Kolonel Jenderal

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search

Kolonel Jenderal atau Koljen adalah jenjang tertentu dari pangkat Jenderal senior. Korea Utara dan Rusia adalah dua negara yang telah menggunakan pangkat ini secara luas dalam sejarah militer mereka. Penggunaan pangkat ini juga terkait erat dengan Jerman, di mana Generaloberst menjadi salah satu pangkat di atas Jenderal dan di bawah Generalfeldmarschall.

Austria[sunting | sunting sumber]

Kolonel Jenderal (Generaloberst) adalah pangkat tertinggi kedua di dalam Tentara Austro-Hongaria, yang diperkenalkan dengan mengikuti model Jerman pada 1915. Pangkat ini tidak digunakan lagi di Angkatan Bersenjata Austria setelah Perang Dunia I.

Pangkat insignia Generaloberst

Cekoslovakia[sunting | sunting sumber]

Pangkat Kolonel Jenderal, (Generálplukovník), diciptakan di Angkatan Bersenjata Cekoslovakia pada 1950; dan dihapuskan pada pembubaran negara tahun 1993.

Pangkat insignia Generálplukovník

China/Republik Rakyat Tiongkok (RRT)[sunting | sunting sumber]

Pangkat Da jiang (大将: secara harfiah, "Jenderal Besar") di Tentara Pembebasan Rakyat, adalah pangkat yang digunakan dari 1955 hingga 1965. Terdapat empat jenjang untuk perwira tinggi selama periode ini. Terdiri dari (secara berurutan), 大将 (Jenderal Besar), 上将 (Jenderal senior), 中将 (Jenderal menengah), dan 少将 (Jenderal pertama). Tiongkok tidak menggunakan dan tidak memiliki pangkat Brigadir Jenderal, tetapi pangkat yang setara diganti dengan 大校 (Kolonel Besar). Pangkat 大将 (Jenderal Besar) setara dengan pangkat Kolonel Jenderal di Uni Soviet. Seluruh pangkat di PLA dihapuskan selama periode tahun 1965 dan 1988. Ketika dikembalikan, pangkat 大将 (Jenderal Besar) sudah tidak diperkenalkan lagi.

Georgia[sunting | sunting sumber]

Republik Georgia mengadopsi sistem Soviet setelah kemerdekaan pada tahun 1991 sehingga pangkat Kolonel Jenderal (გენერალ-პოლკოვნიკი general-polkovniki) ada, namun hanya digunakan sebagai peringkat tertinggi di Kementerian Dalam Negeri.

Hongaria[sunting | sunting sumber]

Di Hongaria, pangkat Kolonel Jenderal (Vezérezredes) diperkenalkan di Tentara Kekaisaran Kerajaan (angkatan darat umum dari dua monarki) pada tahun 1915. Pangkat ini menggantikan pangkat sebelumnya, Gyalogsági tábornok (Jenderal Infanteri), Lovassági tábornok (Jenderal Kavaleri), dan Táborszernagy (Jenderal Artileri) pada awal 1940-an.

Pangkat vezérezredes masih digunakan untuk pangkat tertinggi (empat bintang) perwira tinggi dari Magyar Honvédség dan perwira tinggi asing dengan bintang empat biasanya diterjemahkan sebagai Vezérezredes di Hungaria.

Jerman[sunting | sunting sumber]

Pangkat yang setara dengan empat bintang (OF-9) dari Wehrmacht Jerman adalah sebagai berikut:

Jangan kebingungan dengan Generaloberst, pangkat bintang tiga (OF-8) dari Tentara Rakyat Nasional sampai 1990. Bagaimanapun, Bundeswehr (pertama di Jerman Barat dan sejak tahun 1990 di Jerman bersatu) tidak menggunakan pangkat ini.

Pangkat insignia Generaloberst

Kerajaan Inggris[sunting | sunting sumber]

Pangkat Kolonel Jenderal pernah digunakan sebelum dan selama Perang Saudara Inggris oleh masing-masing tentara dari Royalis (Pro-Kerajaan) dan Parlemen (Pro-Parlemen). Dalam kasus ini, sering muncul istilah untuk seorang Kolonel senior dibandingkan Jenderal senior.

Korea Utara[sunting | sunting sumber]

Pangkat Korea Utara untuk Sangjang diterjemahkan sebagai "Kolonel Jenderal". Sangjang lebih tinggi dari Jungjang (biasanya diterjemahkan sebagai "Letnan Jenderal") dan lebih rendah dari Daejang (biasanya diterjemahkan sebagai "Jenderal").

Pangkat ini biasanya dipegang oleh komandan unit sepanjang DMZ Korea dan zona keamanan Korea Utara di Panmunjom.

Mesir[sunting | sunting sumber]

Angkatan Darat Mesir menggunakan pangkat yang diterjemahkan sebagai "Kolonel Jenderal". Ini setara dengan pangkat empat bintang, atau Jenderal "penuh". Kolonel Jenderal, bagaimanapun, lebih rendah dari peringkat panglima dan merupakan pangkat kehormatan yang biasanya hanya dimiliki oleh menteri pertahanan.

Perancis[sunting | sunting sumber]

Di Angkatan Darat Perancis, dibawah rezim ancien, petugas dalam semua resimen dari cabang tertentu dari kemiliteran (seperti infanteri, kavaleri, tentara Swiss, dll) dikenal sebagai Kolonel Jenderal. Ini bukanlah pangkat, tetapi digunakan oleh petugas kemahkotaan.

Rusia[sunting | sunting sumber]

Pangkat Kolonel Jenderal (Bahasa Rusia: генерал-полковник, general-polkovnik) tidak terdapat di Kekaisaran Rusia dan digunakan pertama kali oleh Tentara Merah pada 7 Mei 1940, sebagai pengganti dari pangkat sebelumnya командарм второго ранга (kommandarm vtorovo ranga, atau "Panglima Angkatan Darat Pangkat Kedua").[1] Selama Perang Dunia II, sekitar 199 perwira dipromosikan menjadi Kolonel Jenderal. Sebelum 1943, para Kolonel Jenderal Soviet menggunakan empat bintang di papan kerah mereka (petlitsy). Sejak 1943, mereka menggunakan tiga bintang pada papan bahu mereka, sehingga Charles Pettibone menjelaskan peringkat ini setara dengan pangkat Letnan Jenderal di Amerika Serikat.[1]

Pangkat ini masih digunakan di Angkatan Darat Rusia yang sekarang. Berbeda dengan Generaloberst Jerman (yang kemungkinan besar meminjam istilah), Kolonel Jenderal Soviet dan Rusia bukan merupakan pangkat yang langka, karena merupakan pangkat normal yang harus ditempuh antara seorang Letnan Jenderal bintang dua dan Jenderal Angkatan Darat dengan empat bintang.

Selain itu, sistem jenjang dan kepangkatan Soviet dan Rusia kadang-kadang menyebabkan kebingungan dalam hal kesetaraan jajaran, karena gelar Barat normal untuk Brigadir atau Brigadir Jenderal tidak ada lagi untuk Angkatan Darat Rusia pada tahun 1798. Pangkat Kombrig yang berhubungan dengan jenderal bintang satu hanya ada di Uni Soviet selama periode 1935-1940. Posisi yang biasanya menduduki peringkat ini, seperti komandan brigade, selalu diduduki oleh Kolonel (polkovnik), atau posisi yang sangat jarang, Mayor Jenderal.

Pangkat ini biasanya diberikan kepada komandan distrik, garis depan dan tentara, dan juga untuk Wakil Menteri Pertahanan, Wakil Kepala Staf Umum dan sebagainya.

Di beberapa angkatan bersenjata dari Persemakmuran Negara-Negara Merdeka pasca-Soviet (misalnya di Belarusia), tidak ada jenderal dari tentara atau Marsekal, dan Kolonel Jenderal adalah peringkat tertinggi, biasanya dipegang oleh menteri pertahanan.

Pangkat angkatan laut yang setara adalah Admiral, yang juga sama dengan tiga bintang.

Swedia[sunting | sunting sumber]

Kolonel Jenderal (Generalöverste) juga menjadi peringkat militer senior di Swedia, sering digunakan terutama sebelum abad ke-19.

Suriah[sunting | sunting sumber]

Tentara Arab Suriah menggunakan pangkat Kolonel Jenderal ( "Fariq al-awwal, فريق أول) hanya untuk pangkat militer paling tinggi di angkatan darat, dan di bawah Marsekal lapangan. Biasanya, hanya menteri pertahanan yang memegang peringkat ini. Hanya enam perwira yang telah memegang peringkat ini sampai sekarang, yaitu Hafez al-Assad, Mustafa Tlass, Hikmat al-Shihabi, Ali Habib Mahmud, Dawoud Rajiha dan Fahd Jassem al-Freij.

Amerika Serikat[sunting | sunting sumber]

Di Amerika Serikat, sebagai komandan dari Angkatan Darat, pangkt yang setara adalah Jenderal (jenderal empat bintang, pangkat O-10).

Vietnam[sunting | sunting sumber]

Di Vietnam, pangkat Kolonel Jenderal dikenal sebagai Thượng tướng (secara harfiah berarti "Jenderal Senior"), setara dengan jenderal tiga bintang dan laksamana. Pangkat Thượng tướng lebih tinggi dari Trung tướng (biasanya diterjemahkan sebagai "Letnan Jenderal") dan lebih rendah dari Dại tướng (biasanya diterjemahkan sebagai "Jenderal"). Ini sering digunakan di angkatan darat dan angkatan udara. Pangkat ini setara dengan Dô đốc (Laksamana) di angkatan laut.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Catatan[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]