Leupeut suuk

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Leupeut suuk
Lepet khas Sunda, berbahan dasar beras ketan, santan dan kacang tanah.
JenisMakanan ringan
Tempat asal Indonesia
DaerahPulau Jawa
Dibuat olehSuku Sunda
Suhu penyajianHangat
Bahan utamaBeras ketan, Santan, Kacang tanah
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini

Leupeut suuk (su.uk dalam bahasa Sunda artinya kacang) adalah panganan yang terbuat dari bahan beras ketan yang dicampur dengan santan dan kacang tanah sebagai isinya. Panganan ini merupakan khas wilayah kebudayaan Sunda. Ciri khas dan pembeda dari lepet kebanyakan adalah warnanya yang kecoklatan dibalut dengan daun kelapa (janur) yang telah ditipiskan.

Lepet suuk dibuat dengan cara mengukus beras ketan hingga setengah matang, lalu dicampur santan, daun pandan, dan garam. Campuran ini diaron hingga kandungan santan terserap ketan. Selanjutnya campuran ketan-santan ini dicampur kacang tanah dan kelapa parut, lalu dibungkus daun janur dengan cara dililitkan dalam bentuk silinder memanjang, lalu diikat tali. Tali pengikat biasanya adalah serat janur atau serat daun kelapa, atau tali apa saja. Bungkusan-bungkusan lepet ini kemudian dikukus lebih lanjut sampai matang sempurna.

Panganan ini biasanya dibuat dalam ukuran yang lebih kecil dengan isian kacang tanah, biasanya dimakan dengan tahu sumedang. Leupeut adalah makanan jajanan atau oleh-oleh populer di Kabupaten Kuningan dan Kabupaten Sumedang.

Referensi[sunting | sunting sumber]