Kroeung

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kroeung merah dihasilkan dari aneka bumbu yang diulek

Kroeung (Bahasa Khmer: គ្រឿង, pengucapan Khmer: [krɨəŋ]) adalah bumbu Kamboja. Kroeung adalah istilah generik dalam Bahasa Khmer untuk merujuk kepada aneka bumbu yang dihaluskan yang memberi cita rasa pada Hidangan Kamboja.[1] Beberapa hidangan kadang ada yang ditambahi dengan akhiran "-kroeung". Kroeung secara tradisional dibuat dengan cara mengiris halus dan melumatnya dengan menggunakan cobek dan ulekan, meskipun kini alat-alat modern seperti food processor juga dapat digunakan. Aneka macam bahan bumbu dapur dapat dibuat menjadi adonan pasta kroeung. Delapan tumbuhan bumbu yang lazim menjadi bahan campuran kroeung adalah serai, jeruk purut, lengkuas, kunyit, bawang putih, bawang merah, cabai rawit dan aneka tanaman rimpang (lengkuas, temu kunci, dll.).[2] Campuran bumbu herbal ini memainkan peranan penting dalam memasak hidangan Khmer untuk menciptakan cita rasa yang khas dan otentik.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Cambodian Cooking Class What makes Cambodian Cuisine different Diarsipkan 2007-12-25 di Wayback Machine. Accessed July 21, 2007.
  2. ^ Thaitawat, Nusara (2000). The Cuisine of Cambodia. Bangkok, Thailand: Nusara and Friends Co. Ltd. hlm. 47–48. ISBN 974-87788-5-1. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]