Panji Mongolia Dalam

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Panji
Manchu: gūsa
Gūsa (diromanisasi)
Classical Bahasa Mongolia: ᠬᠣᠰᠢᠭᠤ ᠪᠣᠱᠤᠬᠤ qosiγu bošuγu hôxûû bôxig (diromanisasi)
Aksara Han: (Aksara Han)
(Pinyin romanization)
Alfabet Kiril Mongolia: Хошуу (dikirilisasi)
khoshuu (diromanisasi)
Aksara Mongolia: ᠬᠣᠰᠢᠭᠤ Hôxûû or Hûxûû


Panji atau bendera (Hanzi: ; Pinyin: ) adalah divisi administrasi daerah otonom Mongolia Dalam di Republik Rakyat Tiongkok. Panji setara dengan tingkat county.

Panji pertama kali dibentuk pada masa dinasti Qing, yang mengorganisir bangsa Mongol menjadi beberapa panji kecuali mereka yang sudah menjadi anggota Delapan Panji. Setiap panji memiliki wilayah sumu sebagai subdivisi nominal. Di Mongolia Dalam, beberapa panji membentuk Liga. Di bagian Mongolia lainnya ada beberapa divisi administrasi yang besar seperti Mongolia Luar, utara Xinjiang dan Qinghai, Aimag (Аймаг). Dinasti Qing melindungi Mongolia dari tekanan penduduk dinasti Qing Manchu,[1] sekaligus membatasi orang Mongol untuk melintasi perbatasan wilayah panji-panji.

Saat ini, total ada 49 panji yang merupakan divisi tingkat county dalam hierarki administrasi Tiongkok.

Panji[sunting | sunting sumber]

Berikut ini daftar 49 panji individu yang diurutkan secara alfabetis sesuai dengan nama panji (abaikan kata sifat atau keterangan seperti Baru, Lama, Kiri, Kanan, Timur, Uni, dan sebagainya).

Panji otonom[sunting | sunting sumber]

Panji otonom (Hanzi: 自治旗; Pinyin: zìzhìqí) adalah jenis panji khusus yang dibentuk oleh Republik Rakyat Tiongkok. Ada 3 panji otonom, semuanya didirikan di timur laut Mongolia Dalam, masing-masing dengan etnis mayoritas yang telah ditetapkan selain orang Han atau Mongol dan etnis minoritas:

Panji yang diubah menjadi kota atau county[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Yin-tʻang Chang (1933). The Economic Development and Prospects of Inner Mongolia (Chahar, Suiyuan, and Ningsia). Commercial Press, Limited. hlm. 62.