Xu Jingzong

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Xu Jingzong
Kanselir dari Dinasti Tang
Lahir592
Wafat20 September 672 (usia 79–80)
Nama
Hanzi tradisional許敬宗
Hanzi sederhana许敬宗
PinyinXú Jìngzōng
Wade–GilesHsu Ching-tsung
Gelar kehormatanYanzu (Hanzi: 延族; Pinyin: Yánzú; Wade–Giles: Yen-tsu)
Nama anumertaAdipati Gong dari Gaoyang (Hanzi sederhana: 高阳恭公; Hanzi tradisional: 高陽恭公; Pinyin: Gāoyáng Gōng Gōng; Wade–Giles: Kao-yang Kung Kung)

Xu Jingzong (592 – 20 September 672[1]), nama kehormatan Yanzu, yang secara anumerta dikenal sebagai Adipati Gong dari Gaoyang, adalah seorang pejabat Tiongkok yang menjabat sebagai kanselir dalam dinasti Tang. Bersekutu dengan istri Kaisar Gaozong, Maharani Wu (yang kemudian dikenal sebagai Wu Zetian), Xu Jingzong mendapatkan kekuasaan pada kebanyakan masa pemerintahan Gaozong.

Pada zaman dinasti Sui[sunting | sunting sumber]

Xu Jingzong lahir pada 592, pada masa pemerintahan Kaisar Wen di dinasti Sui. Para leluhurnya menjabat sebagai pejabat Dinasti-Dinasti Selatan pada masa Dinasti-Dinasti Utara dan Selatan dari generasi ke generasi dan mengklaim berasal dari Wilayah Pengkomandoan Gaoyang (高陽, sekarang di sekitar Baoding) sbelum berpindah ke selatan Sungai Yangtze ketika dinasti Jin kehilangan wilayah utaranya. Ayah Xu Jingzong, Xu Shanxin (許善心), menjabat sebagai emisaris dari Chen Shubao, kaisar terakhir dari dinasti Chen, sampai Kaisar Wen, ketika dinasti Sui memerintah bagian utaranya, pada 589, ketika Sui dihancurkan oleh Chen pada akhir zaman Dinasti-Dinasti Utara dan Selatan dan menyatukan kembali China.

Catatan dan referensi[sunting | sunting sumber]