Liga Dunia Bola Voli FIVB

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Liga Dunia Bola Voli FIVB
Musim atau kompetisi terkini:
Liga Dunia Bola Voli FIVB 2016
OlahragaBola voli
Didirikan1990
Jumlah tim12 (Grup 1)
12 (Grup 2)
12 (Grup 3)
BenuaInternasional (FIVB)
Juara terkini Serbia (gelar pertama)
Juara terbanyak Brasil (9 gelar)

Liga Dunia Bola Voli FIVB (Inggris: FIVB Volleyball World League) atau hanya disebut World League adalah kompetisi bola voli internasional putra yang diselenggarakan setiap tahun oleh Federasi Bola Voli Internasional (FIVB).

Profil[sunting | sunting sumber]

Liga Dunia (World League) dibentuk tahun 1990 sebagai bagian dari program FIVB untuk memperkenalkan olahraga bola voli dengan kompetisi tahunan yang menarik bagi penonton di seluruh dunia.

Pada saat itu, kompetisi internasional yang melibatkan tim bola voli terbaik (seperti, Olimpiade dan Kejuaraan Dunia) hanya diselenggarakan setiap empat tahun sekali dan biasanya hanya terbatas pada negara ataupun kota tuan rumah. Sebaliknya Liga Dunia dirancang setiap tahun dengan sistem rotasi kota penyelenggaraan sehingga memungkinkan setiap tim untuk menjadi tuan rumah di beberapa pertandingan babak penyisihan.

Karena keberhasilan Liga Dunia, pada 1993 FIVB memperkenalkan kompetisi untuk bola voli putri yakni, Grand Prix.

Formula[sunting | sunting sumber]

FIVB terus beradaptasi menentukan aturan Liga Dunia meningkatkan kompetisi yang kompetitif dan menarik bagi penonton, tetapi ada beberapa aturan yang mungkin tidak berubah pada tahun berikutnya:

  • Tim yang berpartisipasi harus menyajikan liputan media lokal dan siaran TV.
  • Kompetisi ini setidaknya dibagi dalam dua tahap: babak penyisihan (biasanya disebut "Babak Interkontinental") dengan sistem rotasi tuan rumah dan satu atau lebih babak final dengan satu atau lebih tuan rumah penyelenggara.
  • Di babak penyisihan, setiap memainkan sebanyak empat pertandingan melawan semua tim dari pool yang sama.
  • Ketika semua pertandingan di babak penyisihan telah dimainkan, tim teratas dari masing-masing pool lolos ke babak final. Jumlah tim yang lolos tergantung pada format yang digunakan pada babak final.
  • Tuan rumah otomatis lolos ke babak final.
  • FIVB telah mencoba berbagai macam format untuk babak final: Top Six, Top Four, Quarter-Semi-final (format Olimpiade), dalam beberapa tahun terakhir format yang biasanya dipakai adalah format campuran dimana perempat final dibagi dalam dua pool, dan dua tim terbaik dari setiap pool bermain di semifinal dan final (seperti format Olimpiade).

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Templat:Liga Dunia FIVB