Lambeosaurus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Lambeosaurus
Periode Kapur Akhir (Kampanium), 76–75 jtyl

Kerangka L. lambei, dipajang di Museum Royal Ontario
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasReptilia
OrdoOrnithischia
FamiliHadrosauridae
GenusLambeosaurus
Parks, 1923
Tata nama
Sinonim takson
Genus synonymy
Species synonymy
  • Trachodon altidens
    Lambe, 1902
  • Procheneosaurus altidens
    (Lambe, 1942 [originally Trachodon])
  • Tetragonosaurus praeceps
    Parks, 1931 (conserved name) (type)
  • Procheneosaurus praeceps
    (Parks, 1931 [originally Tetragonosaurus]) (conserved name) (type)
  • Tetragonosaurus cranibrevis
    Sternberg, 1935
  • Procheneosaurus cranibrevis
    (Sternberg, 1935 [originally Tetragonosaurus])
  • Corythosaurus frontalis
    Parks, 1935
Other species
  • L. magnicristatus
    Sternberg, 1935
  • L. clavinitialis?
    Sternberg, 1935

Lambeosaurus (/ˌlæmbiəˈsɔːrəs/ lam-BEE-ə-SOR-əs,[1] berarti "Kadal Lambe") adalah genus dari dinosaurus hadrosaurida bipedal/kuadrupedal herbivora yang hidup di Amerika Utara sekitar 75 juta tahun lalu pada periode Kapur Akhir (kala Kampanium). Genus ini dapat dikenali dengan ciri khasnya yang distingtif, yaitu jambul kepalanya yang berongga, yang pada spesies yang paling umum dikenal berbentuk menyerupai cempal. Beberapa kemungkinan spesies dari Lambeosaurus sudah dinamai dari Kanada, Amerika Serikat dan Meksiko, namun hanya dua spesies asal Kanada yang dianggap valid.

Material yang relevan dengan genus ini pertamakali dinamai oleh Lawrence Lambe pada 1902. Lebih dari dua puluh tahun kemudian, nama moderennya diciptakan pada 1923 oleh William Parks sebagai penghormatan untuk Lambe, bedasarkan spesimen yang terawetkan lebih baik. Lambeosaurus memiliki sejarah taksonomi yang rumit, sebagian karena hadrosaurida bertubuh kecil berjambul yang sekarang diakui sebagai sebuah individu muda/remaja (juvenile), awalnya dianggap sebagai genera dan spesies mereka sendiri. Saat ini, berbagai tengkorak yang merujuk kepada spesies tipe L. lambei diinterpretasikan sebagai menunjukkan perbedaan usia dan dimorfisme seksual. Lambeosaurus berkerabat dekat dengan Corythosaurus yang lebih umum dikenali, yang ditemukan pada batuan yang lebih muda, beserta dengan genera yang lebih jarang diketahui lainnya yaitu Hyparcosaurus dan Olorotitan. Semuanya memiliki jambul yang tak biasa, yang sekarang dianggap sebagai memiliki fungsi sosial seperti membuat suara dan pengenalan diri.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Lambeosaurus". Lexico UK English Dictionary. Oxford University Press. Diarsipkan dari versi asli tanggal 25 July 2021.