Kunci inggris

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Chrome Vanadium Adjustable Wrench.jpg
From the bottom: 1. The first adjustable wrench from 1892 (Enköping Mekaniska Verkstad)
2. Adjustable wrench from 1910 with an improved handle (BAHCO)
3. Adjustable wrench from 1914 with a slightly rounder handle (BAHCO)
4. Adjustable wrench from 1954 with improved handle and new jaw angle of 15 degrees (BAHCO)
5. Adjustable wrench from 1984 and the first with ERGO handle (BAHCO)
6. Today's version of the adjustable wrench from 1992 with ERGO (BAHCO)

Kunci inggris atau adjustable spanner atau adjustable wrench adalah kunci untuk melepas atau memasang mur/baut yang dapat disetel menyempit atau melebar menyesuaikan dengan ukuran mur atau bautnya. konstruksinya terdiri dari rahang diam, rahang geser ulir penyetel dan lengan.

Apabila ulir penyetel diputar rahang geser akan bergerak menyempit atau melebar.

Di beberapa negara Eropa seperti Prancis, Jerman, Portugal, Spanyol, Italia, dan juga Belanda, adjustable spanner memang disebut dengan “english key”. Alasannya adalah karena perkakas tersebut ditemukan oleh insinyur Inggris bernama Richard Clyburn pada tahun 1842. Karena Indonesia dulu dijajah Belanda, maka tak heran bila kemudian terjemahan perkakas tersebut ke dalam bahasa Indonesia jadi “kunci inggris”.

Padahal sebenarnya kunci inggris yang dikenal sekarang ini adalah hasil penyempurnaan dari english key yang diciptakan oleh Richard Clyburn tersebut dan yang melakukan penyempurnaan adalah Johan Petter Johansson dari Swedia. Maka tak heran di negara Denmark, Polandia, dan Israel, kunci tersebut dikenal dengan nama “Swedish Key”.

Fungsi Kunci Inggris[sunting | sunting sumber]

Kunci inggris adalah kunci yang digunakan secara umum. Kunci inggris dapat digunakan untuk melepas atau mengencangkan mur atau baut dimana ukuran kunci pas dan ring tidak ada yang sesuai, tetapi kunci ini tidak ditujukan untuk beban berat. Kunci inggris harus benar-benar sesuai dengan ukuran mur atau baut tanpa membuat kepala mur dan baut menjadi bulat.

Desain konstruksi[sunting | sunting sumber]

Konstruksinya merupaka kunci pas yang dapat diatur, rahangnya dapat bergerak untuk menyesuaikan berbagai ukuran mur dalam rentang tertentu. Kunci inggris dari bahan campuran baja berkualitas tinggi untuk mendapatkan kekuatan dan kehandalan.

Satu dari rahangnya bersatu dengan gagangnya dan tidak dapat digerakan dan rahang yang lainnya bebas bergerak pada gagangya. Sebuah perangkat digunakan untuk mengunci rahang yang bebas bergerak tersebut pada posisi yang diperlukan, kunci inggris ini dibuat dari baja tempa berkualitas tinggi dan permukaanya dilapisi khrom atau difurnish hitang agar tahan lama.

Spesifikasi ukuran[sunting | sunting sumber]

Rahang tetapnya dibentuk lima derajat terhadap gagang. Gigi lurus sebagai tempat rahang bebas di dalam gagang. Pena pasak yang dikartel memposisikan pengatur di dalam gagang sehingga pena tersebut terpasang dengan gigi pada rack (gigi lurus).

Pengatur yang di kartel digunakan untuk mengatur rahang pada posisi antara nol sampai yang terlebar. Panjangnya dapat mulai 100 mm sampai 450 mm. Digunakan bila kunci pas yang tepat tidak dapat digunakan.

Referensi[sunting | sunting sumber]