Kuntilanak 2 (film 2007)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Kuntilanak 2 (film))
Kuntilanak 2
SutradaraRizal Mantovani
ProduserRaam Punjabi
SkenarioVe Handojo
CeritaRizal Mantovani
Ve Handojo
PemeranJulie Estelle
Evan Sanders
Ibnu Jamil
Lita Soewardi
Piet Pagau
Bella Esperance
Cindy Valerie
Sutan Amanullah
Penata musikAndi Rianto
SinematograferUche T. Santoso
PenyuntingAdrian Nugraha
Perusahaan
produksi
DistributorMulti Vision Plus
Tanggal rilis
  • 10 Oktober 2007 (2007-10-10)
Durasi116 menit
NegaraIndonesia
BahasaBahasa Indonesia
PrekuelKuntilanak (2006)
SekuelKuntilanak 3 (2008)

Kuntilanak 2 adalah film horor Indonesia 2007. Film yang disutradarai oleh Rizal Mantovani ini dibintangi oleh Julie Estelle, Evan Sanders, Ibnu Jamil, Lita Soewardi, Piet Pagau, Bella Esperance, Cindy Valerie dan Sutan Amanullah. Sekuel film ini berjudul Kuntilanak 3 dirilis pada tahun 2008.

Plot[sunting | sunting sumber]

Setelah peristiwa dalam film sebelumnya, Sam (Julie Estelle) telah putus dengan Agung (Evan Sanders) dan ia saat ini berada dalam dilema dalam memperjuangkan jati dirinya dari sisi gelapnya yang semakin kuat kendati adanya wangsit kuntilanak. Jati diri tersebut berhasrat untuk membunuh sebanyak mungkin orang-orang dengan memanggil kuntilanak. Sam juga sering bermimpi tentang orang-orang yang dibunuh oleh kuntilanak, seperti sahabatnya, Dinda (Ratu Felisha), serta cicit Mangkoedjiwo, Sri Sukma (Alice Iskak), yang menyesal telah menggunakan kuntilanak. Saat ini, Sam tinggal di kos sebuah keluarga pedagang Tionghoa. Putri dari keluarga tersebut, Yenny (Cindy Valerie), langsung takut saat ia bertemu Sam, tetapi orang tuanya tak tahu alasannya. Di sisi lain, sisa-sisa pengikut sekte Mangkoedjiwo, yang baru kehilangan Sri Sukma, berhadapan dengan banyak masalah karena mereka tak dapat menguasai kuntilanak lagi. Mereka berencana memaksa Sam yang mempunyai wangsit untuk masuk dalam sekte mereka untuk melanjutkan rencana-rencana keji mereka dengan melacak Yanti (Lita Soewardi), asisten Sri Sukma dan mantan ibu kos Sam yang bersembunyi sejak Sri Sukma tewas terbunuh. Sementara itu, Agung (Evan Sanders), menjadi depresi karena ia pernah diculik kuntilanak. Agung kemudian dibujuk oleh sahabatnya, Iwank (Ibnu Jamil), untuk bertemu kembali dengan Sam serta menghancurkan masalahnya dari akarnya melalui penyelidikannya tentang sekte Mangkoedjiwo. Suatu malam, Sam menelepon Iwank dan menembangkan durmo hingga Iwank pun tewas karena kecelakaan saat memasak. Hal ini memotivasi Agung untuk mencari Sam. Di malam yang lain, Sam berhadapan dengan sisi gelapnya yang ingin mengambil alih tubuh Sam, tetapi Sam berhasil mengalahkannya.

Setelah pencarian yang panjang, Agung berhasil melacak dan menemui Sam yang baru saja pulang mengunjungi makam ibunya, Mega N. Widjoko. Sam awalnya tak ingin Agung mencampuri urusannya, tetapi setelah dibujuk dan berpikir, Sam memperbolehkannya dan mereka berdua berdamai. Melalui hasil penyelidikan Iwank, Sam dan Agung menemukan tulisan "Oejong Sedo" yang merupakan nama tempat asal usul wangsit kuntilanak. Sam dan Agung menemui Yanti, yang sebelumnya sudah menghubungi Sam melalui penglihatan supaya ia mengunjunginya. Yanti memberitahu bahwa sekte Mangkoedjiwo telah mencari Sam untuk bergabung dalam sekte mereka dan serta bahwa kuntilanak semakin leluasa dalam kendali Sam dan akan berbalik menyerangnya pada akhirnya sejak Sam menghancurkan cermin-cermin untuk memanggil kuntilanak. Saat Sam bertanya bagaimana cara menghentikan masalah tersebut, Yanti bertanya kapan Sam terakhir mengunjungi makam ibunya. Sesaat kemudian, tiga pengikut sekte Mangkoedjiwo datang dan membunuh Yanti, tetapi Sam menembangkan durmo untuk memanggil kuntilanak yang membunuh dua dari mereka.

Sam dan Agung bersembunyi di kos Sam. Mereka dibantu oleh kakek Yenny (Sutan Amanullah), tetapi sang kakek terungkap sebagai salah satu pengikut sekte Mangkoedjiwo. Setelah membunuh kedua orang tua Yenny, sekte Mangkoedjiwo menangkap Sam, Agung dan Yenny, lalu membawa mereka bertiga ke tempat pertemuan sekte. Di sana, Sam dipaksa untuk mengeluarkan amarahnya supaya para pengikut sekte dapat mengajari Sam mengendalikan pemanggilan. Agung terluka parah saat diserang oleh salah satu pengikut sekte, tetapi ia dapat meyakinkan Sam dalam bawah sadarnya untuk menemukan jati dirinya yang benar sebelum Agung tewas. Menetapkan pilihannya, Sam menyuruh kuntilanak untuk membunuh seluruh pengikut sekte Mangkoedjiwo sementara ia kabur bersama Yenny, tetapi di halaman gedung, Yenny diculik oleh kuntilanak, meninggalkan Sam yang kebingungan bertemu dengan ibunya (Ida Iasha) secara tiba-tiba.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Pemeran Peran
Julie Estelle Samantha
Evan Sanders Agung
Ibnu Jamil Iwank
Lita Soewardi Yanti
Piet Pagau Madeng
Bella Esperance Ening
Cindy Valerie Yenny
Sutan Amanullah Kakek Yenny
Raja Intan Permata Acil
Joselito Poulli Bobo
Salshabilla Adriani Upik
Alice Iskak Sri Sukma
Ratu Felisha Dinda
Eron Lebang Alfond
Ully Triani Mawar
Ida Iasha Mega N. Widjoko

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Sekuel Kuntilanak
Kuntilanak | Kuntilanak 2 | Kuntilanak 3