Li Xian (pangeran Dinasti Tang)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Figur-figur dalam sebuah acara pemakaman, dari sebuah mural pada makam Li Xian di Monumen Qianling, yang berasal dari tahun 706 Masehi; setiap figur memiliki ukuran tinggi sekitar 1.6 m (63 inci).

Li Xian (李賢) (653–684), nama kehormatan Mingyun (明允), awalnya Pangeran Mahkota Zhanghuai (章懷太子), dinamai Li De (李德) dari 672 sampai 674, adalah seorang pangeran mahkota dari Dinasti Tang Tiongkok. Ia adalah putra keenam dari Kaisar Gaozong, dan putra kedua dari istri keduanya Permaisuri Wu (kemudian dikenal sebagai Wu Zetian). Ia dikenal karena menulis komentar-komentar untuk Kitab Han Akhir, sebuah catatan resmi dari Dinasti Han Timur. Ia menjadi pangeran mahkota pada 675 setelah kematian kakaknya Li Hong (yang diyakini oleh para sejarawan tradisional diracuni oleh Permaisuri Wu), namun kemudian jatuh ke tangan Permaisuri Wu sendiri. Pada 684, setelah kematian Kaisar Gaozong, Permaisuri Wu, yang menjadi janda permaisuri, bersama dengan Qiu Shenji (丘神勣) mengunjungi Li Xian untuk memaksanya bunuh diri.

Pada 706, adiknya Kaisar Zhongzong memberikan Li Xian dengan sebuah pemakaman kehormatan dengan menempatkan jenazahnya di Monumen Qianling.

Referensi[sunting | sunting sumber]