Leroy & Stitch

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Leroy & Stitch
Leroy&StitchDVDCover.jpg
Sampul DVD Leroy & Stitch
Sutradara Tony Craig
Robert Gannaway
Produser Igor Khait
Jess Winfield
Penulis Robert Gannaway
Jess Winfield
Pemeran Chris Sanders
Daveigh Chase
Tia Carrere
David Ogden Stiers
Kevin McDonald
Kevin Michael Richardson
Jeff Bennett
Tara Strong
Rob Paulsen
Zoe Caldwell
Musik J.A.C. Redford
Distributor Walt Disney Pictures
Walt Disney Home Entertainment
Disney Channel Original Movie
Tanggal rilis
23 Juni 2006 (premier televisi)
27 Juni 2006 (DVD)
Durasi
72 menit
Bahasa Inggris

Leroy & Stitch adalah film animasi tahun 2006 produksi Walt Disney Television Animation. Film ini dibuat sebagai spin-off film animasi bioskop tahun 2002 Lilo & Stitch, sekaligus sebagai film penutup serial televisi Lilo & Stitch: The Series. Film ini pertama kali ditayangkan di Disney Channel pada 23 Juni 2006, dan juga ditayangkan di Toon Disney pada 26 Juni 2006. Sebagai DVD, film ini dirilis di Amerika Serikat pada 27 Juni 2006, beberapa hari setelah berakhirnya penayangan episode terakhir serial Lilo & Stitch: The Series. DVD ini antara lain berisi episode bonus Link, Experiment 251, permainan BRB Flight Simulator, ditambah galeri foto.

Plot[sunting | sunting sumber]

Lilo dan keluarga diundang oleh Aliansi Antargalaksi untuk menerima penghargaan atas jasa menangkap semua 625 monster eksperimen ciptaan Jumba, dan mencarikan pekerjaan yang tepat bagi masing-masing di Bumi. Jumba menerima hadiah berupa kunci ke laboratorium yang dulu disita setelah ditangkap. Pleakley diberi hadiah sebagai Ketua Jurusan Studi Bumi di G.A.C.C. (Galactic Alliance Community College). Stitch diberi pangkat sebagai kapten Armada Galaktika sekaligus komandan BRB-9000 (BRB singkatan dari "Big Red Battleship"). Lilo diangkat sebagai Duta Besar untuk Bumi dan pengawal tunggal para "keponakan" Stitch. Sebelum berpisah dengan para sahabatnya yang pulang ke galaksi, Lilo memberi kenang-kenangan sebuah piringan hitam untuk Jumba, sebuah batu Bumi penindih kertas untuk Pleakley, dan sebuah kalung berliontin Tiki Ku (dewa kekuatan dari Hawaii).

Gantu yang telah gagal menangkap semua eksperimen ciptaan Jumba (kecuali 625) menyerang penjara, dan mengeluarkan Dr. Jacques von HämstervielDr. Hämsterviel yang sedang dihukum. Di Planet Turo, Kapten Stitch ditugaskan untuk menangkap kembali Dr. Hämsterviel. Pleakley selalu bercita-cita menjadi dosen, dan sangat gembira dengan jabatan barunya sebagai profesor di universitas. Namun kegembiraannya berakhir setelah mengetahui bahwa sebagai profesor kehormatan, dirinya tidak berhak mengajar mahasiswa. Jumba awalnya gembira dapat kembali ke laboratorium lamanya, namun lalu bersedih karena tidak dapat memamerkan kegeniusan dirinya.

Hämsterviel dan Gantu datang, dan memaksa Jumba membuat monster eksperimen baru untuk mengalahkan Aliansi Galaktika. Monster baru tersebut dibuat agar lebih kuat dan lebih jahat dari Stitch. Hämsterviel menamakan monster itu Leroy. Stitch datang menyerbu untuk menangkap Hämsterviel. Perkelahian menghancurkan laboratorium Jumba. Stitch tertangkap dan dikurung. Hämsterviel lalu mengungkap rencana jahatnya yang baru: Leroys digandakan dengan pengklonaan hingga cukup terbentuk pasukan untuk mengambil alih Aliansi Galaktika. Sebelum meninggalkan Planet Turo, Hämsterviel mengurung Jumba, Pleakley dan Stitch di kendaraan luar angkasa Pleakley, dan mengirimkan kendaraan tersebut ke lubang hitam.

Di Bumi, Lilo berkeliling untuk memastikan para "sepupu" masih berbahagia di tempat mereka masing-masing. Setelah berkelahi dengan Mertle, Lilo memutuskan untuk menelepon Stitch. Lilo mendatangi pesawat Gantu yang diketahuinya memiliki telepon video antargalaksi yang hanya ada satu-satunya di bumi. Di pesawat Gantu, Lilo menemui Eksperimen 625 yang bersedih ditinggal Gantu. Lilo meminta dipinjami telepon, namun ternyata telepon antargalaksi sedang rusak. Sadar Eksperimen 625 belum memiliki nama, Lilo memilihkan sebuah nama. Reuben, begitu nama yang diusulkan Lilo, dan ternyata disukai oleh 625. Reuben setuju untuk membetulkan telepon video hingga Lilo dapat menelepon BRB-9000. Ketika ditelepon, Leroy sedang berada di pesawat BRB-9000 yang dirampasnya dari Stitch. Leroy menyamar sebagai Stitch, tetapi Lilo tahu bahwa makhluk asing yang berbicara dengannya bukanlah Stitch (karena Leroy tidak memakai kalung Tiki). Sementara itu, Hämsterviel memberi tugas baru untuk Leroy, pergi ke Bumi dan menangkap semua eksperimen untuk dihancurkan semuanya.

Lilo tahu Stitch dalam keadaan bahaya, dan meminta Reuben untuk memperbaiki pesawat Gantu. Setelah sempat ragu-ragu, Reuben setuju. Pesawat baru dapat terbang ketika jatuh kembali ke Bumi di halaman rumah Mertle.

Sementara itu, pesawat Jumba, Pleakley, dan Stitch sedang terbang tanpa terkendalikan menuju lubang hitam. Stitch dapat membebaskan diri, dan menolong Jumba dan Pleakley. Menurut Jumba, mereka akan hancur karena lubang hitam akan membawa pesawat mereka ke planet vulkanik. Atas petunjuk Jumba, Stitch berhasil mengacau horizon peristiwa dengan melemparkan batu Bumi ke arah lubang hitam, namun pesawat mereka tetap terhisap ke lubang hitam.

Di Bumi, Leroy merampas buku tempel "cousins" milik Lilo yang berisi foto 625 eksperimen. Dengan cepatnya, Leroy satu demi satu menangkapi para "sepupu" (termasuk Mertle).

Lilo dan Reuben akhirnya sampai juga di Planet Turo, tetapi mereka sudah terlambat. Dengan bantuan Leroy, Hämsterviel telah mengambil alih kekuasaan. Lilo dan Reuben ditangkap oleh Gantu, namun Gantu melepaskan keduanya karena Gantu dipecat oleh Hämsterviel. Ketika mencoba melarikan diri Lilo, Reuben, dan Gantu tertangkap. Pada saat kritis, kendaraan luar angkasa Pleakley tiba di tempat setelah terlempar dari lubang hitam. Tanpa membuang kesempatan, Lilo, Reuben dan Gantu langsung menaikinya dan kembali ke Bumi.

Di Bumi, Leroy yang asli mengumpulkan semua monster eksperimen ke dalam stadion besar, tempat "Alohapalooza" akan dilangsungkan. BRB-9000 muncul, dan Hämsterviel bersiap untuk memusnahkan semua hasil eksperimen. Lilo, Stitch, dan kawan-kawan datang pada saat yang tepat. Meriam utama BRB berhasil dihancurkan, namun Hämsterviel masih memiliki pasukan klona Leroy sebagai senjata cadangan. Stitch mengajak para "sepupu" untuk mau berjuang dan bertempur. Pasukan klona Leroy ternyata bukan musuh yang mudah untuk dikalahkan. Jumba teringat pernah memprogram Leroy dengan perintah penghentian operasi. Ketika Leroy yang asli diciptakan, Jumba memainkan piringan hitam lagu Elvis Presley "Aloha 'Oe". Bila lagu tersebut diperdengarkan, maka secara otomatis Leroy akan dinonaktifkan. Lilo mendapat ide setelah melihat perangkat musik untuk konser. Jumba dimintanya menjadi penata suara, Pleakley sebagai juru tata lampu, dan Gantu sebagai juru kembang api. Stitch muncul di panggung, lengkap dengan kostum Elvis. Stitch menyanyikan lagu "Aloha 'Oe" bersama Lilo dan Reuben, diiringi musik yang dimainkan oleh para monster eksperimen. Leroy dan pasukan klona Leroy akhirnya menjadi lumpuh dengan sendirinya, dan Hämsterviel ditangkap kembali.

Film diakhiri dengan acara foto keluarga Lilo. Mertle membawa Gigi untuk ikut serta berfoto karena sebagai salah satu eksperimen Jumba, Gigi juga bagian dari ʻohana. Foto terakhir dalam buku Lilo adalah foto keluarga dirinya bersama Mertle, Jumba, Pleakley, Nani, David, serta semua "sepupu" Stitch. Di penjara, klona Leroy menari diiringi lagu "Jailhouse Rock" dari Elvis Presley. Dr. Hämsterviel hanya bisa marah sambil menghentakkan kaki. Dalam kreditasi di akhir film diberikan daftar eksperimen Jumba dari nomor 001 hingga 626, berikut nama-nama pemberian Lilo pada sisi kiri layar.

Album soundtrack[sunting | sunting sumber]

Sebagian lagu diambil dari rekaman Elvis Presley, sementara inspirasi untuk musik lainnya berasal dari suita orkes "The Planets" karya komponis Gustav Holst.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]