di Hiru TV.
  • Bendera Afrika Selatan Di Afrika Selatan tayang di Zee TV Afrika dan MBC Digital 4 (Mauritius).
  • Bendera Indonesia Di Indonesia, ditayangkan dengan judul Lonceng Cintadi ANTV.

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Awalnya dimulai dengan rating rendah, setelah beberap minggu menjadi Top 5 acara paling banyak ditonton di GEC dan kedua yang paling banyak ditonton di acara Zee TV.[21]

Di minggu ke-30,meraih rating 7.4 TVR[22] dan digadang-gadang sebagai serial fiksi terbaik tahun 2014. Tanggal 12 September 2014, berdasarkan data dari BARC 'Kumkum Bhagya' menduduki posisi puncak rating TV India dengan rating 9,4 [23] Pada bulan April 2015, Kumkum Bhagya kembali menempati posisi pertama dengan rating 9,5 TVT[24] Pada bulan juli, menempati posisi ke-2 [25]

Bulan Januari-Maret 2016 Kumkum Bhagya berada di posisi ke-2 setelah Naagin. Bulan April, acara in turun ke posisi ke-3, sementara posisi kedua adalah Ye Hai Mohabbatein[26] Bulan Juli Kumkum bhagya kembali memimpin di posisi 1.

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Ekta Kapoor brings another love story on TV with 'Kumkum Bhagya' Retrieved on 15 September 2014.
  2. ^ Kumkum Bhagya to replace Pavitra Rishta Diarsipkan 2014-10-22 di Wayback Machine. Retrieved on 15 September 2014.
  3. ^ "Ekta Kapoor brings back 'K' factor with 'Kumkum Bhagya'". The Times of India. 
  4. ^ "Zee TV introduces Kundali Bhagya". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2017-07-28. Diakses tanggal 2018-09-13. 
  5. ^ Chauhan, Soumyata. "Kundali Bhagya Launch: Ekta Kapoor reveals what inspired her to make a spin-off of Kumkum Bhagya". 
  6. ^ "Kundali Bhagya: Ekta Kapoor reveals the reason behind doing a spinoff of Kumkum Bhagya – Times of India". 
  7. ^ Rajj Bhaaan (22 March 2015). "ZEE TV confirms launch date of 'Kumkum Bhagya'". Media 24/7. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2015-12-22. Diakses tanggal 12 December 2015.  (Inggris)
  8. ^ a b c "Pragya's Glamorous looks in Kumkum Bhagya". India Today. 20 August 2015. 
  9. ^ a b "Bulbul and Purab finally get married". Indiatoday. 11 December 2015. Diakses tanggal 11 December 2015. 
  10. ^ a b Neha Maheshwari (2 September 2015). "Why Shikha Singh has to bend in Reel Life?". Times of India. 
  11. ^ "Pragya's Glamorous looks in Kumkum Bhagya". Indiatoday. 20 August 2015. 
  12. ^ "Shikha Singh shoots for 72 hours". Times of India. 21 June 2014. 
  13. ^ "Kumkum Bhagya: Leena replaces Madhurima Tuli on the show". Neha Mahishwari. Times of India. 20 October 2014. Diakses tanggal 14 December 2015. 
  14. ^ "Alok Narula to replace Rashid in Kumkum Bhagya". Droughtlife. 
  15. ^ "Indian Television Dot Com". Indian Television Dot Com. 
  16. ^ a b Shweta Mahesh (8 October 2016). "Breaking! Vin Rana replaces Arjit Taneja sebagai Purab in Kumkum Bhagya". Bollywood Life. 
  17. ^ a b Neha Maheshwri (7 October 2016). "Not Ishaan Manhas, but Vin Rana in 'Kumkum Bhagya'". Times of India. 
  18. ^ "Shikha Singh to play Shabbir Ahluwalia's girlfriend in Kumkum Bhagya?". dna. Diakses tanggal 15 September 2014. 
  19. ^ Team, Tellychakkar. "Supriya Shukla to play mother to the female protagonists in Ekta's new show on Zee TV, 'Kumkum Bhagya'". 
  20. ^ "Khamoshiyaan actress Mrunal in Ekta's Kumkum Bhagya - Times of India". 
  21. ^ "Kumkum Bhagya – The Biggest Fiction Launch of 2014".
  22. ^ Tellychakkar Team (1 August 2014). "TAM Ratings: Week 30 (2014)". tellychakkar.com. 
  23. ^ Rajj Badhaan (12 September 2015). "India ratings: Life Ok moves to fourth; Sony TV slides". Media 24/7. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-03-04. Diakses tanggal 27 December 2015. 
  24. ^ "DID Super moms record high start 2015". Rajj Badhaan. Media 24/7. 2 April 2015. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-03-04. Diakses tanggal 2 January 2015. 
  25. ^ Rajj Badhaan (30 July 2015). "India ratings: Colors inches closer to Star Plus". Media 24/7. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-04-22. Diakses tanggal 6 January 2016. 
  26. ^ "Colors returns to No.1". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-08-21. Diakses tanggal 2016-09-17. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]