Legetan, Bener, Purworejo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Legetan
Negara Indonesia
ProvinsiJawa Tengah
KabupatenPurworejo
KecamatanBener
Kodepos
54183
Kode Kemendagri33.06.16.2018 Edit the value on Wikidata
Luas... km²
Jumlah penduduk... jiwa
Kepadatan... jiwa/km²

Legetan adalah sebuah desa di kecamatan Bener, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, Indonesia. Jarak Desa Legetan adalah 4,8 Km berkendara kearah utara dan berjarak 15,7 Km dari pusat Kabupaten Purworejo melalui Loano. Desa Legetan berada diwilayah perbukitan dengan ketinggian 250-400 meter diatas permukaan air laut. Desa ini dibelah oleh Sungai Klopo, ada juga sungai Bengkal yang berada diantara desa Legetan dan desa guntur mengalir sampai daerah Loano kemudian menyatu dengan sungai Bogowonto.

Desa Legetan mayoritas penduduknya bermata pencaharian sebagai petani, peternak skala kecil, dan pekerja harian lepas. Namun ada juga yang berprofesi sebagai pedangang, wiraswasta, pengusaha, karyawan dan pegawai negeri (PNS/TNI/POLRI).

Masyarakat Desa Legetan sangat menyukai kesenian tradisional, terbukti dengan terdapatnya banyak kesenian lokal yang mengadopsi dari kesenian yang telah ada atau hasil kreasi dari masyarakat sendiri. Contoh kesenian yang populer di desa Legetan yaitu Dolalak Putri Langen Sari, Kesenian Jaranan, Kesenian Kubro, Kesenian Toyak Krida Yudha, Kesenian Hadrah, Kesenian Gedruk, Kesenian Sholawat Jowo. Selain Kesenian tradisional, pemuda Desa Legetan juga pernah mempunyai Band yang pernah mewakili Kecamatan Bener di tingkat Kabupaten Purworejo. Selain Band, Desa Legetan juga memiliki sebuah grub Dangdut yang cukup terkenal di Kecamatan Bener yaitu O.M AMARTA.

Dalam dunia olahraga, Desa Legetan juga tidak ketinggalan untuk gigi dengan club Voli andalannya yaitu PAMOR Volley Ball Club yang bermarkas di Lapangan Voli Dusun Kayangan. Prestasi yang didapat berasal dari banyak kompetisi Lokal baik kompetisi Lokal Kecamatan Bener, atau di luar Kecamatan bahkan Luar Kabupaten Purworejo seperti di Kecamatan Kepil, Kabupaten Wonosobo. Pemuda Desa Legetan juga mempunyai Club speda MTB XC/XC TRAIL yang cukup aktif yang mempunyai rute kandang di Tanggul Wangan Legetan Bike Park, di Dusun Ketawang sampai Dusun Planditan dan bercabang sesuai tingkat kesulitan apabila rute Medium nanti lewat Desa Limbangan dan finish di Bukit Besek, Dusun Kalipancer, Desa Guntur. Apabila lewat rute Semi Expert lewat Desa Sekowuwuh, lalu naik lewat hutan pinus Desa Sidomukti, belok ke bawah ke arah Desa Nglaris, lalu Desa Limbangan, dan finish di Bukit Besek.

Bagi Pecinta kuliner, di Desa Legetan terdapat beberapa rumah makan/warung yang menyediakan makanan yang dapat mengobati rasa lapar anda seperti Warung Inis yang menyediakan berbagai masakan/Minuman seperti Rawon, Soto, Penyetan, Tahu Isi, Wedank Uwuh, Wedang jahe, dll. Ada juga Angkringan Legetan yang di rintis oleh Pemerintah Desa Legetan guna mengembangkan usaha UMKM menyediakan Nasi Kucing, Sate Usus, Sate Puyuh, Tahu Bacem, Wedank Jahe, Susu Jahe, Kopi, dll. (Angga)

Batas wilayah[sunting | sunting sumber]

Batas-batas wilayahnya adalah sebagai berikut:

Utara Desa Limbangan dan Desa Sukowuwuh
Timur Desa Sukowuwuh dan Desa Ketosari
Selatan Desa Karangsari dan Desa Ketosari
Barat Desa Guntur

Pembagian Wilayah[sunting | sunting sumber]

  1. Dusun Bengkal
  2. Dusun Kayangan
  3. Dusun Ketawang
  4. Dusun Planditan
  5. Dusun Krajan (Legetan)
  6. Dusun Munggang
  7. Dusun Krendo

Aksesbilitas[sunting | sunting sumber]

Desa Legetan berada di jalur alternatif Purworejo-Wonosobo atau lebih dikenal dengan sebutan jalan Nglaris Kilometer 2,5-4,5. Jalan Nglaris merupakan persimpangan dari jalan provinsi ruas Magelang-Purworejo tepatnya di Kilometer 12, Gunung Puyuh, Desa Bener. Untuk berkunjung ke Desa Legetan, medan jalan pada umumnya yaitu berkelok dan menanjak jadi persiapkan kendaraan sebelum berkunjung ke Desa Legetan. Apabila ingin menggunakan angkutan umum, bisa naik Angkudes Jalur 18, yang berkumpul di terminal Angkudes di barat Pasar baledono.(Angga)

Panorama[sunting | sunting sumber]

Desa Legetan mesti bukan termasuk dalam Desa wisata di Kabupaten Purworejo namun juga memiliki keindahan panorama alam yang hanya bisa di saksikan terutama bagi pengguna jalan yang kebetulan melewati Desa Legetan. Keindahan panorama alam tersebut dapat di saksikan ketika berada di tanjakan Dusun Bengkal/Kayangan. Dari tempat itu pemandangan yang terlihat seperti Pegunungan Menoreh, Gunung Merapi, Gunung Sumbing, Gunung Sindoro, Gunung Merbabu, Bukit Geger Menjangan dan pusat Kota Kabupaten Purworejo. Waktu yang paling tepat untuk menikmati keindahan alam tersebut yaitu sekitar jam 05.00 ketika matahari mulai terbit. Selain itu di dusun krajan legetan ada beberapa curug yang bisa dibilang sangat bagus dan masih alami.(Angga)