Lambe Turah

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Lambe Turah
LahirAnissa Azahra Assegaf (2016-2017)
 Indonesia
Kebangsaan Indonesia
Nama lainLambe Turah
Mommy
Minceu
Pekerjaanselebriti internet
Tahun aktif2015—sekarang
Dikenal atasSuka menyebarkan kejadian-kejadian viral di media sosial dan membahas seputar kehidupan selebriti (tokoh masyarakat)

Lambe Turah merupakan salah satu akun anonim populer di media sosial seperti Instagram, Twitter, Facebook , website dan YouTube yang membahas kehidupan selebriti dan kejadian-kejadian viral.

Nama akun ini berasal dari bahasa Jawa, yang digunakan untuk menggambarkan orang yang memiliki sifat ataupun watak seperti banyak mulut (cerewet), terlalu banyak berbicara, nyinyir, suka menggosip, dan mengumbar rahasia orang lain yang semestinya tidak disebarkan secera semena-mena. Arti dari kedua kata yang digabungkan ini, dapat mengacu kepada orang yang memiliki sifat dan watak tersebut. Istilah sekaligus julukan bersifat informal yang sudah dikenal sejak dahulu kala ini berasal dari dua kata, yakni "lambe" yang diartikan sebagai bibir untuk berbicara, serta "turah" yang berarti sisa dalam Bahasa Indonesia.[1]

Versi lain menyebutkan, bahwa kata "turah" bisa juga diartikan sebagai lebih/kelebihan (kelebihan bibir/mulut/berlebih (berlebihan)/kebanyakan sampai bersisa. Sehingga penggabungan kedua kata ini bisa berarti terlalu banyak membicarakan seseorang sampai informasinya 'tumpah-tumpah' karena 'berlebihan' dan juga mulut yang suka berlebihan dalam berbicara.

Kepopulerannya membuat akun yang sekarang ini dikelola oleh seseorang dengan panggilan Mommy dan ada juga yang dipanggil sebagai Minceu ini menjadi narasumber dan pengisi beberapa acara TV seperti Pagi Pagi Pasti Happy di Trans TV dan Selebrita di Trans7.[2] Bahkan, pada 2021 akun ini bekerjasama dengan Trans7 melahirkan sebuah program infotainmen baru bertajuk Lambe Tujuh yang dibawakan Robby Purba.[3][4] Ia juga sempat muncul di video Youtube-nya penyanyi Anji.[5] Sebelumnya, akun ini juga sempat dikelola oleh seorang perempuan bernama Annisa Azahra Assegaf (kadang disebut Nissa), namun karena ada masalah dengan si Mommy, akhirnya ia pun mengundurkan diri.

Acara TV[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Apa arti kata 'lambe turah'?
  2. ^ Hawari, Hanif. "Dikecam Ruben dan Kini Dibully karena 'Pagi-pagi Pasti Happy', Uya Kuya Cuek". detikhot. Diakses tanggal 2019-02-10. 
  3. ^ "@lambetujuh_trans7 di Instagram: "Sobat tujuh dan bala-bala minceu merapat!👄"". Instagram. Diakses tanggal 2021-02-15. 
  4. ^ MEDIA, PT AKURAT SENTRA; www.akurat.co. "Robby Purba Ngamuk dan Dorong Seorang Pramusaji, Ternyata Cuma Setingan". akurat.co. Diakses tanggal 2021-02-15. 
  5. ^ dunia MANJI, LAMBE TURAH DAN MUSIK INDONESIA! Interview Eksklusif, diakses tanggal 2019-02-10 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]