Liberland

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Koordinat: 45°46′N 18°52′E / 45.767°N 18.867°E / 45.767; 18.867

Republik Bebas Liberland
Free Republic of Liberland

Bendera Liberland
Bendera
{{{coat_alt}}}
Lambang
SemboyanŽít a nechat žít
To live and let live
Ibu kotaLiberpolis
Bahasa resmiCeko, Inggris
PemerintahanRepublik konstitusional dengan elemen demokrasi langsung (direncanakan)
• Presiden
Vít Jedlička (pendiri)
Pendirian
• Didirikan
13 April 2015
Luas
 - Total
7 km2 (2,7 sq mi)
Zona waktuCET
(UTC+1)
 - Musim panas (DST)
UTC+2 (CEST)
Lajur kemudikanan
Situs web resmi
http://liberland.org

Liberland atau Republik Liberland (Inggris: Free Republic of Liberland, Ceko: Svobodná republika Liberland), adalah sebuah negara mikro di benua Eropa yang diproklamasikan tanggal 13 April 2015 oleh Vit Jedlička.

Negara ini terletak pada sebidang tanah yang tidak diklaim oleh siapapun, dan berada di tepi barat Sungai Danube yang terletak di antara Kroasia dan Serbia.

Situs resmi Liberland menyatakan bahwa negara Liberland dapat didirikan karena adanya sengketa perbatasan antara Kroasia dan Serbia. Sejak Perang Yugoslavia, beberapa wilayah perbatasan di wilayah itu saling diperdebatkan, seperti Pulau Vukovar dan Pulau Šarengrad, tetapi daerah yang diploklamirkan sebagai Liberland ini (yang juga dikenal sebagai Gornja Siga) tetap tidak diklaim oleh negara manapun termasuk kedua negara yang sedang bersengketa yaitu Kroasia dan Serbia.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Liberland terletak pada bidang tanah berwarna hijau, dengan tanda panah "Siga" dalam peta. Karena perbedaan dalam definisi perbatasan, bagian berwarna kuning di sebelah timur diklaim oleh Serbia dan Kroasia. Sedangkan bagian hijau tidak diklaim oleh kedua belah pihak.

Seperti dijelaskan oleh Jedlička, baik Serbia, Kroasia, atau negara lain tidak mengklaim bahwa tanah Liberland adalah milik mereka (terra nullius). Garis perbatasan yang disengketakan diklaim kedua negara Kroasia dan Serbia. Sedangkan wilayah Liberland tidak tidak mengganggu batas kedaulatan kedua negara atau negara lain.

Jedlička telah menyatakan bahwa nota diplomatik resmi akan dikirimkan ke Kroasia dan Serbia, dan kemudian ke semua negara-negara lain dengan permintaan resmi untuk pengakuan internasional.

Vit Jedlička adalah anggota dari Partai Kebebasan Warga Cekoslovakia (Czech Party of Free Citizens), yang mendasarkan nilai-nilai pada ideologi liberal klasik. Bendera yang dinaikkan di Liberland dilakukan oleh Jedlička dan beberapa rekan-rekannya pada hari diproklamasikannya republik Liberland.

Dalam sebuah wawancara dengan Parlamentní listy (cz), Jedlička mengatakan bahwa ia telah menerima reaksi positif untuk inisiatifnya, terutama dari partainya sendiri, tetapi juga dari beberapa anggota Partai Demokrat Civic (Civic Democratic Party) dan Partai Bajak Laut (Pirate Party).

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]