Lasalimu, Buton

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Lasalimu
Kecamatan
Negara Indonesia
ProvinsiSulawesi Tenggara
KabupatenButon
Pemerintahan
 • CamatANDI BARU S.Pd
Luas- 327.29km2
Kepadatan- 29.35jiwa/km²
Desa/kelurahan1.Desa Waoleona

2.Desa Kakenauwe 3.Desa Wagari 4.Desa Benteng 5.Desa Lawele 6.Desa Nambo 7.Desa Suandala 8.Desa Togo Mangura 9.Desa Sribatara 10.Kelurahan Kamaru 11.Desa Talaga Baru 12.Desa Lasembangi 13.Desa Bonelalo 14.Desa Wasuamba

15.Desa Wasambaa

Lasalimu adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara, Indonesia.

Luas dan batas wilayah[sunting | sunting sumber]

Kecamatan Lasalimu memiliki luas wilayah seluas ± 327.29 km², berbatasan dengan:

Utara Kabupaten Buton Utara
Timur Laut Banda
Selatan Kecamatan Pasar Wajo Kecamatan Lasalimu Selatan
Barat Kecamatan Kapontori

Topografi dan hidrologi[sunting | sunting sumber]

Kecamatan Lasalimu memiliki sungai–sungai, yaitu: Sungai Mompenga,batuawu,wakapongke,kalonde londe,panguno bisa di Desa Nambo(Lagunturu), Sungai Lakarima di Desa Lawele,

Permukaan tanah pegunungan yang relatif rendah ada juga yang bisa digunakan untuk usaha yang sebagian besar berada pada ketinggian 100–500 m di atas permukaan laut, kemiringan tanahnya mencapai 40º.

Iklim[sunting | sunting sumber]

Keadaan iklim di Wilayah Kecamatan Lasalimu hampir tidak berbeda dengan iklim yang ada di Kabupaten Buton, pengukuran iklim yang ada hanya di Stasion Meteorologi Kls III Betoambari.

Musim hujan terjadi di antara bulan Desember sampai dengan bulan April. Pada saat tersebut, angin barat betiup dari Benua Asia serta Lautan Pasifik banyak mengandung uap air. Musim kemarau terjadi antara bulan Juli dan September, pada bulan-bulan tersebut angin timur yang bertiup dari Benua Australia sifatnya kering dan kurang mengandung uap air. Khusus pada bulan April dan Mei di Daerah Kabupaten Buton arah angin tidak menentu, demikian pula dengan curah hujan, sehingga pada bulan-bulan ini dikenal sebagai musim pancaroba.

Jumlah penduduk[sunting | sunting sumber]

Penduduk Kecamatan Lasalimu menurut hasil Sensus Penduduk tahun 2013 berjumlah 9.775 jiwa. Penduduk laki-laki berjumlah 4.840 jiwa dan penduduk perempuan berjumlah 4.935 jiwa dengan kepadatan 29,35.

Industri, pertambangan, dan energi[sunting | sunting sumber]

Untuk industri besar mengalami perubahan jumlah bila dibandingkan dengan tahun 2003 di mana banyak Perusahaan Yang akan membangun Pabrik Aspal Alam Di Kecamatan Lasalimu Kecamatan Lasalimu sebenarnya memiliki potensi pertambangan yang cukup kaya namun pada umumnya yang baru diolah secara ekonomis adalah tambang aspal. Produksi aspal Buton pada tahun 2004 adalah sebesar 21.500 ton, meningkat 77,73% bila dibandingkan dengan tahun 2003 yang hanya mencapai 12.096,66 ton.