Lompat ke isi

Hypsilophodon

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Hypsilophodon
Periode Kapur Awal, 130–125 jtyl

Replika fosil di Institut Sains Brussels
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasReptilia
OrdoOrnithischia
FamiliHypsilophodontidae
GenusHypsilophodon

Hypsilophodon (/ˌhɪpsɪˈlɒfdɒn/; berarti "gigi berjambul tinggi") adalah genus dari dinosaurus neornithischia yang hidup di wilayah yang sekarang merupakan Inggris Raya dan Romania, pada periode Kapur Awal. Secara tradisional Hypsilophodon dianggap sebagai anggota awal dari kelompok ornithopoda, namun studi terbaru mempertanyakan hal tersebut.

Sisa fosil pertama dari Hypsilophodon ditemukan pada 1849;[1] spesies tipenya, Hypsilophodon foxii, dinamai pada 1869. Penemuan fosil yang melimpah di Pulau Wight memberi impresi yang baik mengenai bentuk tubuh dari hewan ini. Hewan ini merupakan neornithischia yang kecil dan gesit, dan berjalan dengan dua kaki. Mereka merupakan sebuah herbivor, dengan kemungkinan diet omnivor. Panjangnya 1.5 sampai 2 meter, dan beratnya sekitar 20 kilogram. Hypsilophodon memiliki kepala berparuh tajam yang digunakan untuk menggigit material tumbuhan, seperti burung beo masa kini.

Beberapa studi yang ketinggalan zaman memberi beberapa miskonsepsi umum mengenai hewan ini, salahsatunya adalah ide bahwa Hypsilophodon memiliki zirah, hidup dipohon (arboreal), dan dapat ditemukan pada area diluar Pulau Wright. Penelitian dari tahun-tahun setelahnya menunjukkan bahwa ide tersebut salah.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ P.M. Galton, 2009, "Notes on Neocomian (Lower Cretaceous) ornithopod dinosaurs from England - Hypsilophodon, Valdosaurus, "Camptosaurus", "Iguanodon" - and referred specimens from Romania and elsewhere", Revue de Paléobiologie, Genève 28(1): 211-273