Kulfi (seri televisi)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Kullfi Kumarr Bajewala
कुल्फ़ी कुमार बाजेवाला
GenreDrama
PembuatNilanjana Purkayasstha
Gul Khan
Ditulis oleh
  • Cerita:
  • Sahana
  • Faizal Akhtar
  • Lakshmi Jayakumar
  • Swechchha Bhagat
  • Pallavi Mehta
  • Dialog:
  • Divy Nidhi Sharma (Dialog & Lirik)
  • Aparajita Sharma (Dialog)
SutradaraPradeep Yadav
Pengarah kreatifYashvardhan Shukla
Ketki WalWalkar
PemeranAakriti Sharma
Mohit Malik
Anjali Anand
Myra Singh
Vishal Aditya Singh
Shruti Sharma
Lagu pembuka"Pet Bechara" Karya Rashi Salil Harmalkar
Penata musikSargam Jassu
Nakash Aziz
Negara asalIndia
Bahasa asliHindi
Jmlh. musim1
Jmlh. episode494
Produksi
ProduserGul Khan
Karishma Jain
Nilanjana Purkayasstha
Herumb Khot
Lokasi produksiMumbai
Pathankot
SinematografiSandeep Yadav
Mohseen Swan
Pengaturan kameraMultiple-camera setup
Durasi21 menit
Rumah produksi4 Lions Films
Invictus T Mediaworks
Rilis asli
JaringanStar Plus
Hotstar
Rilis19 Maret 2018 (2018-03-19) –
7 Februari 2020 (2020-2-7)[1]
Acara terkait
Potol Kumar Gaanwala
Mouna Raagam

Kullfi Kumarr Bajewala (aksara Dewanagari: कुल्फ़ी कुमार बाजेवाला) (Bahasa Indonesia: Kullfi Kumarr sang Musisi) adalah serial televisi drama musikal India yang tayang dari 19 Maret 2018 hingga 7 Februari 2020 di Star Plus.[2] Diproduksi oleh Gul Khan, Karishma Jain dan Nilanjana Purkayasstha, serial ini disutradarai oleh Pradeep Yadav dan ditulis oleh Sahana dan Faizal Akhtar. Serial ini dibintangi oleh Aakriti Sharma, Mohit Malik, Anjali Dinesh Anand, Myra Singh, dan Vishal Aditya Singh.

Soundtracknya disusun oleh Sargam Jassu dan Nakash Aziz, dengan lirik yang ditulis oleh Shashank Kunwar, Divyanidhi Sharma, dan diedit oleh Satya Sharma. Ini adalah pembuatan ulang dari serial televisi Bengali, Potol Kumar Gaanwala.[3]

Penayangan di Indonesia[sunting | sunting sumber]

Musim Episode Awalnya Ditayangkan Keterangan Saluran TV
Pertama Ditayangkan Terakhir Ditayangkan
1 145 11 Januari 2021 (2021-01-11) 6 Juni 2021 (2021-6-6) Tayang Perdana ANTV
1 92 10 Januari 2022 (2022-01-10) 20 Mei 2022 (2022-5-20) Tayang Ulang

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Di masa lalu, penyanyi pemula Sikandar Singh Gill (Mohit Malik) jatuh cinta pada Nimrat Kaur (Shruti Sharma), seorang gadis desa yang lugu kemudian mereka menikah diam-diam. Saat karirnya naik Sikandar dipaksa untuk memilih antara Nimrat atau karirnya. Sikandar memilih karirnya dan meninggalkan Nimrat. Kemudian dia menikah lagi dengan Loveleen yang kaya, atau dipanggil "Lovely" Chaddha (Anjali Anand), tetapi Sikandar tidak menyadari bahwa Nimrat sedang hamil.

Belakangan, Lovely melahirkan seorang putri bernama Amyra Singh (Myra Singh) dan memanjakannya. Di tempat lain, putri Nimrat yang bernama Kullfi Singh Gill (Aakriti Sharma) tidak tahu jika Sikandar adalah ayahnya, sedangkan Kullfi bercita-cita menjadi penyanyi seperti Sikandar. Nimrat tinggal di desanya Pathankot bersama Kullfi, saudara laki-lakinya Sittu (Romanch Mehta) dan saudara iparnya Nihalo (Pallavi Rao) yang membenci Kullfi dan Nimrat tetapi ingin memanfaatkan bakat Kullfi.

Nimrat terkena kanker. Suatu hari saat mencari Kullfi, dia ditabrak mobil Lovely dan meninggal. Karena Nihalo berencana menjual Kullfi karena bakatnya, Sittu membantunya melarikan diri. Menyamar sebagai anak laki-laki, Kullfi tiba di Mumbai dan secara tidak sengaja mencapai rumah Sikandar. Lovely terus memutuskan untuk menggunakan suara Kullfi, agar Amyra sukses menjadi penyanyi.

Belakangan, Sikandar mengetahui bahwa Lovely telah melakukan lip-sync pada suara Kullfi untuk Amyra. Saat bertengkar, Lovely secara tidak sengaja mengungkapkan bahwa Nimrat melahirkan seorang putri Sikandar tetapi membuatnya berjanji bahwa dia tidak akan pergi menjaganya. Saudara laki-laki Sikandar, Mahinder Singh Gill (Rudra Kaushish), memutuskan untuk membantunya. Sikandar memutuskan untuk mengajarkan musik kepada Amyra dan Kullfi.

Mahinder mengetahui bahwa Kullfi adalah putri Sikandar tetapi diminta oleh ibu mereka Sushila (Vidya Sinha) untuk merahasiakannya. Masuklah Tevar Singh (Vishal Aditya Singh), penyanyi sukses dan mantan pacar Lovely. Terungkap bahwa Amyra adalah putri dari Lovely dan Tevar melalui perselingkuhan masa lalu mereka.

Kullfi mengalami kecelakaan dan dibawa ke rumah sakit. Kullfi di-operasi oleh dokter junior yang dipaksa Sikandar untuk mengoperasi Kullfi. Perawat menyuruh Sikandar untuk menandatangani surat kematian Kullfi saat Kullfi bertemu ibunya di surga dan ibunya bilang kalau kebenaran tentang ayah Kullfi berada di buku di dalam bungkusan ibunya sebelum Kullfi hidup lagi setelah "mati suri" dan Sikandar tidak jadi menandatangani suratnya. Setelah sadar, Kullfi meminta Sikandar untuk membawa bungkusan ibunya sesuai perkataan ibunya. Sushila membawakannya dan Lovely mengalihkan perhatian Sushila dengan memencet tombol darurat dan mengambil bungkusan itu. Lovely menemukan kebenaran Kullfi bahwa Sikandar adalah ayahnya dan mengancam Mahinder bahwa dia akan bunuh diri dan Amyra jika dia mengungkapkan kebenaran tentang keturunan Kullfi kepada Sikandar.

Lovely menyesatkan Tevar agar percaya bahwa Kullfi adalah anak mereka dan Nimrat telah mengadopsinya. Karena emosional mengetahui bahwa Kullfi adalah putrinya, Tevar memutuskan untuk mengadopsinya secara resmi. Rencana Lovely berhasil dan Kullfi pergi untuk tinggal bersama Tevar. Istri Mahinder, Gunjan, menguping percakapan Lovely dan mengetahui kebenarannya.

Lovely mencoba menghentikan Gunjan untuk mengungkapkan kebenaran. Kemudian, Lovely mendorong Gunjan, Gunjan jatuh dan lumpuh. Sikandar menyimpulkan bahwa Amyra adalah putri tirinya. Lovely memohon kepada Sikandar untuk tidak mengungkapkan apapun kepada Amyra dan menerimanya. Melihat ketertarikan Tevar yang tulus pada Kullfi, Sikandar merahasiakannya untuk dirinya sendiri.

Sittu memberi tahu Kullfi bahwa Sikandar adalah ayahnya. Merasa tidak aman, Lovely meracuni Amyra dan memanipulasi semua orang agar setuju untuk mengirim Kullfi ke sekolah asrama. Semangat Nimrat menuntun Sikandar ke buku harian aslinya. Sikandar menyadari Kullfi adalah putrinya. Dengan panik, dia mencoba menemukan Kullfi yang dikirim ke rumah pusat rehabilitasi anak-anak yang nakal oleh Lovely.

Kullfi dianiaya oleh supervisor Ammaji. Dia bertemu dengan lima anak Rocket, Zinda, Chittu, Bansi dan Saraswati. Lambat laun, mereka menjadi teman dan berjuang untuk melarikan diri dari pusat rehabilitasi anak-anak. Mereka berhasil melalui bantuan pembantu Ammaji dan pergi ke rumah Kullfi. Sikandar menolak menerima Kullfi karena janjinya kepada Amyra.

Kaget, Kullfi kabur bersama teman-temannya. Mahinder memutuskan untuk mengadopsi Kullfi secara legal. Sikandar malu dengan perbuatannya dan mencoba yang terbaik untuk memenangkan kembali Kullfi. Setelah kabur dari rumahnya, Kullfi mengikuti kontes menyanyi bernama Little superstar yang juga diikuti oleh Amyra. Amyra dan Kullfi menjadi finalis kontes dan Kulfi memenangkan kontes.

Beberapa bulan kemudian[sunting | sunting sumber]

Sikandar kehilangan ingatannya dalam sebuah kecelakaan dan karena beberapa kesalahpahaman, Chandan Chor menggantikan Sikandar. Sikandar tinggal bersama seorang janda bernama Dr. Nandini (Iris Maity) yang menemukan Sikander di tempat kecelakaan dan membawanya ke rumah sakit tetapi dia tidak dapat menyembuhkannya. Sekarang Sikandar tinggal bersama Dr. Nandini dan putrinya Pakhi. Dr. Nandini memanggilnya Bhola karena dia tidak tahu apa-apa tentang dirinya sendiri. Karena Nandini adalah seorang janda, dia memberi tahu Pakhi bahwa Bhola adalah ayahnya. Sikandar mendapatkan kembali ingatannya ketika Kullfi mencoba mengingatkannya tentang masa lalunya di sekolah musik dengan bernyanyi tentang masa lalunya. Chandan menculik Amyra tetapi Sikandar menemukannya dan keluarganya bersatu kembali. Saat konser, Sikandar mengaku kepada dunia bahwa Kullfi adalah putrinya. Amyra senang memiliki Kullfi dalam hidupnya selamanya.

Setelah itu, entah bagaimana Lovely terbukti bersalah karena membunuh Nimrat oleh Sikandar dan Gunjan karena dia dipenjara selama 8 tahun berikutnya. Jimmy diperkenalkan. Dia menyebabkan kekacauan dalam kehidupan Sikandar, Kullfi dan Amyra, membuat mereka diusir dari rumah mereka dan Amyra diculik.

Kullfi dan Sikandar menyelamatkan Amyra dengan bantuan Lovely yang kabur dari penjara untuk membantu mereka. Sikandar mengetahui bahwa kesehatannya memburuk dan dia akan segera meninggal, jadi dia berusaha memperbaiki keadaan untuk Kullfi dan Amyra. Kullfi mengetahui kebenaran dan merawatnya. Kemudian, mereka mendapatkan rumah mereka kembali dari Jimmy dengan kembali Lovely yang ingin menyingkirkan Kullfi sekali lagi.

Lovely dan ibunya Cutie mengubah Amyra melawan Kullfi. Mereka menyalahkannya atas kesehatan Sikandar yang memburuk. Lovely sendiri adalah pelakunya. Sementara itu, Kullfi menemui Chalu yang membantunya mengungkap Lovely, bertemu kembali dengan Amyra, dan merawat Sikandar.

Dalam upaya terakhir untuk membunuh Sikandar, Jimmy mencoba menembaknya. Menyadari kesalahannya, Lovely masuk di antaranya, tertembak dan mati. Pertunjukan diakhiri dengan Sikandar yang dengan gembira bernyanyi bersama Kullfi dan Amyra saat mereka menatap bintang-bintang di mana Kullfi mengatakan ibu mereka berada di antara bintang-bintang dan telah menjadi bintang sekarang.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Utama[sunting | sunting sumber]

  • Aakriti Sharma sebagai Kullfi Singh Gill: putri Nimrat dan Sikandar; Putri tiri Lovely; Kakak tiri Amyra (2018-2020)[4]
  • Mohit Malik sebagai Sikandar Singh Gill: mantan suami Nimrat; Ayah Kullfi; Suami Loveleen; Ayah tiri Amyra (2018-2020)[5]
  • Anjali Dinesh Anand sebagai Loveleen "Lovely" Sikandar Singh Gill: mantan pacar Tevar; Ibu Amyra; Kulfis ibu tiri; Istri Sikandar (2018-2020) (Mati)[6]
  • Myra Singh sebagai Amrya Singh Gill: Putri Cantik dan Tevar; Putri tiri Sikandar; Kakak tiri Kulfi (2018-2020)[7]

Pendukung[sunting | sunting sumber]

  • Shruti Sharma sebagai Nimrat Kumarr Kaur: mantan istri Sikandar; Ibu Kullfi (2018–2019) (Mati)[8]
  • Romanch Mehta sebagai Sittu Kumar: saudara Nimrat; Suami Nihalo; Paman Kullfi (2018-2020)
  • Pallavi Rao sebagai Nihalo Kumarr Kaur: istri Sattu; Bibi Kullfi (2018-2020)[9]
  • Vidya Sinha sebagai Sushila Devi Gill: Mahinder dan ibu Sikandar; Nenek Kullfi (2018–2019)
  • Rudra Kaushish sebagai Mahinder Singh Gill: Kakak Sikandar; Paman Kullfi (2018-2020)
  • Ishrat Jahan sebagai Gunjan Singh Gill: istri Mahinder; Bibi Kullfi (2018-2020)
  • Sunila Karambelkar sebagai Cutie Chaddha: Ibu cantik, nenek Amyra (2018-2020)
  • Mehul Buch sebagai Tony Chadda: suami Cutie, ayah Loveleen (2018-2020)
  • Ashwin Mushran sebagai Roshan Kumar: Music director (2018)
  • Vishal Aditya Singh sebagai Tevar Singh: mantan pacar Loveleen; Ayah Amyra (2018)[10]
  • Shafaq Naaz sebagai Niyati Khanna (2018)[11]
  • Kanishka Soni sebagai Redkar (2018)[12]
  • Iris Maity sebagai Dr. Nandini (2019)
  • Priyamvada Kant sebagai Namrata: sepupu Gunjan; Kekasih Sikandar (2019) [13]
  • Mrinmai Kolwalkar sebagai Minty: Teman Lovely
  • Mallika Nayak sebagai Ammaji: Kepala sekolah asrama (2019)
  • Viraj Kapoor sebagai Rocket Bhai: teman Kullfi (2019)
  • Hemant Choudhary sebagai Advokat Adi Irani: Pengacara Lovely
  • Rajeev Bhardwaj sebagai David D'Souza: suami Susan; Penculik Kullfi (2018)[14]
  • Sudeepta Singh sebagai Susan D'Souza: David's wife (2018)
  • Riney Aryaa sebagai Irina: (aktris mendatang) (2019)
  • Rajat Sharma sebagai Gaitonde: Videografer
  • Mona Vasu sebagai Mia (2019)
  • Romit Raj sebagai Vikram Ahuja (2019)
  • Sulakshana Khatri (2019–2020)
  • Vindhya Tiwari sebagai Chalu (2020)

Tamu[sunting | sunting sumber]

Produksi[sunting | sunting sumber]

Pengembangan[sunting | sunting sumber]

Lokasi syuting di Mumbai

Kullfi Kumarr Bajewala adalah adaptasi dari pertunjukan Bengali, Potol Kumar Gaanwala.[20] Perusahaan produksi, 4 Lions Films berurusan dengan Shree Venkatesh Films untuk membuat ulang acara tersebut dalam bahasa Hindi di bawah distributor Star India. Distributor layanan streaming Hotstar berada di bawah Novi Digital Entertainment.[21] Pertunjukan ini disutradarai oleh Pradeep Yadava dan Yashraj Shukla.[22] Staf produksi acara dapat menghasilkan sebuah episode dalam waktu sekitar tiga minggu. Sutradara fotografi adalah Sandeep dan Yadav Mohseen Swan, yang menyediakan sinematografi untuk setiap episodenya. Kru menggunakan 5 kamera kecil khusus untuk Efek Visual dan Konfigurasi beberapa kamera dipasang dalam 180 derajat.[23] Saat ini, pertunjukan ini berlatar di Mumbai dan Pathankot. Aktor Mohit Mallik berkata tentang produksi Gul Khan, "Saya telah bekerja dengan Gul Khan sebelumnya di Suvreen Guggal. Kami ingin bekerja sama sejak lama. Dia adalah orang yang kreatif dan hanya satu panggilan."[24]

Pada Januari 2020, lompatan dalam alur cerita diputuskan sementara Mohit Mallik memutuskan untuk berhenti.[25] Tapi segera dibatalkan dan dia tidak berhenti. Laporan tersebut menyatakan, "Star Plus mengaudisi beberapa gadis untuk memerankan Kullfi dan Amyra dan juga pria untuk peran Sikandar. Namun, mereka tidak dapat menemukan aktor yang cocok untuk memainkan peran utama dalam pertunjukan tersebut. Sampai sekarang, 'Kulfi Kumar Bajewala' tidak akan mengambil lompatan."[26]

Pengecoran[sunting | sunting sumber]

Karakter utama pertunjukan, Kullfi dan Sikandar Singh Gill, adalah inti dari konsepnya Kullfi Kumarr Bajewala.[27] Karakter ini diambil dari serial televisi asli Poteshwari dan Sujon Kumar Malik dari serial televisi Potol Kumar Gaanwala. Peran karakter anak Kullfi dimainkan oleh Aakriti Sharma. Dia dipilih karena bakat aktingnya. Produser Nilanjana Purkayasstha berkata, "Aakriti adalah anak yang sangat antusias dan tak kenal takut."[28] Selain itu, peran karakter Amyra diputuskan untuk dimainkan oleh Spandan Chaturvedi tetapi karena masalah tanggal, dia digantikan oleh Myra Singh. Myra berkata, "Ini pertama kalinya aku tampil di televisi dan aku sangat senang memainkan peran ini."[29] Aktor Mohit Malik berkata tentang perannya, "Saya memiliki ciri khas rockstar di Kullfi Kumarr Bajewala."[30] Aktris Dhhai Kilo Prem, Anjali Anand memainkan karakter Lovely Kaur, yang merupakan ibu Amyra. Dia berkata, "Karakter paling penting bagiku dan karakter ini sangat menantang dan menyenangkan pada saat yang sama."[31][32] Saudara laki-laki Aakriti, Hardik Sharma akan bergabung dalam pertunjukan ini, debut sebagai teman Kullfi tetapi kemudian ditunda untuk naskah.[33] Barun Sobti, yang baru-baru ini bermain di Gul Khan Iss Pyaar Ko Kya Naam Doon 3, memutuskan untuk bermain di acara debut ini sebagai Rockstar, pesaing Sikandar dan peran guru musik Amyra.[34] Menurut sumber, "Gul ingin Barun memainkan peran penting dalam acara ini. Pembuatnya sedang dalam pembicaraan untuk melibatkan Barun."[35] Barun berkata, "Ini melelahkan. Saya kembali kesusahan. Jadi kami berada di zona di mana kami menempatkan semua yang kami miliki dan berharap orang-orang akan menyukainya."[36] Belakangan, karena masalah, Barun digantikan oleh Vishal Aditya Singh, sebagai Tevar Singh. Vishal berkata, "Saya sangat senang menjadi bagian dari pertunjukan yang sudah dicintai oleh penonton."[10] Rajeev Bhardwaj, yang pernah tampil di Devon Ke Dev... Mahadev, telah melakukan peran utama untuk pertunjukan ini. Dia berkata, "Melakukan cameo seperti memukul dalam pertandingan T20 di mana Anda harus lebih berusaha dan melakukan lebih banyak pekerjaan rumah."[37] Gul mengikat Priyamvada Kant untuk peran penting. Pernyataan Kant, "Pertunjukan saya sebelumnya bersejarah dan saya ingin perubahan besar untuk peran saya selanjutnya."[13]

Musik[sunting | sunting sumber]

Kullfi Kumarr Bajewala
Original Sound Track
Album lagu tema karya Sargam Jassu, Nakash Aziz dan Sanjeev Srivastava
Dirilis14 Februari 2018
GenrePop
BahasaHindi
Label
Produser
Kronologi Nakash Aziz
No Entry Pudhe Dhoka Aahey
(2012)
Kullfi Kumarr Bajewala
(2018)
Singel dalam album Kullfi Kumarr Bajewala
  1. "Pet Bechara"
    Dirilis: 13 Maret 2018[38]

Sargam Jassu dan Nakash Aziz adalah komposer musik untuk pertunjukan ini.[17] Album soundtrack diproduksi oleh Gul Khan dan Nilanjana, ditulis oleh Shashank Kunwar, Shaheen Iqbal dan Satya Sharma.[39] Album ini merilis beberapa lagu, yang diunggulkan oleh Rashi Salil Harmalkar, Bhaven Dhanak dan Nakash.[40] Lagu Dama Dam Mast Qalandar dibuat ulang untuk pertunjukan ini. Versi remade juga diunggulkan oleh Rashi Salil, yang promo dirilis pada 8 Maret 2018 melalui YouTube. Video promo ini telah ditonton lebih dari 10 juta kali di YouTube.[41][42] Selain bernyanyi sebagai upaya menjelaskan sesuatu kepada penonton. "Asha Ka Pathaasha"[a] Lagu versi pria yang pertama kali ditampilkan oleh Bhaven Dhanak.[43] Sutradara musik Nakash mengatakan dalam sebuah pernyataan, "Saya sangat bersemangat dan menantikan episode ini. Kami telah membuat beberapa lagu yang bagus dan saya menikmati syutingnya."[17]

Daftar lagu
No.JudulPenyanyiDurasi
1."Pet Bechara"Rashi Salil Harmalkar03:14
2."ABCD"Rashi Salil Harmalkar02:29
3."Yaara" (Child version)Rashi Salil Harmalkar01:06
4."Chand Banne Ke Liye" (Male version)Nakash Aziz02:30
5."Chidiya Gaaya Gaana"Rashi Salil Harmalkar03:30
6."Asha Ka Pathaasha" (Male version)Bhaven Dhanak03:26
7."Asha Ka Pathaasha" (Child version)Rashi Salil Harmalkar03:24
8."Maa Ka Tukra"Rashi Salil Harmalkar02:54
9."Jaago Re"Rashi Salil Harmalkar03:16
10."Yaara" (Male verson)Nakash Aziz03:12
11."Yaara" (Female version)Various artist03:08
12."Mandir Ke Diya Jasi"Rashi Salil Harmalkar03:26
13."Jaag Jaa Na Maa"Rashi Salil Harmalkar03:46
14."Patang"Rashi Salil Harmalkar03:10
15."Ek Choti, Anek Choti"Nakash Aziz03:21
16."Kullfi Bana Ladka"Rashi Salil Harmalkar03:26
17."Giri Dhara"Rashi Salil Harmalkar03:32
18."Kheil Ha Baki Abhi"Rashi Salil Harmalkar03:02
19."Jab Phelibar Milay"Sargam Jassu & Rashi Salil Harmalkar03:06
20."Dil Ha Mera" (Jashn-E-Hindustan)Sargam Jassu & Rashi Salil Harmalkar05:16
21."Ishq da Jurmana"Nakash Aziz02:05
Daftar lagu: Kullfi Ke Khushi Ka Formula[44]
No.JudulPenyanyiDurasi
1."ABCD"Rashi Salil Harmalkar02:29
2."Chhota Chuara"Rashi Salil Harmalkar02:42
3."Sa Re Ga Ma"Rashi Salil Harmalkar05:25
4."Kullfi Bani Ladka"Rashi SalilHarmalkar01:00
5."Maa"Rashi Salil Harmalkar02:01
6."Pet Bechara"Rashi Salil Harmalkar03:16
7."Shriman Kuttaji"Rashi Salil Harmalkar02:19
8."Tap Tap Tapar"Rashi Salil Harmalkar08:21
Daftar Lagu: edisi Remake
No.JudulPenyanyiDurasi
1."Dama Dam Mast Qalandar"Rashi Salil Harmalkar02:38
2."Haathi Ghoda Palki"Rashi Salil Harmalkar02:50
3."Bulleya"Rashi Salil Harmalkar03:10
4."Tum Aa Gaye Ho"Rashi Salil Harmalkar03:17

Rilis[sunting | sunting sumber]

Pemasaran[sunting | sunting sumber]

Pada 14 Februari 2018, promo pertama acara tersebut dirilis, dengan judul lagu. Pada 28 Februari 2018, promo acara kedua dirilis yang didasarkan pada Kullfi, mengucapkan Selamat Hari Holi.[45] Segera setelah itu, promo tersebut mulai menjadi trending di Twitter dengan tagar #Kullfi.[46] Pada 24 Februari 2018, artis cilik Aakriti Sharma dan aktris Shruti Sharma menyambut tim produksi, media dan publik dengan warna-warna Holi, bertempat di Lucknow.[47][48] Pada 10 Maret 2018, konser musik diselenggarakan oleh Gul Khan di Chandigarh, Punjab. Konser musik ini dibawakan oleh artis cilik Aakriti Sharma, penyanyi dan penulis lagu Punjabi, Gurdas Maan, Nooran Sisters dan Rajasthani maestro muda, Langa Kids.[49][50]

Tayang Perdana[sunting | sunting sumber]

Acara tersebut menggantikan slot prime time Ikyawann, tetapi produser produksi Panorama Entertainment, Suzana Ghai mengonfirmasi bahwa Ikyawann tidak akan tayang, melainkan menggantikan slot waktu Meri Durga, yang ditamatkan.[51][52] Pada tanggal 19 Maret 2018, Acara ini pertama kali dirilis di layanan streaming Hotstar, untuk pemirsa premium India. Nanti, acara ini disiarkan di Star Plus. Di negara-negara seperti Bangladesh, Indonesia, Malaysia, Myanmar, Nepal, Pakistan, Singapore, Sri Lanka dan Britania Raya disiarkan pada tanggal rilis aslinya. Pada 20 Maret 2018, pertunjukan itu dirilis di Amerika Serikat.[53]

Karena menurunnya peringkat trp, slot tersebut dialihkan ke slot waktu malam pukul 18:30 dari slot waktu utama pukul 20:30 (IST) dan digantikan oleh Yehh Jadu Hai Jinn Ka! Pada 14 Oktober 2019 diproduksi oleh rumah produksi yang sama.[54] Pada 23 Desember 2019, diganti menjadi 19:00 (IST) Namah.[55]

Versi dalam bahasa lain[sunting | sunting sumber]

Bahasa Judul Pertama ditayangkan Saluran TV Keterangan
Bangla
14 Desember 2015 – 9 September 2017 Star Jalsha Versi asli
Telugu
5 September 2016 – 18 September 2020 Star Maa[56] Pembuatan ulang
Malayalam
30 Januari 2017 – sekarang Asianet[57] Pembuatan ulang
Tamil
24 April 2017 – sekarang Star Vijay[58] Pembuatan ulang
Hindi
  • Kullfi Kumarr Bajewala
  • कुल्फ़ी कुमार बाजेवाला
19 Maret 2018 – 7 Februari 2020 Star Plus Pembuatan ulang
Sinhala
  • Sakuge Kathawa
  • සකූගේ කතාව
16 Oktober 2018 – 6 Februari 2019 Swarnavahini Pembuatan ulang
  • Mini Pahana Obai
  • මිණි පහන ඔබයි
TV Derana Sulih suara
Indonesian Kulfi[59] 11 Januari 2021 – 6 Juni 2021 ANTV sulih suara

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Penerimaan kritis[sunting | sunting sumber]

Pertunjukan ini mendapat banyak ulasan positif dari para kritikus. Urmimala Banerjee dari Bollywood Life memuji pertunjukan tersebut, "Kullfi Kumar Bajewala tampaknya merupakan kisah menyegarkan yang berpusat di sekitar protagonis anak-anak. Penataan desa terlihat sangat realistis dan membuat tontonan yang menyenangkan."[60]

Peringkat[sunting | sunting sumber]

Di minggu pertama, acara itu menduduki peringkat enam belas besar di India.[61] Acara ini telah menerima sejumlah Target rating point, 4323 tayangan, yang berarti lebih dari 4,3 juta penonton menonton acara ini di minggu pertama.[62] Pertunjukan ini menduduki peringkat teratas di Kerajaan Inggris. Lebih dari 98.000 penonton menonton pertunjukan ini di Inggris. Kullfi Kumarr Bajewala telah mengambil posisi Yeh Hai Mohabbatein, yang sebelumnya merupakan pertunjukan Hindi utama di Inggris.[63] Selama pekan ketiga, tayangan ini melejit ke posisi delapan, dengan 4,8 juta tayangan di India.[64] Selama minggu keenam, pertunjukan ini naik ke posisi keenam di India.[65] Selama minggu kesembilan, tayangan ini telah mencapai posisi kelima teratas dengan 4.500 tayangan.[66][67] Selama minggu ketiga puluh, pertunjukan tersebut menerima 6731 tayangan dengan posisi keempat.[68]

Penghargaan dan nominasi[sunting | sunting sumber]

Kullfi Kumarr Bajewala serta para pemain dan krunya telah dinominasikan untuk Gold Awards 2018 dan Indian Television Academy Awards.[69] Aktris cilik Aakriti telah menerima penghargaan pertamanya untuk acara ini sebagai Aktor Anak Terbaik. Selain itu, Mohit Malik telah memenangkan penghargaan Stellar Performer of the Year untuk perannya dalam pameran.[70]

Tahun Penghargaan Kategori Penerima Hasil Ref
2018 Gold Awards Best Child Actor Aakriti Sharma Menang [71]
Stellar Performer Of The Year Mohit Malik
Zee Rishtey Awards Best Show Gul Khan Menang [72]
Indian Television Academy Awards Best Actor (Jury) Mohit Malik Nominasi [73]
Best Child Actor Aakriti Sharma Menang
Best Show (Jury) Gul Khan
Best Director (Jury) Pradeep Yadav Nominasi
Best Actress In A Negative Role Anjali Anand
Best Lyrics Menang
Best Dialogues
2019 Lions Gold Awards Best Child Actor Aakriti Sharma Menang [74]
Best Actor (Popular) Mohit Malik Nominasi
Best Actor (Jury) Menang
Best Show Gul Khan Nominasi

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Lagu versi pria ini pertama kali dirilis pada episode empat belas. Perhatikan bahwa lagu versi anak juga dirilis pada episode yang sama.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Mohit Malik: Bidding goodbye to Kulfi Kumar Bajewala has been very hard for me". 7 February 2020. 
  2. ^ "Special: Kulfi Kumar Bajewala". The Times of India. 
  3. ^ "Kullfi Kumarr Bajewala to Bhootu: 7 TV shows that were adapted from popular regional shows". India Today. 27 March 2018. 
  4. ^ "Aakriti Sharma gets a chance to meet her idol, Hema Malini". Times of India. 10 April 2018. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-04-10. Diakses tanggal 2021-01-06. 
  5. ^ "Mohit Malik: I don't want to play father to grown-up girls, it won't look convincing : Times of India". The Times of India (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-12-13. 
  6. ^ "Kullfi Kumarr Bajewala's Anjali Anand enjoys playing the vamp; asks fans to keep the 'hate coming'". Times of India. 12 April 2018. 
  7. ^ "Greater Noida's Myra Singh makes TV debut with Kulffi Kumarr Bajewala". Times of India. 3 May 2018. 
  8. ^ "Shruti Sharma Designs Costumes For Mohit Malik And Anjali Anand". India Education Diary. 26 March 2018. 
  9. ^ "Pallavi Rao to play character with grey shades in Kulfi Kumarr Bajewala". Times of India. Diakses tanggal 12 March 2018. [pranala nonaktif permanen]
  10. ^ a b TNN (4 July 2018). "Vishal Aditya Singh roped in for 'Kullfi Kumarr Bajewala'". Times of India. Diakses tanggal 6 July 2018. 
  11. ^ IANS (3 August 2018). "Shafaq Naaz to do cameo in 'Kullfi Kumarr...'". Times of India. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-08-05. Diakses tanggal 9 September 2018. 
  12. ^ Neha Maheshwri (31 August 2018). "Kanishka Soni re-enters 'Kullfi Kumarr Bajewala' : Times of India". The Times of India. Diakses tanggal 8 September 2018. 
  13. ^ a b IANS (22 December 2018). "Priyamvada enters 'Kullfi Kumarr Bajewala'". The Times of India. Diakses tanggal 15 January 2019. [pranala nonaktif permanen]
  14. ^ "Rajeev Bhardwaj to do a cameo in 'Kullfi Kumarr Bajewala'". The Times of India. 
  15. ^ "Kullfi Kumarr's Independence Day Concert Update: Pritam Singh to host; Sikandar to get to Kullfi's identity truth". IVM Buzz. 
  16. ^ a b "Kulfi Kumar Bajewala: Sikander and Kulfi perform with singers Sunidhi Chauhan and Sukhwinder". ABP News. 
  17. ^ a b c IANS (20 August 2018). "Nakash to do cameo in 'Kullfi Kumarr Bajewala' – Times of India". The Times of India. Diakses tanggal 8 September 2018. 
  18. ^ "Kumar Sanu to reunite Kulfi and Sikander in Kulfi Kumar Bajewala; watch video". The Times of India. 
  19. ^ a b "Kulfi Kumar Bajewala spoiler: Udit Narayan and Usha Uthup to be seen as celebrity judges in the show". The Times of India. 
  20. ^ Shweta Keshri (27 March 2018). "Kullfi Kumarr Bajewala to Bhootu: 7 TV shows that were adapted from popular regional shows". India Today. Diakses tanggal 25 June 2018. 
  21. ^ Shraddha Varma (9 May 2018). "Not Just Bollywood , Hindi TV Shows Are Also Eyeing Regional Content". idiva. Diakses tanggal 9 September 2018. 
  22. ^ "Kulfi Kumar Bajewala: Mohit Malik Undergoes Six Stitches Yet Continues Shoot With an Injured Hand". LatestLY. 11 January 2019. Diakses tanggal 31 January 2019. 
  23. ^ "Kullfi Kumarr Bajewala – Behind the scenes – Screen Journal". Screen Journal. 30 April 2018. 
  24. ^ Urmimala Banerjee (8 May 2018). "Exclusive! 'Why will it bother me?' Mohit Malik on the cut- throat competition in the TV industry". Bollywood Life. Diakses tanggal 9 September 2018. 
  25. ^ "Mohit Malik Reveals The Reason Behind His Exit From 'Kulfi Kumar Bajewala'". Republic World. 
  26. ^ "Kullfi Kumarr Bajewala: LEAP Cancelled, Mohit Malik Aka Sikandar To Stay". ABP News. 
  27. ^ "Mohit Malik stressed on variety: He's played positive and negative roles, and done reality shows too". Hindustan Times. 8 April 2018. 
  28. ^ "Aakriti Sharma is a fearless child: Nilanjana Purkayasstha". Times of India. 23 March 2018. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-03-25. Diakses tanggal 2021-01-06. 
  29. ^ Noopur (16 March 2018). "'Kulfi Kumar Bajewala' to be broadcasted soon on TV". News Track. Diakses tanggal 25 December 2018. 
  30. ^ "Kulfi Kumar Bajewala: Mohit Malik loves his rockstar avatar". Free Pressjournal. 19 March 2018. 
  31. ^ "Anjali Anand is excited to play a mother on Kullfi Kumarr Bajewala". Times of India. 6 April 2018. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-06-15. Diakses tanggal 2021-01-06. 
  32. ^ "Acting is God's gift to me: actress Anjali". The Hitavada. 8 April 2018. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-04-08. Diakses tanggal 2021-01-06. 
  33. ^ "Aakriti's brother to enter 'Kullfi Kumarr Bajewala'". Times of India. 4 April 2018. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-06-16. Diakses tanggal 2021-01-06. 
  34. ^ "Barun Sobti to enter Kullfi Kumarr Bajewala?". Times of India. 19 April 2018. 
  35. ^ "Before his web series Barun Sobti to be seen in this TV show". India Today. 19 April 2018. 
  36. ^ "'कुल्फी कुमार बाजेवाला' में बरुण सोबती का होगी एंट्री, निभाएंगे ये किरदार". ABP News. 19 April 2018. 
  37. ^ TNN (24 July 2018). "Rajeev Bhardwaj to do a cameo in 'Kullfi Kumarr Bajewala'". Times of India. Diakses tanggal 28 July 2018. 
  38. ^ "Kullfi Kumarr Bajewala song Pet Bechara by Star Plus". SoundCloud. 14 March 2018. 
  39. ^ Devarsi Ghosh (19 August 2018). "Hindi serials like 'Kullfi Kumarr Bajewala' are investing in original soundtracks, and that's great". Scroll. Diakses tanggal 19 August 2018. 
  40. ^ "Aakriti Sharma had to learn eight songs in a week". Times of India. Diakses tanggal 17 March 2018. [pranala nonaktif permanen]
  41. ^ "Kullfi Kumarr Bajewala – Kullfi's Melodious Voice". YouTube. Diakses tanggal 17 March 2018. 
  42. ^ "Dama Dam Mast Qalandar – Promo". Hotstar (dalam bahasa Inggris). Star India. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-06-18. Diakses tanggal 17 March 2018. 
  43. ^ "Original scores for TV: Why makers are using these songs to give a unique identity to their shows and character, Kullfi Kumarr". DNA India. 22 April 2018. 
  44. ^ "Kullfi Ke Khushi Ka Formula". SoundCloud (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 24 July 2018. 
  45. ^ News Nation Bureau (23 February 2018). "CONFIRMED: Mohit Malik starrer Kulfi Kumar Bajewala to replace THIS show". News Nation. Diakses tanggal 20 August 2018. 
  46. ^ "#Kullfi hastag on Twitter". Twitter. 1 March 2018. 
  47. ^ "'Kulfi Kumar Bajewala' launched in Lucknow with Holi celebrations". Newstrack. 1 March 2018. [pranala nonaktif permanen]
  48. ^ Admin (1 March 2018). "Star Plus Brings Its Latest Offering Kullfi Kumarr Bajewala". Online News India. Diakses tanggal 25 June 2018. 
  49. ^ "Kulfi Kumar Bajewala visited Chandigarh to share stage with Gurdas Maan, Langa Kids and Nooran Sisters". The Film Wale. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-08-15. Diakses tanggal 18 March 2018. 
  50. ^ "जल्द शुरू होगा 'कुल्फी कुमार बाजेवाला', ये मशहूर चाइल्ड एक्ट्रेस नहीं आएगी नजर". NDTVIndia. NDTV. अल्केश कुशवाहा. Diakses tanggal 18 March 2018. 
  51. ^ "Confirmed: Mohit Malik starrer Kulfi Kumar Bajewala to replace this show". News Nation. Diakses tanggal 7 March 2018. 
  52. ^ "Meri Durga to go off air on March – Times of India". The Times of India. Diakses tanggal 17 March 2018. 
  53. ^ "UK Ratings: 'YHM' stays top; 'Kullfi Kumarr Bajewala' impresses". Bizasia. 9 April 2018. 
  54. ^ "Kulfi Kumar Bajewala's time slot to change due to low TRPs; Yehh Jadu Hai Jinn Ka to replace the show". Times of India. 
  55. ^ "Kullfi Kumarr Bajewala To Get NEW Time Slot After THIS Show Goes Off Air". ABP News. 
  56. ^ "Koilamma completes 1000 episodes; actress Tejaswini Gowda shares a special video". The Times of India. 
  57. ^ "Malayalam dailysoap Vanambadi completes 800 episodes". The Times of India. 
  58. ^ "A musical tele serial, this!". The Times of India. 
  59. ^ "Kulfi, Drama Musikal India Terbaru ANTV Tayang Mulai Hari Ini". Tabloid Bintang. 11 Januari 2021. Diakses tanggal 11 Januari 2021. 
  60. ^ Urmimala Banerjee. "Kullfi Kumar Bajewala review: Aakriti Sharma steals the show with her spontaneity in this emotional story - Bollywoodlife.com". 20 March 20118. Bollywood Life. Diakses tanggal 8 September 2018. 
  61. ^ "Latest TRP Ratings: Bepannaah Makes A Smashing Entry; Yeh Hai Mohabbatein Back On Top 5 Slot!". Filmbeat. 31 March 2018. 
  62. ^ "BARC India Ratings-Week 12: Bepannaah gets a bumper opening". Tellychakkar. Diakses tanggal 4 April 2018. 
  63. ^ "Overnights: 'Kullfi Kumarr Bajewala' takes No.1 spot in UK on Wednesday". Bizasia. 29 March 2018. 
  64. ^ "BARC Report, Week 14, 2018: Yeh Rishta Kya Kehlata Hai takes the second position and Kullfi Kumar Bajewala enters the top 10 list". Bollywood Life. 12 April 2018. 
  65. ^ "BARC TRP ratings week 18, 2018: Kundali Bhagya remains UNBEATABLE; Bepannaah, Ishq Mein Mar Jawan ENTER top ten". News Nation. 10 May 2018. 
  66. ^ "BARC TRP ratings week 20, 2018: Kulfi Kumar Bajewala, Udaan, Naamkarann spread magic on viewers". News Nation. 24 May 2018. 
  67. ^ "New show Kullfi Kumarr Bajewala joins the list of top 5 TV shows". Times of India. 28 May 2018. 
  68. ^ Sana Farzeen (19 October 2018). "Most watched Indian TV shows: Dance Plus 4 opens with a bang, Kasautii Zindagi Kay 2 drops down TRP chart". Indian Express. Diakses tanggal 20 October 2018. 
  69. ^ https://whatsappdpgirl.com/kulfi-kumarr-bajewala-the-singing-star-starlife-full-story-plot-summary-casts/.  Tidak memiliki atau tanpa |title= (bantuan)[pranala nonaktif permanen]
  70. ^ "In Pics: Zee Gold Awards 2018 Full Winners List: Jennifer Winget, Nakuul Mehta, Mouni Roy walk away with the trophies". DNA. 20 June 2018. Diakses tanggal 9 July 2018. 
  71. ^ Sana Farzeen (20 June 2018). "Zee Gold Awards 2018: Jennifer Winget, Mouni Roy, Hina Khan, Ravi Dubey, Nakuul Mehta win big honours". Indian Express. Diakses tanggal 7 July 2018. 
  72. ^ Rashmi Mishra (14 October 2018). "Zee Rishtey Awards 2018 Full Winners List: Sriti-Shabbir of Kumkum Bhagya Bag Best Jodi Award, Naagin 3 Adjudged Best TV Show Across Channels". Latestly. Diakses tanggal 26 December 2018. 
  73. ^ Sana Farzeen (12 December 2018). "Indian Television Academy Awards 2018: Complete list of winners". Indian Express. Diakses tanggal 17 December 2018. 
  74. ^ Ramnish Sharma (18 January 2019). "Lions Gold Awards 2019 complete winners list: Varun Dhawan, Janhvi Kapoor win big". Times Now. Diakses tanggal 18 January 2019. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]