Kabupaten di Republik Rakyat Tiongkok

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
resminya
Divisi tingkat kabupaten

China County-level.png

Nama Tionghoa
Hanzi sederhana: 县级行政区
Hanzi tradisional: 縣級行政區
nama alternatif
Hanzi sederhana:
Hanzi tradisional:
Nama Uighur
Uighur: ناھىيىسى
Nama Zhuang
Zhuang: Hen
Nama Tibet
Tibet: རྫོང་
(awalnya 宗 dalam bahasa Tionghoa)
- Wylie: rdzong
- Zangwen Pinyin: Zong

Kabupaten (Hanzi: ; Pinyin: Xiàn), yang secara resmi disebut divisi tingkat kabupaten (Tionghoa: 县级行政区; Pinyin: Xiàn Jí Xíngzhèngqū), yang merupakan translasi dari Xiàn di Tiongkok, adalah tingkat ketiga dari hierarki administratif di Provinsi dan Wilayah otonomi, dan tingkat kedua di munisipalitas dan Hainan, sebuah tingkat yang dikenal sebagai "tingkat kabupaten" dan juga terdiri dari kabupaten otonomi, kota tingkat kabupaten, panji, panji otonomi, dan distrik kota. Terdapat 1,464 kabupaten di Tiongkok Daratan dari 2,862 divisi tingkat kabupaten secara keseluruhan.

Xian telah ada sejak zaman Negara-Negara Berperang, dan didirikan di seluruh wilayah negara pada masa Dinasti Qin. Istilah xian selalu diterjemahkan sebagai "distrik" atau "prefektur" ketika mengambil dalam konteks dari sejarah Tiongkok. Namun, artikel ini berusaha untuk tetap konsisten dengan penerjemahan terminologi modern, dan menggunakan istilah "kabupaten". Hal ini bukanlah praktik yang konvensional dalam sastra Sinologi.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Xian telah ada sejak zaman Negara-Negara Berperang. dan diset di seluruh wilayah negara pada masa Dinasti Qin. Jumlah kabupaten di Tiongkok berubah-ubah dari dinasti ke dinasti. Ketika Qin Shi Huang menata ulang kabupaten-kabupaten tersebut setelah penyatuannya, terdapat sekitar 1000 kabupaten. Dibawah pemerintahan Dinasti Han Timur, jumlah kabupatennya berjumlah lebih dari 1,000 kabupaten. Terdapat sekitar 1400 kabupaten ketika dinasti Sui dibubarkan.

Pada zaman Kekaisaran Tiongkok, kabupaten memiliki unit administratif yang signifikan karena hal tersebut menandai tingkat terendah dari struktur birokratik kekaisaran — dalam kata lain, kabupaten adalah tingkat terendah dalam pemerintahan.

Kabupaten otonomi[sunting | sunting sumber]

Kabupaten otonomi (自治县 Pinyin: zìzhìxiàn) adalah sebuah kelas khusus dari kabupaten di Tiongkok Daratan yang dikhususkan bagi etnis minoritas non-suku Han. Kabupaten otonomi dapat ditemukan di seluruh Tiongkok, dan, menurut hukum, lebih memberikan kekuasaan legislatif ketimbang kabupaten yang biasa.

Terdapat 117 kabupaten otonomi di Tiongkok Daratan.

Pemerintahan[sunting | sunting sumber]

Ketika Partai Komunis Tiongkok menjadi pusat dari pengaturan kebijakan pemerintahan di Tiongkok Daratan, setiap tingkat pembagian administratif memiliki sebuah Komite PKT lokal. Komite PKT dari kabupaten disebut Komite Kabupaten PKT (中共县委) dan kepalanya disebut Sekretaris (中共县委书记), jabatan tertinggi de facto di negara tersebut. Kebijakan-kebijakannya didapatkan melalui Pemerintahan rakyat dari negara tersebut, dan kepalanya disebut Gubernur Kabupaten (县长). Gubernur tersebut juga sering menjadi salah satu deputi sekretaris di Komite PKT.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]