Federasi Bola Voli Internasional

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Fédération Internationale de Volleyball
FIVB
FIVB official logo.jpg
Olahraga Bola voli
Voli pantai
Yurisdiksi Seluruh dunia
Berdiri 1947
Kantor pusat Lausanne, Swiss
Presiden Bendera Brazil Ary Graça
Situs web resmi
www.fivb.com

Federasi Bola Voli Internasional (Perancis: Fédération Internationale de Volleyball atau hanya disebut FIVB) adalah induk organisasi internasional olahraga bola voli dan voli pantai. Organisasi ini berkantor pusat di Lausanne, Swiss.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

FIVB didirikan di Paris, Perancis pada tahun 1947. Pada akhir 1940-an, beberapa federasi nasional Eropa menginginkan suatu badan internasional untuk olahraga voli. Awal diskusi akhirnya mengarah pada Kongres Konstitutif pada 18 dan 20 April 1947 dengan dihadiri 14 federasi nasional yang mewakili lima benua berbeda, yakni Amerika Serikat, Belgia, Belanda, Brasil, Cekoslowakia, Italia, Hungaria Mesir, Perancis, Polandia, Portugal, Rumania, Uruguay dan Yugoslavia.

Paul Libaud (warga negara Perancis) terpilih sebagai presiden pertama FIVB. Tujuan utama dari hasil kongres adalah mempromosikan voli ke dunia, menyatukan aturan permainan, mengadakan kompetisi internasional, dan menyertakan voli ke Olimpiade. Akhirnya salah satu tujuan utama dari Kongres 1947 dicapai dua tahun kemudian dengan berdirinya kejuaran internasional bola voli pertama, Kejuaraan Dunia. Pada tahun 1952, turnamen untuk wanita juga diperkenalkan.

Pada tahun 1964, IOC mendukung penambahan cabang bola voli untuk Olimpiade. Pada tahun ini, jumlah federasi nasional yang berafiliasi dengan FIVB telah tumbuh menjadi 89. Kemudian di tahun 1969, diperkenalkan kejuaraan internasional baru, Piala Dunia. Ini akan merubah format kualifikasi untuk Olimpiade 1991.

Salah satu perubahan penting untuk FIVB datang pada tahun 1984, ketika presiden pertama Paul Libaud mengundurkan diri setelah 37 memimpin federasi. Dr. Rubén Acosta terpilih sebagai presiden baru menggantikan Libaud pada Kongres Dunia di Long Beach, California. Pada tahun yang sama, markas federasi dipindahkan dari Paris ke Lausanne, Swiss untuk lebih dekat dengan kantor pusat IOC. Pada saat yang sama, voli melakukan beberapa perubahan olahraga ini. Untuk memenuhi kebutuhan minat penggemar dan sponsor di tahun 1998 diperkenalkan beberapa perubahan besar seperti, Rally Point System, adanya pemain Libero, aturan let ball in play, dan beberapa aturan baru yang membuat permainan lebih menarik.

Anggota FIVB saat ini berjumlah 220 yang tersebar di lima benua; 53 di Afrika, 65 di Asia, 56 di Eropa, 34 di NORCECA dan 12 di Amerika Selatan.

Organisasi[sunting | sunting sumber]

Peta konfederasi benua anggota FIVB

FIVB memiliki berbagai macam struktur administratif antara lain, Dewan Administrasi, Komite Eksekutif dan sejumlah Komisi serta Dewan yang berurusan dengan hal-hal tertentu seperti obat-obatan, wasit, turnamen dan keuangan.

FIVB juga memimpin lima konfederasi benua:

Daftar Presiden FIVB[sunting | sunting sumber]

  • Bendera Perancis Paul Libaud (1947-1984)
  • Bendera Meksiko Rubén Acosta (1984-2008)
  • Bendera Republik Rakyat Tiongkok Jizhong Wei (2008-2012)
  • Bendera Brazil Ary Graça Filho (2012-)

Turnamen[sunting | sunting sumber]

Berikut ini adalah daftar kompetisi yang diselenggarakan langsung oleh FIVB:

Catatan
  1. ^ Kejuaraan Dunia edisi kedua dilangsungkan tahun 1952, dan setelah itu turnamen dilangsungkan setiap empat tahun sekali.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]