Link 16 (Tautan data taktis)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Link 16 atau Tautan 16, L16 adalah jaringan tautan data taktis militer yang digunakan oleh anggota NATO dan negara lain, sebagaimana diizinkan oleh MIDS International Program Office (IPO). Spesifikasinya adalah bagian dari keluarga Tactical Data Links. Link 16 adalah standar tautan data taktis NATO untuk pertukaran informasi taktis antar unit militer. Isi pesan dan protokol transmisinya ditentukan oleh STANAG 5516 untuk NATO dan MIL-STD-6016 untuk Amerika Serikat. Implementasi operasionalnya didefinisikan dalam dokumen NATO ADatP-33 yang merupakan serangkaian prosedur yang memungkinkan penerapan jaringan tautan data taktis multi-link dan ADatP-16 miliknya sendiri di tautan 16. ADatP- 33 adalah pewaris JMTOP Amerika,

Link 16 memungkinkan pesawat militer, kapal, dan pasukan darat untuk bertukar gambar taktis mereka hampir secara real-time; ini juga mendukung pertukaran pesan teks, citra, dan suara (yang terakhir pada dua saluran digital: 2,4 kbit/s atau 16 kbit/s dalam kombinasi apa pun). Ini adalah salah satu layanan digital JTIDS / MIDS dalam Perjanjian Standardisasi NATO STANAG 5516. MIL-STD-6016 terkait dengan Departemen Pertahanan Amerika Serikat Link 16 MIL-STD.

Penempatan link 16 di jaringan tentara[sunting | sunting sumber]

Tautan 16 adalah, dengan tautan 22 dan tautan J-over-IP, salah satu dari tiga tautan data taktis yang diterapkan oleh pasukan gabungan, menggunakan pesan seri J (yaitu kosakata). . Dengan hubungan taktis lainnya ini, L16 berpartisipasi dalam Jaringan Data Bersama.

Di Amerika Serikat, tautan data taktis Seri J (dikumpulkan ke dalam jaringan taktis multi-tautan yang beroperasi sebagai jaringan logis tunggal) membentuk media pilihan untuk mentransmisikan data taktis dalam Jaringan Informasi Global. Konsep yang dikembangkan sebagai bagian dari Network Centric Warfare (NCW). Fungsi platform C2 terintegrasi penuh ke dalam arsitektur C4ISR ; Hal ini pada akhirnya akan menghasilkan pengelompokan tiga terminal komunikasi dalam MIDS JTRS. Di Amerika Serikat, nama lama “Tadil-J” ditinggalkan dan digantikan dengan nama penghubung NATO 16.

Singkatnya, L16:

  • merupakan sarana identifikasi yang penting dalam ruang operasi  ;
  • memungkinkan pertukaran data taktis antara semua tingkat rantai komando  ;
  • memungkinkan kecepatan serangan cepat yang dimungkinkan oleh tampilan lengkap dari gambar taktis yang dibagikan oleh semua pemain di lapangan.

Pengoperasian L16 ke dalam pasukan memungkinkan penerapan salah satu prinsip dasar perang jaringan : “Komando terpusat / Eksekusi terdesentralisasi”. Pertempuran udara benar-benar mengubah dimensi dengan penerapan L16 pada platform non-C². Konsekuensinya adalah pesawat tempur yang tidak dilengkapi L16 kini memiliki nilai militer yang sangat kecil atau bahkan tidak ada sama sekali jika harus menghadapi pesawat lain yang dilengkapi sistem setara. Hal ini disoroti oleh NSRD RAND Corporation, dalam dokumen berjudul Network-Centric Operations Case Study Air-to-Air Combat With and Without Link 16.

Tautan J-Over-IP[sunting | sunting sumber]

Untuk dikirim ke protokol IP, pesan L16 yang berisi data seri J dienkapsulasi dalam pesan yang kompatibel dengan protokol Internet. Kapasitas yang disebut JRE ini ditentukan oleh standar Amerika (JREAP C) atau MIL-STD 3011. JRE mengkonsumsi sangat sedikit dalam hal penggunaan bandwidth.

Tautan J-over-IP bertujuan untuk:

  • untuk mengoptimalkan bandwidth, dengan menggunakan paket IP yang disesuaikan dengan jaringan IP terestrial dan sebaliknya;
  • untuk menghindari pengulangan konten yang berguna untuk mengoptimalkan penggunaan bentuk gelombang IP, beberapa di antaranya masih dalam pengembangan.

Pengoptimalan ini khususnya menghindari pengulangan konten yang bermanfaat dengan mengirimkan dalam satu pesan semua informasi yang dalam sambungan 16 memerlukan transmisi beberapa pesan yang masing-masing terdiri dari maksimal tiga kata, dalam konfigurasi yang paling aman.

  • Setiap pesan link 16 harus berisi header [trad 3] dan kata awal yang diikuti dengan kata tambahan atau kata pelengkap. Faktanya, header terpasang pada slot waktu; ini unik dan umum untuk semua pesan yang dikirimkan dalam slot waktu. Header khususnya berisi nomor trek (TN) dari unit asal pesan yang terdapat dalam slot waktu.
  • Karena semua data yang terkait dengan suatu trek mungkin memerlukan transmisi hingga sembilan kata, transmisi semua informasi mungkin memerlukan rangkaian lima pesan yang terdiri dari tiga kata yang masing-masing harus berisi header dan kata inisial. Oleh karena itu, hal ini menghasilkan lima pengulangan identik dari Kata awal dan header pesan, yang dalam konteks JRE ternyata mahal dalam hal bandwidth atau lebih tepatnya dalam hal bit rate

Penggunaan[sunting | sunting sumber]

Link 16 digunakan oleh semua negara NATO tetapi juga oleh Arab Saudi, Australia, Korea Selatan, Finlandia, Jepang, Singapura, Swedia, Swiss dan Taiwan. Bulgaria, Lituania, dan Rumania diharapkan menerima terminal MIDS pertama mereka pada awal tahun 2012.

Melalui kepemilikan pesawat AWACS, Perancis dan Inggris menjadi negara dengan peran besar dalam komponen UDARA NATO. Kedua negara ini bergabung dengan Yunani pada musim semi tahun 2009, dengan masuknya 4 Embraer R-99, pesawat berbasis Embraer ERJ-145, yang interoperabilitasnya dengan F-16 dan Dassault Rafale telah ditingkatkan. terbukti.

Sebanyak empat pesawat Boeing 737 AEW&C Peace Eagle telah dipesan oleh Angkatan Udara Turki, dengan opsi dua pesawat tambahan. 4 Juni 2008, Industri Dirgantara Turki telah menyelesaikan modifikasi pada Peace Eagle kedua. Di dalam Desember 2009, Australia menerima Boeing 737 AEW&C Wedgetail pertamanya. Pada akhirnya RAAF akan menerima 6 pesawat. Maroko harus bergabung dengan klub eksklusif pengguna link 16 sebagai bagian dari pembelian 24 F-16 Blok 50/52.

Sejak tahun 2006, Amerika Serikat telah melindungi volume udara Islandia, melalui Sistem Pertahanan Udara Islandia. 4 stasiun radar yang terletak di Miðnesheiði, Bolafjall, Stokksnes terletak di dekat Vestrahorn dan Gunnólfsvíkurfja, terhubung di JREAP/C ke CRC yang terletak di Keflavík, mengimplementasi link 16.

Norwegia telah mengembangkan sistem NORGIL, yang memungkinkan cakupan seluruh negara melalui jaringan link 16, yang terminal MIDS-nya terhubung ke jaringan JREAP/C.

Umum[sunting | sunting sumber]

Oleh karena itu, dalam standarnya saat ini, Link 16 memungkinkan pertukaran data taktis yang kompleks antara unit (atau platform) militer udara, darat, dan maritim dalam kerangka Network Centric Warfare atau “Network Warfare”.

Pelaku L16 dapat bertukar posisi dengan menggunakan pesan PPLI ; pertukaran PPLI memberikan kepastian identifikasi AMI karena kebutuhan untuk memiliki, antara lain, kunci enkripsi yang memadai untuk dapat berpartisipasi dalam jaringan.

Desain jaringan link 16 mendukung pengembangan citra “Operasional” dan “Taktis” yang unik dan koheren. Jadi, mengirimkan melalui satelit, hampir secara real time, gambar mundur atau Reachback (yaitu ke Pentagon untuk Amerika Serikat, SHAPE untuk NATO, Pusat Perencanaan dan Komando Operasi untuk Perancis), difasilitasi. Reachback adalah aplikasi kandidat pertama untuk “tautan J-over-IP”.

Link 16 merupakan faktor penting dalam interoperabilitas antar unit militer. Berdasarkan sifatnya sebagai standar, ini memfasilitasi operasi militer koalisi dengan memungkinkan unit militer dari berbagai negara untuk berkomunikasi satu sama lain menggunakan “ bahasa ” yang sama (data seri J).

Platform[sunting | sunting sumber]

Connection 16 mempertimbangkan dua jenis platform:

  • platform Komando dan Kontrol atau C2 [ akronim 4 ] yang berpartisipasi dalam pengembangan citra taktis umum (E-3, E-2C, kapal induk, pusat kendali darat, dll.)
  • platform non-C2 yang berpartisipasi dalam jaringan hanya sebagai “sensor” dan “senjata” C2 yang berada di bawah kendalinya mereka menjalankan misinya. (Dassault Rafale adalah platform non-C2).

Pertimbangan jenis platform yang mengimplementasikan Tautan Data Taktis seri-J, di sini tautan 16, penting untuk memahami CONOPS yang mengarahkan implementasi operasional Pasukan melalui media tautan 16. Literatur spesialis Perancis, dulunya mungkin untuk dibaca bahwa seorang pilot Dassault Rafale menganggap AWACS sebagai radar jarak jauh; Konsep Operasi Link 16 menyiratkan kebalikannya (yaitu Dassault Rafale adalah radar jarak jauh AWACS). Penerimaan prinsip dasar ini (Platform C2 mengarahkan platform non-C2 dan mengembangkan gambaran taktis yang mendukung semua platform) memungkinkan integrasi Angkatan Darat Prancis ke dalam Pasukan NATO.

Beberapa contoh platform yang saat ini menggunakan kemampuan Link 16 adalah:

Pesawat terbang[sunting | sunting sumber]

Kapal[sunting | sunting sumber]

Kendaraan darat[sunting | sunting sumber]

  • VESTA (Verifiëren, Evalueren, Simuleren, Trainen en Analyseren), a minivan with radiotower used for training purposes[2]

Sistem pertahanan peluru kendali[sunting | sunting sumber]

Networked weapons[sunting | sunting sumber]

Command and control[sunting | sunting sumber]

Angkatan Darat A.S. sedang mengintegrasikan Link 16 ke dalam elemen komando dan kontrol terpilih dari armada UH-60 Black Hawk miliknya, dan bermaksud untuk melanjutkan pengiriman ke AH-64 Apache dan aset penerbangan lainnya.

USAF akan menambahkan Link 16 ke pesawat pengebom Rockwell B-1 Lancer dan Boeing B-52 Stratofortress dengan sistem Common Link Integration Processing. Versi awal Lockheed Martin F-22 Raptor hanya dapat menerima tetapi tidak dapat mengirimkan data Link 16, dengan dasar bahwa transmisi data akan mengungkapkan lokasinya. Peningkatan pada F-22 telah memberinya kemampuan untuk mengirimkan Link 16 juga.[3][4][5][6]

Terminal tautan 16[sunting | sunting sumber]

Tautan (16) diimplementasikan dengan peralatan khusus, yang disebut terminal tautan (16). Terminal tautan (16) digabungkan dalam satu peralatan, fungsi MODEM, peralatan kriptologi, dan pemancar UHF. Karakteristik teknis terminal link 16 didefinisikan dalam STANAG 4175

Tautkan 16 terminal dalam layanan

Terminal penghubung utama 16 adalah:

  • Terminal JTIDS memancarkan daya sebesar 200 watt (JTIDS 2M) yang dapat didorong hingga 1 kW pada saat perang (JTIDS 2H). Ini memiliki dua saluran suara (2,4 dan 16 kbit).
  • Terminal MIDS LVT 1 daya transmisi sebesar 200 watt yang dapat didorong hingga 1 kW pada saat perang. Ini memiliki kapasitas TACAN (AIR-AIR) dan dua saluran suara (2.4 dan 16 kbit)dan dapat dihubungkan ke sistem host melalui Ethernet (Platform D).

Frekuensi yang digunakan oleh link 16[sunting | sunting sumber]

Frekuensi yang digunakan oleh tautan 16 pada tahun 2010

Pada awal tahun 2010, terminal Link 16 menggunakan 51 frekuensi pada bagian pita UHF mulai dari 960 MHz hingga 1.215 MHz.

Faktanya, mereka menggunakan 3 "sub-band":

  • 969 - 1008MHz,
  • 1053 - 1065MHz, dan
  • 1113 - 1206MHz

dengan interval 3 MHz di TDMA.

Frekuensi yang digunakan oleh tautan 16 setelah 2010

Pita frekuensi UHF yang digunakan oleh link 16 dibagikan

  • di bidang militer, dengan IFF (atau Secondary Radar) dan oleh TACAN
  • di bidang penerbangan sipil, dengan stasiun bumi DME yang berpasangan dengan VOR dan ILS.

Pekerjaan redistribusi frekuensi akan membatasi jumlah frekuensi yang digunakan. Redistribusi ini dapat mengakibatkan ditinggalkannya 14 dari 51 frekuensi yang digunakan oleh link 16. Frekuensi ini terletak antara 960 dan 1030 MHz.

MIDS JTRS mengintegrasikan evolusi ini ; pembaruan terminal MIDS sedang dalam pengembangan.

Di Amerika Serikat, Departemen Pertahanan telah berkomitmen bahwa semua terminal MIDS akan ditingkatkan paling lambat tahun 2020.

Terminal JTDIS tidak terpengaruh oleh perjanjian antara Departemen Pertahanan dan Departemen Pertahanan.

Sistem antena terminal penghubung 16[sunting | sunting sumber]

Mayoritas platform memiliki dua antena link 16.

  • Pesawat
    • antena atas yang, khususnya, menyediakan konektivitas bagi pesawat tempur dengan AWACS atau E-2 Hawkeye, yang menurut definisi, mengorbit pada tingkat penerbangan yang lebih tinggi daripada antena mereka.
    • antena yang lebih rendah yang memberi mereka konektivitas dengan darat atau kapal perang.
  • Kapal mempunyai antena utama, pemancar dan penerima, terletak di kepala tiang, dan umumnya antena sekunder hanya digunakan untuk penerimaan. Ketinggian antena sekunder relatif terhadap permukaan air adalah 2/3 dari tinggi antena utama sehingga kedua antena tidak mengalami sinyal "nol" secara bersamaan, diperoleh dengan penerimaan sinyal yang sama secara bersamaan. sinyal, dalam perlawanan fasa atau pergeseran fasa, yang satu secara langsung, yang lainnya setelah bergema di permukaan air. Fregat AEGIS NAVY AS memiliki satu antena pemancar dan dua antena penerima saja.

Ciri-ciri antena AS-4127A adalah :

  • Pita frekuensi 960 MHz hingga 1215 MHz
  • Daya transmisi puncak 1200 watt dan rata-rata 140 watt
  • Penguatan tipikal 3,0 dB
  • Segala arah
  • dengan atau tanpa TACAN
  • Berat 45kg

Antena multifungsi seperti AT 4125 dari AEROMARITIME, telah diadaptasi untuk penerapan link 16 di kapal selam.

Pemasangan filter Notch atau filter takik, antara terminal dan antena pemancar/penerima, memungkinkan untuk menghindari gangguan pada sistem identifikasi dan navigasi, dengan mengurangi difusi energi pada pita frekuensi sempit yang terdefinisi dengan baik, di khususnya yang digunakan oleh IFF. Lihat misalnya Nomor Model L5992 (LINK-16) MIDS/ARC-210 Dual Bandpass Filter dari Delta Microwave.

Kriptografi[sunting | sunting sumber]

Terminal MIDS berisi elemen kriptografi. Elemen kriptografi yang diintegrasikan ke dalam terminal Angkatan Laut AS adalah KGV-8. Pengoperasian Terminal MIDS memerlukan masuknya kunci ke dalam elemen kriptografi ini. Kunci dimasukkan melalui KOI-18 ke dalam CYZ - 10. KOI-18 memungkinkan kunci dibaca pada pita kertas 8 jalur (8 lubang per kolom, yaitu satu byte).

CYZ-10 adalah komputer pribadi portabel, mendukung perangkat lunak aplikasi yang dikembangkan khusus untuk memuat kunci kriptografi.

Kunci kriptografi adalah elemen penentu dalam hukum frekuensi hopping.

Program modernisasi kriptografi, didanai pada anggaran Departemen Pertahanan AS tahun 2010 dan 2011.

Kriptografi baru yang dapat diprogram dari terminal MIDS-LVT (disebut "LINK 16 Common Crypto Module" (CCM)) adalah bagian dari pengembangan lain yang sedang dipelajari, untuk dintegrasikan

  • kecepatan tinggi (1Mb/s)
  • manajemen jaringan dinamis
  • multi-jaringan dalam operasi bersamaan dan
  • fungsi redistribusi frekuensi sebagai bagian dari pengelolaan spektrum frekuensi dengan penerbangan sipil.

Negara-negara yang memiliki terminal MIDS atau JTIDS tunduk pada kendali Badan Keamanan Nasional Amerika Serikat untuk penggunaan kunci kriptologi. Tidak ada negara lain yang memiliki kapasitas untuk membuat dan mengelola kunci kriptologi secara mandiri. Pengelolaan kunci yang digunakan oleh negara-negara NATO berada di bawah pengawasan Amerika Serikat.

Deskripsi mode operasi[sunting | sunting sumber]

Tautan 16 didasarkan pada prinsip TDMA atau “ akses ganda pembagian waktu ”.

Itu diamankan dengan kunci enkripsi dan tahan terhadap tindakan pencegahan berkat 77.000 lompatan frekuensi per detik (implementasi penghindaran frekuensi atau spektrum penyebaran frekuensi-hopping). Data ditransmisikan melalui gelombang radio pada pita UHF.

Tautan 16 sering disebut sebagai jaringan, karena memungkinkan koneksi simultan beberapa unit militer, masing-masing disebut peserta jaringan atau “JU” (Unit JTIDS, nama ini, meskipun sudah tidak tepat, tetap dipertahankan) dan sebagai bagian dari jaringan logis multi-tautan tunggal, yaitu mengimplementasikan beberapa tautan data taktis, “IU” (Unit Antarmuka).

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "MilSOFT - Products/Projects - Data Links and Messaging Systems". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-03-04. Diakses tanggal 2016-01-15. 
  2. ^ "Vesta", Link 16 testwagen scheelt vlieguren en vaardagen (dalam bahasa Belanda), Netherlands: Defensie, 2011-05-13 
  3. ^ Northrop Grumman Awarded Air Force Contract to Integrate CLIP on B-1B and B-52 Aircraft Northrop Grumman press release, 21 October 2010
  4. ^ Seligman, Lara (May 23, 2017). "Inside The Cockpit: Flying The F-22 Against Islamic State In Syria". Aviation Week. Diakses tanggal May 30, 2017. At the same time, the company is working on enabling the Raptor to transmit Link 16 signals—currently the aircraft can only receive Link 16 — and fielding Increment 3.2B, a new software load that will allow the F-22 to take full advantage of the AIM-9X and AIM-120D Amraam missiles. 
  5. ^ "F22 Raptor absent from Libya ops", Air force times, March 2011 
  6. ^ Amiga500 (26 Feb 2014) Lockheed validated the use of Link 16 transmit capability on F-22