Lobu Hole, Habinsaran, Toba

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Lobu Hole
(Peta Lokasi) Desa Lobu Hole, Habinsaran, Tobasa.svg
Peta lokasi Desa Lobu Hole
Negara Indonesia
ProvinsiSumatra Utara
KabupatenToba
KecamatanHabinsaran
Kodepos
22383
Kode Kemendagri12.12.04.2017 Edit the value on Wikidata
Luas12,28 km²
Jumlah penduduk589 jiwa (2016)
Kepadatan47,96 jiwa/km²

Lobu Hole adalah salah satu desa di Kecamatan Habinsaran, Kabupaten Toba, Provinsi Sumatra Utara, Indonesia. Lobu Hole diapit oleh dua Sungai yaitu Sungai Simalopak dan Sungai Pancaruan. Kedua Sungai ini kemudian menyatu di Hite Arsam, sebelum akhirnya mengalir dan menyatu dengan Aek Kualu.

Kepala Desa Lobu Hole saat ini adalah Rama Tanjung

Sosial Kemasyarakatan[sunting | sunting sumber]

Suku[sunting | sunting sumber]

Mayoritas penduduk Desa Lobu Hole adalah suku Toba. Bermarga Tanjung (80%) selebihnya adalah bermarga Pardosi, Siagian, Sipatutar, Panjaitan, simangunsong, Hasibuan dll

Kegiatan Sosial

Bermacam kegiatan sosial yang sudah dilakukan di Desa Lobuhole, yang di adakan oleh pemerintah setempat maupun anak rantau mereka sendiri. Seperti menjadi desa Swadaya, padat karya. OLeh anak rantau di adakannya pembagian pendukung proses belajar mengajar kepada murid murid di SD Negeri Lobuhole dan SD Negeri Janjimauli (Desa tetangga). Juga mereka baru mengadakan Natal Bersama yang di prakarsai oleh Anak Rantau dan Mahasiswa/i dari Desa Lobuhole.

Agama[sunting | sunting sumber]

Mayoritas penduduk Desa Lobu Hole memeluk agama Kristen. Di Desa Lobu Hole juga terdapat sarana ibadah yaitu tiga bangunan Gereja.[sunting | sunting sumber]

Ekonomi

Mayoritas penduduk desa Lobuhole adalah petani, kopi dan padi adalah salah satu hasil pertanian dari lobuhole, pada tahun 2016 masyarakat memulai penanaman kelapa sawit, pinus dan jagung.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]