Laut Wadden

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Laut Wadden
13-09-29-nordfriesisches-wattenmeer-RalfR-19.jpg
Situs Warisan Dunia UNESCO
Kriteria Alami: viii, ix, x
Nomor identifikasi 1314
Tahun pengukuhan 2009 (sesi ke-33)
Perluasan 2014

Laut Wadden (bahasa Belanda: Waddenzee, bahasa Jerman: Wattenmeer, bahasa Jerman Hilir: Wattensee atau Waddenzee, bahasa Denmark: Vadehavet, bahasa Frisia: Waadsee, bahasa Frisia Utara: di Heef) adalah sebuah zona intertidal yang terletak di Laut Utara bagian tenggara. Laut ini terletak di antara pesisir Eropa barat laut dan Kepulauan Frisia. Laut ini terbentang dari Den Helder di barat laut Belanda hingga batas utara Skallingen di Denmark dengan panjang 500 km dan luas sebesar 10.000 km2. Laut Wadden sendiri merupakan perairan dangkal dengan daratan lumpur yang diendapkan oleh pasang dan lahan basah.

Kondisi geografis Laut Wadden sangat dipengaruhi oleh tanggul-tanggul yang dibangun oleh manusia.[1] Di Belanda laut ini terpisah dari IJsselmeer setelah pembangunan Afsluitdijk.

Pada tahun 2009, Laut Wadden di Belanda dan Jerman terdaftar sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO. Laut Wadden di Denmark juga menjadi Situs Warisan Dunia pada Juni 2014.[2][3]

Laut Wadden di Jerman menjadi latar novel The Riddle of the Sands karya Erskine Childers pada tahun 1903.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ C. Michael Hogan (2011). "Wadden Sea". Dalam P. Saundry; C. Cleveland. Encyclopedia of Earth. Washington DC: National Council for Science and the Environment. 
  2. ^ Wadden Sea World Heritage Site. Retrieved on 29 April 2010.
  3. ^ "Six new sites inscribed on World Heritage List". UNESCO. Diakses tanggal 23 June 2014. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Templat:Eropa-geo-stub