Loano, Purworejo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Loano
Kecamatan
Negara Indonesia
ProvinsiJawa Tengah
KabupatenPurworejo
Luas53 km²
Kepadatan869
Desa/kelurahan21

Loano (bahasa Jawa: ꦭꦺꦴꦮꦤꦺꦴ, translit. Lowano) adalah salah satu kecamatan di Kabupaten Purworejo, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Kecamatan Loano yang berada di Kabupaten Purworejo, Provinsi Jawa Tengah berasal dari cerita yang dikenal dengan kitab kuno yang berjudul "Babad Tanah Loano".

Pada sekitar abad ke-13 Masehi telah berdiri kadipaten Loano. Nama Loano ini bermula dari kisah perjalanan Ki Betoro Loano yang mengembara hingga sampai ke pinggir Kali Bogowonto. Alkisah "Babad Tanah Loano" menjadi sering membumi bagi masyarakat Loano. Kisah yang paling menarik dari cerita Babad Tanah Loano adalah ketika Pangeran Anden Loano putra betoro Lowano menikah dengan Retno Marlangen yang berasal dari Majapahit, ternyata tidak mendapat tempat di hati Pangeran Joyokusumo. Kehidupan puteri yang telah menikah ini singkat cerita diganggu oleh pangeran ini. Hingga pada akhirnya antara Pangeran Anden Loano dengan Pangeran Jaya Kusuma menjadi panas sampai pada perang tanding, hingga Pangeran Anden Loano mengalami kekalahan. Pertarungan ini berlanjut sampai pada turun tangan dari Ki Betoro Loano. dan akibat dari perselisihan itu istilah loano menjadi dikenal, karena perdamaian hati antara keduanya terjadi di bawah pohon lo, loano sendiri dari kata kata di bawah pohon lo mereka bersapa dlm bahasa jawa sapa adalah wanoh, lo wanoh.

Adipati Loano adalah: Anden Loano I, Anden Loano II, Kanjeng Gusti Lowano, Tumenggung Gagak Pranolo I, Tumenggung Gagak Pranolo II,Tumenggung Gagak Pranolo III,Tumenggung Gagak Kumitir I, Tumenggung Gagak Kumitir II dan R.Ngabehi Gagak Handoko.

Desa/kelurahan[sunting | sunting sumber]

  1. Banyuasin Kembaran
  2. Banyuasin Separe
  3. Guyangan
  4. Jetis
  5. Kali Glagah
  6. Kalikalong
  7. Kalinongko
  8. Kalisemo
  9. Karangrejo
  10. Kebon Gunung
  11. Kedungpoh
  12. Kemejing
  13. Loano
  14. Maron
  15. Mudalrejo
  16. Ngargosari
  17. Rimun
  18. Sedayu
  19. Tepansari
  20. Tridadi
  21. Trirejo

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]