Kota praja, Tiongkok

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Kota praja di Tiongkok)
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Kota praja (Zhèn)
Nama Tionghoa
Hanzi sederhana:
Hanzi tradisional:
Nama Uighur
Uighur: بازارلىق
Nama Zhuang
Zhuang: Cin
Nama Tibet
Tibet: གྲོང་རྡལ་
- Wylie: drong del
- Zangwen Pinyin: Chongdai

Kota praja (Hanzi sederhana: ; Hanzi tradisional: ; Pinyin: zhèn; Wade–Giles: chen4, dalam bahasa Inggris diterjemahkan menjadi "town") di Tiongkok adalah unit administrasi tingkat ketiga bersama dengan wilayah administrasi kota praja (Hanzi: ; Pinyin: xiāng) dan wilayah administrasi kota praja etnik minoritas lainnya yang ditetapkan oleh Dewan Negara Tiongkok pada 2014.[1] Wilayah administrasi kota praja ("xiāng") biasanya memiliki populasi yang lebih sedikit dan lokasinya lebih terpencil ketimbang kota praja ("zhèn").

Mirip dengan tingkat unit administratif yang lebih tinggi, perbatasan sebuah kota praja di Tiongkok biasanya mencakup inti kawasan perkotaan (disebut "town" di Eropa atau Amerika Serikat - "town" kecil dengan populasi sekitar 10.000 orang) dan berbatasan dengan kawasan perdesaan yang memiliki beberapa desa (; cūn atau ; zhuāng) di dalamnya.

Kota praja di Tiongkok relatif lebih kecil dari segi luas wilayah maupun populasi dibandingkan dengan sebuah kota, tetapi kota praja yang memiliki karakteristik tertentu sangat populer di kalangan wisatawan. Misalnya kota praja Fenghuang yang banyak menarik wisatawan beransel setiap tahunnya karena memiliki karakter budaya dan arsitektur etnis minoritas yang khas.[2]

Pusat kawasan perkotaan kota praja Longgang (龙港镇; Lónggǎng Zhèn), sebuah kota praja yang khas di County Yangxin, Hubei.
Kota praja Maoping, pusat administrasi County Zigui di provinsi Hubei. Maoping sering ditulis "Zigui" pada peta yang kurang detail.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Administrative Division". english.gov.cn. Diakses tanggal 2018-03-30. 
  2. ^ Armitage, Helen (2017). "The 10 Most Beautiful Towns In China". Culture Trip. Diakses tanggal 2018-03-30.