Lalat kadis

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lalat kadis
Rentang fosil: Triassic–Recent
Sericostoma personatum
Klasifikasi ilmiah
Domain:
Kerajaan:
Filum:
Kelas:
Ordo:
Trichoptera

Kirby, 1813
Famili

Lihat teks

Lalat kadis (ordo Trichoptera) adalah sekelompok serangga dengan larva akuatik dan dewasa terestrial. Ada sekitar 14.500 spesies yang telah dideskripsikan, sebagian besarnya dapat dibagi menjadi subordo Integripalpia dan Annulipalpia berdasarkan bagian mulut dewasa. Larva Integripalpia membangun selubung portabel untuk melindungi diri mereka sendiri saat mereka bergerak mencari makanan, sementara larva Annulipalpia membuat tempat peristirahatan tetap di mana mereka tinggal dan menunggu makanan datang kepada mereka. Afinitas dari subordo ketiga kecil yakni Spicipalpia tidak jelas, dan analisis molekuler menunjukkan bahwa subordo itu mungkin bukan monofili. Bentuknya mirip ngengat dengan dua pasang sayap membran berbulu. Mereka berkerabat dekat dengan ordo Lepidoptera (ngengat dan kupu-kupu) yang memiliki sisik di sayapnya. Lepidoptera dan lalat kadis bersama-sama membentuk superordo Amphiesmenoptera.

Larvanya ditemukan di berbagai habitat seperti sungai, danau, kolam, rembesan mata air, dan perairan sementara (kolam musim semi), dan bahkan lautan.[1][2][3] Larva dari kebanyakan spesiesnya menggunakan sutera untuk membuat pelindung yang seringkali diperkuat dengan kerikil, pasir, ranting, potongan tanaman yang digigit, atau kotoran. Larvanya menunjukkan berbagai strategi makan, dengan spesies berbeda menjadi predator, penghancur daun, penggembala alga, atau pengumpul partikel dari kolom air dan bentos. Kebanyakan lalat kadis dewasa memiliki umur pendek di mana mereka tidak makan.

Dalam memancing, lalat kadis buatan diikat sebagai tiruan lalat kadis dewasa, sedangkan larva dan kepompong digunakan sebagai umpan. Genera umum dan tersebar luas seperti Helicopsyche dan Hydropsyche penting dalam olahraga, di mana lalat kadis dikenal sebagai "sedges". Lalat kadis berguna sebagai bioindikator, karena sensitif terhadap pencemaran air dan cukup besar untuk dinilai di lapangan. Dalam seni, seniman asal Prancis yakni Hubert Duprat telah menciptakan karya dengan menyediakan larva lalat kadis dengan butiran kecil emas dan batu berharga untuk mereka buat menjadi kotak dekoratif.

Daftar Famili[4][sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Glenn B. Wiggins, Larvae of the North American Caddisfly General (Trichoptera), 2nd. ed. (Toronto: University Press, 1996), p. 3
  2. ^ Marine Parasitology
  3. ^ New Scientist 19. feb 1981
  4. ^ Gullan, P.J.; Cranston, P.S. (2010). The Insects: An Outline of Entomology (edisi ke-4th). Wiley. hlm. 522–523. ISBN 978-1-118-84615-5.