Legetan, Bener, Purworejo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Legetan
Desa
Negara  Indonesia
Provinsi Jawa Tengah
Kabupaten Purworejo
Kecamatan Bener
Pemerintahan
 • Kepala desa -
Kodepos 54183
Luas ... km²
Jumlah penduduk ... jiwa
Kepadatan ... jiwa/km²

Legetan adalah sebuah desa di kecamatan Bener, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, Indonesia. Jarak Desa Legetan adalah 4,8 Km berkendara kearah utara dan berjarak 15,7 Km dari pusat Kabupaten Purworejo melalui Loano. Desa Legetan berada diwilayah perbukitan dengan ketinggian 250-400 meter diatas permukaan air laut. Desa ini dibelah oleh Sungai Klopo dan anak sungainya seperti Sungai Kempil dan Sungai Legetan. Di Desa Legetan memiliki wisata air terjun atau curug yaitu Curug Sepiter di Dusun Planditan.

Batas wilayah[sunting | sunting sumber]

Batas-batas wilayahnya adalah sebagai berikut:

Utara Desa Limbangan dan Desa Sukowuwuh
Selatan Desa Karangsari dan Desa Ketosari
Barat Desa Guntur
Timur Desa Sukowuwuh dan Desa Ketosari

Pembagian Wilayah[sunting | sunting sumber]

  1. Dusun Brengkol
  2. Dusun Kayangan
  3. Dusun Legetan Kulon
  4. Dusun Legetan Wetan
  5. Dusun Munggang
  6. Dusun Planditan

Aksesbilitas[sunting | sunting sumber]

Desa Legetan berada di jalur alternatif Purworejo-Wonosobo atau lebih dikenal dengan sebutan jalan Nglaris Kilometer 3. Jalan Nglaris merupakan persimpangan dari jalan provinsi ruas Magelang-Purworejo tepatnya di Kilometer 12, Gunung Puyuh, Desa Bener. Untuk berkunjung ke Desa Legetan, medan jalan yang umum yaitu berkelok dan menanjak jadi persiapkan kendaraan sebelum berkunjung ke Desa Legetan.

Panorama[sunting | sunting sumber]

Desa Legetan mesti bukan termasuk dalam Desa wisata di Kabupaten Purworejo namun juga memiliki keindahan panorama alam yang hanya bisa di saksikan terutama bagi pengguna jalan yang kebetulan melewati Desa Legetan. Keindahan panorama alam tersebut dapat di saksikan ketika berada di tanjakan Dusun Bengkal/Kayangan. Dari tempat itu pemandangan yang terlihat seperti Pegunungan Menoreh, Gunung Merapi, Gunung Sumbing, Gunung Sindoro, Gunung Merbabu, Bukit Geger Menjangan dan pusat Kota Kabupaten Purworejo. Waktu yang paling tepat untuk menikmati keindahan alam tersebut yaitu sekitar jam 05.00 ketika matahari mulai terbit.