Nancy Cartwright

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Nancy Cartwright
Nancy Cartwright.jpg
LahirNancy Campbell Cartwright
StatusMarried
Tinggi5'0" (1.52 m)
Suami/istriWarren Murphy (24 Desember 1988 - 2005)
AnakLucy Mae (dilahirkan 19 Desember 1991 (umur 31)), Jackson Louis (dilahirkan 27 September 1989 (umur 33))
KeluargaFrank Cartwright (father), Miriam Cartwright (mother), Steve Cartwright (older brother), Frank Cartwright, Jr. (younger brother), Cathy Cartwright (older sister), Marsha Cartwright (older sister), Mary Beth Cartwright (younger sister)

Nancy Cartwright adalah seorang aktris, pelukis, pematung, pembuat film, dan dermawan Amerika. Dia terkenal karena perannya yang sudah berjalan lama sebagai Bart Simpson di serial televisi animasi The Simpsons , di mana dia telah menerima Primetime Emmy Award untuk Outstanding Voice-Over Performance dan Annie Award untuk Best Voice Acting in the Field of Animation. Cartwright juga mengisi suara karakter lain untuk pertunjukan tersebut, termasuk Nelson Muntz , Ralph Wiggum , Todd Flanders , Kearney , Database , dan Maggie .

Cartwright lahir di Dayton, Ohio . Dia pindah ke Hollywood pada tahun 1978 dan berlatih bersama aktor suara Daws Butler . Peran profesional pertamanya adalah menyuarakan Gloria dalam serial animasi Richie Rich , yang diikuti dengan peran utama dalam film televisi Marian Rose White (1982) dan film fitur pertamanya, Twilight Zone: The Movie (1983). Setelah terus mencari pekerjaan akting, pada tahun 1987, Cartwright mengikuti audisi untuk peran dalam serangkaian animasi pendek tentang keluarga disfungsional yang muncul di The Tracey Ullman Show . Cartwright bermaksud mengikuti audisi untuk peran Lisa Simpson, anak tengah; ketika dia tiba di audisi, dia menemukan peran Bart—kakak Lisa—lebih menarik. Matt Groening , pencipta serial tersebut, mengizinkannya untuk mengikuti audisi untuk Bart dan menawarinya peran di tempat. Dia menyuarakan Bart selama tiga musim di The Tracey Ullman Show , dan pada tahun 1989, celana pendek itu diputar menjadi pertunjukan setengah jam yang disebut The Simpsons .

Selain The Simpsons , Cartwright juga mengisi suara banyak karakter animasi lainnya, termasuk Daffney Gillfin di Snorks , Rufus di Kim Possible , Mindy di Animaniacs , Pistol di Goof Troop , Robot di Crashbox , Margo Sherman di The Critic , Todd Daring di The Replacements , dan Charles "Chuckie" Finster di Rugrats and All Grown Up! (peran yang dia ambil pada tahun 2002, setelah pensiunnya Christine Cavanaugh ). Pada tahun 2000, ia menerbitkan otobiografinya, My Life as a 10-Year-Old Boy, dan empat tahun kemudian, mengadaptasinya menjadi drama satu wanita . Pada 2017, ia menulis dan memproduseri film In Search of Fellini .

Kehidupan Awal[sunting | sunting sumber]

Cartwright lahir di Dayton, Ohio[1],  anak keempat dari enam bersaudara Frank dan Miriam Cartwright[2].  Dia dibesarkan di Kettering, Ohio[3] ,  dan menemukan bakatnya untuk suara pada usia dini. Saat duduk di kelas empat di sekolah St. Charles Borromeo, dia memenangkan kompetisi pidato tingkat sekolah dengan penampilan Rudyard Kipling 's How the Camel Got His Hump .  Cartwright bersekolah di Fairmont West High School, dan berpartisipasi dalam teater sekolah dan marching band. Dia secara teratur mengikuti kompetisi berbicara di depan umum, menempati posisi pertama dalam kategori "Interpretasi Humor" di Turnamen Distrik Nasional selama dua tahun berturut-turut. Para juri sering menyarankan dia untuk menampilkan suara kartun. Cartwright lulus dari sekolah menengah pada tahun 1976 dan menerima beasiswa dari Universitas Ohio .  Dia terus berkompetisi dalam kompetisi berbicara di depan umum; selama tahun keduanya, ia menempati posisi kelima dalam kategori eksposisi Turnamen Pidato Nasional dengan pidatonya "The Art of Animation".

Pada tahun 1976, Cartwright mendapatkan pekerjaan paruh waktu sebagai pengisi suara untuk iklan di radio WING di Dayton.  Seorang perwakilan dari Warner Bros. Records mengunjungi WING dan kemudian mengirimkan Cartwright daftar kontak di industri animasi.  Salah satunya adalah Daws Butler , yang dikenal karena menyuarakan karakter seperti Huckleberry Hound , Snagglepuss , Elroy Jetson , Spike the Bulldog , dan Yogi Bear . Cartwright meneleponnya dan meninggalkan pesan dengan aksen Cockney di mesin penjawab teleponnya. Butler segera memanggilnya kembali dan setuju untuk menjadi mentornya. Dia mengiriminya sebuah naskah dan menginstruksikannya untuk mengiriminya rekaman rekaman tentang dirinya yang membacanya. Begitu dia menerima rekaman itu, Butler mengkritiknya dan mengirimkan catatannya. Untuk tahun berikutnya, mereka melanjutkan cara ini, menyelesaikan naskah baru setiap beberapa minggu. Cartwright menggambarkan Butler sebagai "benar-benar luar biasa, selalu memberi semangat, selalu sopan".

Cartwright kembali ke Universitas Ohio untuk tahun keduanya, tetapi dipindahkan ke Universitas California, Los Angeles (UCLA) agar dia bisa lebih dekat dengan Hollywood dan Butler.  Ibunya, Miriam, meninggal pada akhir musim panas 1978.  Cartwright hampir mengubah rencana relokasinya, tetapi, pada 17 September 1978, "dengan sedih" berangkat ke Westwood, Los Angeles .

Karir[sunting | sunting sumber]

Karier awal[sunting | sunting sumber]

Saat menghadiri UCLA, yang tidak memiliki tim berbicara di depan umum,  Cartwright melanjutkan pelatihan sebagai aktris suara dengan Butler. Dia mengenang, "setiap hari Minggu saya akan naik bus 20 menit ke rumahnya di Beverly Hills untuk pelajaran satu jam dan berada di sana selama empat jam ... Mereka memiliki empat putra, mereka tidak memiliki seorang putri dan Saya agak cocok sebagai bayi keluarga."  Butler memperkenalkannya kepada banyak aktor suara dan sutradara di Hanna-Barbera . Setelah dia bertemu dengan sutradara Gordon Hunt , dia memintanya untuk mengikuti audisi untuk peran berulang sebagai Gloria di Richie Rich. Dia menerima bagian itu, dan kemudian bekerja dengan Hunt di beberapa proyek lain. Pada akhir 1980, Cartwright menandatangani kontrak dengan agen bakat dan mendapatkan peran utama dalam pilot sitkom berjudul In Trouble . Cartwright menggambarkan pertunjukan itu sebagai "dilupakan, tetapi itu melejitkan karir saya di depan kamera".  Dia lulus dari UCLA pada tahun 1981 dengan gelar di bidang teater.  Selama musim panas, Cartwright bekerja dengan Jonathan Winters sebagai bagian dari rombongan improvisasi di Kenyon College di Gambier, Ohio .

Kembali ke Los Angeles , Cartwright memenangkan peran utama dalam film televisi Marian Rose White . Janet Maslin , seorang kritikus untuk The New York Times , menggambarkan Cartwright sebagai "seorang aktris yang gemuk, lamban, sedikit juling yang kealamiannya sangat menambah dampak film".  Cartwright menjawab dengan mengirimkan surat kepada Maslin yang menegaskan bahwa dia tidak juling, dan menyertakan sebuah foto.  Kemudian, Cartwright mengikuti audisi untuk peran Ethel, seorang gadis yang terjebak dalam dunia kartun di segmen ketiga Twilight Zone: The Movie . Dia bertemu dengan sutradara Joe Dantedan kemudian menggambarkannya sebagai "penggemar kartun total, dan begitu dia melihat resume saya dan melihat nama Daws Butler di atasnya, kami pergi dan berlari, berbagi anekdot tentang Daws dan animasi. Setelah sekitar dua puluh menit, dia berkata, ' mempertimbangkan latar belakang Anda, saya tidak melihat bagaimana saya bisa memilih siapa pun kecuali Anda di bagian ini! ' "  Itu adalah peran pertamanya dalam sebuah film layar lebar.  Segmen ini didasarkan pada episode serial televisi The Twilight Zone " It's a Good Life ", yang kemudian diparodikan dalam episode The Simpsons " Treehouse of Horror II " (1991).

Cartwright terus melakukan pekerjaan suara untuk proyek-proyek termasuk Pound Puppies , Popeye and Son , Snorks , My Little Pony dan Saturday Supercade .  Dia bergabung dengan " grup loop ", dan merekam vokal untuk karakter di latar belakang film, meskipun dalam banyak kasus suaranya dikecilkan sehingga sangat sedikit suaranya yang terdengar. Dia melakukan pekerjaan sulih suara kecil untuk beberapa film, termasuk The Clan of the Cave Bear (1986), Silverado (1985), Sixteen Candles (1984), Back to the Future Part II (1989), dan The Color Purple (1985) . Cartwright juga menyuarakan sepatu yang "dicelupkan" ke dalam asam di Who Framed Roger Rabbit (1988), menggambarkannya sebagai "adegan kematian di luar layar" pertamanya, dan bekerja untuk menyampaikan emosi yang terlibat dengan benar.

Pada tahun 1985, ia mengikuti audisi untuk tempat tamu sebagai Cynthia di Cheers . Audisi memintanya untuk mengucapkan dialognya dan keluar dari lokasi syuting. Cartwright memutuskan untuk mengambil kesempatan untuk menjadi berbeda dan terus berjalan, meninggalkan gedung dan kembali ke rumah. Kru produksi bingung, tetapi dia menerima bagian itu.  Untuk mencari pelatihan lebih sebagai aktris, Cartwright bergabung dengan kelas yang diajarkan oleh pelatih Hollywood Milton Katselas . Dia merekomendasikan agar Cartwright mempelajari La Strada , sebuah film Italia tahun 1956 yang dibintangi oleh Giulietta Masina dan disutradarai oleh Federico Fellini . Dia mulai menampilkan "setiap adegan yang bisa dibayangkan" dari La Stradadi kelasnya dan menghabiskan beberapa bulan mencoba untuk mengamankan hak untuk menghasilkan adaptasi panggung.  Dia mengunjungi Italia dengan tujuan bertemu Fellini dan meminta izinnya secara langsung. Meskipun mereka tidak pernah bertemu, Cartwright membuat jurnal perjalanan dan kemudian menulis drama satu wanita berjudul In Search of Fellini , sebagian didasarkan pada perjalanannya.  Drama tersebut ditulis bersama oleh Peter Kjenaas, dan Cartwright memenangkan Drama-Logue Award setelah menampilkannya di Los Angeles pada tahun 1995. Dalam sebuah wawancara tahun 1998, dia menyatakan niatnya untuk menjadikannya sebuah film fitur,  yang berhasil ia lakukan pada tahun 2017.

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Cartwright bertemu Warren Murphy , 24 tahun lebih tua darinya, pada hari ulang tahunnya pada tahun 1988 dan menikah dengannya dua bulan kemudian.  Dalam bukunya, dia menggambarkan Murphy sebagai "lagu tertawa pribadinya".  Pasangan ini memiliki dua anak, Lucy dan Jack, sebelum bercerai pada tahun 2002.

Cartwright dibesarkan sebagai Katolik Roma  tetapi bergabung dengan Gereja Scientology pada tahun 1991.  Ia dianugerahi Penghargaan Patron Laureate Scientology setelah menyumbangkan $10.000.000, hampir dua kali gaji tahunannya, kepada Gereja pada tahun 2007.

Cartwright adalah kontributor untuk Proyek Arsip Animasi ASIFA-Hollywood .  Pada bulan September 2007, Cartwright menerima Penghargaan Ikon Keinginan Make-a-Wish Foundation "atas dedikasinya yang luar biasa terhadap upaya penggalangan dana dan pemenuhan keinginan Yayasan."  Pada tahun 2005, Cartwright menciptakan beasiswa di Fairmont High School "yang dirancang untuk membantu [lulusan] Fairmont yang bermimpi mengikuti jejaknya dan belajar pidato, debat, drama atau musik" di Universitas Ohio .  Pada tahun 2005, Cartwright diberi gelar Walikota Kehormatan Northridge, California (lingkungan Los Angeles) oleh Kamar Dagang Northridge.

Pada tahun 2007, Cartwright menjalin hubungan romantis dengan kontraktor Stephen Brackett,  sesama anggota Scientology.  Pasangan ini berencana untuk menikah pada awal 2008,  tetapi Brackett meninggal pada Mei 2009, setelah ia "ternyata melompat" dari Jembatan Bixby Creek di Big Sur , California.

Pada tahun 2012, Cartwright menerima gelar doktor kehormatan dalam komunikasi dari Ohio University , di mana dia menjadi mahasiswa dari tahun 1976 hingga 1977 sebelum pindah ke UCLA.

Cartwright juga seorang pelukis, pematung dan dermawan. Dia ikut mendirikan aliansi Tahu Lebih Banyak Tentang Narkoba.

Filmografi[sunting | sunting sumber]

Film[sunting | sunting sumber]

Daftar penampilan akting dalam film layar lebar
Tahun Judul Peran Catatan
1983 Twilight Zone: The Movie Ethel
1985 Heaven Help Us Gadis menari Tidak dikreditkan
Flesh and Blood Kathleen
1988 Yellow Pages Stephanie Berjudul Going Underground di AS
1992 Petal to the Metal rusa rusa Film pendek
1998 Godzilla Sekretaris Caiman
2008 Struck Perawat Film pendek
2013 I Know That Voice Diri Dokumenter
2017 In Search of Fellini cosima Juga penulis

Televisi[sunting | sunting sumber]

Daftar pertunjukan akting di acara televisi
Tahun Judul Peran Catatan
1981 Skokie Karakter tanpa nama film televisi; tidak dikreditkan
1982 Marian Rose White Marian Rose White film televisi
The Rules of Marriage Jill Murray
Tucker's Witch Holly Episode 1.5: "Kasus Terminal"
1983 Deadly Lessons Libby Dekan film televisi
1983, 1984 Fame muffin Episode 2.23: "Pekan PBB" dan 3.9: "Rahasia"
1985 Not My Kid Jean film televisi
Cheers Cynthia Episode 4.5: "Mimpi Buruk Diane"
1986 Bridges to Cross Karakter tanpa nama Episode "Kenangan Molly"
1987 Our House Karakter tanpa nama Episode 1.22: "Menjadi Dewasa, Menjadi Tua"
Mr. Belvedere Gwen Episode 4.1: "Inisiasi"
1989 TV 101 Melinda Episode 1.5: "Di Jalan"
Empty Nest Ann Episode 1.13: "Air Mata Seorang Badut"
1993 Precious Victims Ruth Potter film televisi
Problem Child Betsy
1995 The Fresh Prince of Bel-Air Ruby Jillette Episode 5.21: "Simpan Trans Terakhir untukku"
Baywatch Nights Frances O'Reilly Episode 1.6: "976 Cara Mengatakan Aku Mencintaimu"
1996 Vows of Deception Terry film televisi
Suddenly Dell film televisi
2007 24 Jeannie Tyler Episode 6.11: "Hari 6: 4:00 sore - 5:00 sore"
2010 The Simpsons 20th Anniversary Special – In 3-D! On Ice! Dirinya sendiri

Bart Simpson (suara)

TV khusus
2012 FOX 25th Anniversary Special Bart Simpson (suara) TV khusus

Pranala luar[sunting | sunting sumber]


  1. ^ "News | The Scotsman". www.scotsman.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-01-25. 
  2. ^ "NancyCartwright.com : Biography Highlights". web.archive.org. 2008-05-11. Archived from the original on 2008-05-11. Diakses tanggal 2022-01-25. 
  3. ^ "Cincinnati News, Sports and Things to Do | Cincinnati Enquirer". The Enquirer (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-01-25.