Peringkat Dunia FIVB

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Peringkat Dunia FIVB adalah sistem peringkat untuk tim nasional putra dan putri dalam bola voli. Tim-tim dari negara-negara anggota Fédération Internationale de Volleyball (FIVB), badan pengatur bola voli dunia, diberi peringkat berdasarkan hasil pertandingan mereka dengan tim-tim yang paling sukses berada diperingkat tertinggi. Sistem poin digunakan, dengan poin diberikan berdasarkan hasil dari semua pertandingan internasional penuh yang diakui FIVB. Pemeringkatan digunakan dalam kompetisi internasional untuk menentukan tim unggulan dan mengaturnya dalam kelompok. Prosedur khusus untuk penempatan (seeding) dan penyatuan (pooling) ditetapkan oleh FIVB disetiap formula kompetisi, tetapi metode yang biasanya digunakan adalah sistem serpentine.

Sistem peringkat telah diubah pada tahun 2020, menanggapi kritik bahwa metode perhitungan sebelumnya tidak secara efektif mencerminkan kekuatan relatif tim nasional. Versi lama dari sistem peringkat akhirnya digunakan pada 31 Januari 2020.

Per 28 Juni 2021, tim dengan peringkat tertinggi di kategori putra adalah Brasil, sedangkan di kategori putri adalah Amerika Serikat.

Peringkat tim senior[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "FIVB Senior World Ranking – Men (as of 20 September 2021)". FIVB. 20 September 2021. Diarsipkan dari versi asli tanggal 20 September 2021. 
  2. ^ "Tableau Public". public.tableau.com. 
  3. ^ "FIVB Senior World Ranking – Women – As per 20 September 2021". FIVB. Diakses tanggal 20 September 2021. 
  4. ^ "Tableau Public". public.tableau.com.