Knud I dari Denmark

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Hardeknud
Raja Legandaris Denmark
Berkuasaskt. 916 – skt. 936
PendahuluSigtryg Gnupasson
PenerusGorm Løge
Lahirabad ke-9
AgamaPaganisme Nordik

Harthacnut atau Knud I (bahasa Denmark: Hardeknud) (lahir skt. 880) merupakan seorang Raja Denmark semi legendaris. Ragnarssona þáttr membuat Harthacnut putra kepala suku Viking semi mitos, Sigurðr ormr í auga, dirinya sendiri merupakan salah satu putra Ragnar Lodbrok yang legendaris. Saganya pada gilirannya membuat Harthacnut ayahanda dari raja sejarah Gorm. Telah dikemukakan bahwa ia pasti diidentifikasi dengan Hardegon dari Northmannia yang penaklukan awal abad ke 10 dari Denmark terkait oleh Adam dari Bremen.

Ragnarssona þáttr[sunting | sunting sumber]

Saga Ragnarssona þáttr menceritakan tindakan putra-putra Ragnar Lodbrok, dan mulai menghubungkan mereka secara genealogis dengan penguasa kerajaan Skandinavia belakangan. Bagi Denmark, ini berhubungan dengan Blaeja, putri Raja Ella, Sigurðr ormr í auga menjadi ayahanda Harthacnut (Hörða-Knútr). Harthacnut dikatakan sebagai penerus ayahandanya di Selandia, Scania dan Halland, tapi bukan Viken yang lolos, dan dia adalah ayahanda Gorm. Pendapat ilmiah terbagi mengenai sejauh mana materi yang ditemukan dalam sumber heroik semacam itu harus dianggap sebagai sejarah dan silsilah yang otentik.

Gesta Hammaburgensis ecclesiae pontificum Adam dari Bremen[sunting | sunting sumber]

Dua referensi yang mungkin untuk Harthacnut muncul dalam karya pendeta Adam dari Bremen, yang berasal dari Jerman untuk mencatat sejarah uskup Agung Bremen (Gesta Hammaburgensis ecclesiae pontificum), sebagian didasarkan pada informasi dari keturunan Gorm, Svend II dari Denmark. Adam menyatakan bahwa seorang raja Helghe digulingkan dan Denmark ditaklukkan oleh Swedia yang dipimpin oleh Olof. Bersama dua putranya, Gyrd dan Gnupa, Olof mengambil alih "kekuatan senjata,"[1] dan mereka memerintah bersama-sama, dan kemudian mendirikan Wangsa Olof di Denmark. Adam melaporkan bahwa mereka diikuti oleh Sigtryg. Sigtrygg adalah anak laki-laki Gnupa oleh seorang bangsawan Denmark bernama Asfrid, ditunjukkan pada dua batu Rune di dekat Schleswig, yang didirikan oleh ibundanya setelah kematiannya.[2]

Adam kemudian menceritakan bahwa setelah Sigtrygg memerintah beberapa saat, selama masa jabatan Uskup Agung Hoger dari Bremen (909-915 / 917), Hardegon, anak dari Svend, berasal dari "Northmannia" "tanah orang-orang utara," yang dengannya dia dapat berarti Norwegia, Normandia, yang baru saja dijajah oleh Viking Denmark, atau bahkan Jutland bagian utara. Hardegon langsung menggulingkan raja muda Sigtrygg, dan kemudian memutuskan untuk tidak dilawan selama kurang lebih tiga puluh tahun. Hardegon sering disamakan dengan Harthacnut of legend, tetapi beberapa sejarawan, seperti Lis Jacobsen, malah menyimpulkan bahwa Hardegon berbeda.[3]

Adam kemudian mengacu pada serangan ke Denmark oleh Heinrich I dari Jerman, menamai raja yang membela itu sebagai Hardecnudth Vurm dalam beberapa manuskrip, filius Hardecnudth Vurm di tempat lain. Sejarawan umumnya setuju bahwa Vurm (bahasa Inggris: cacing atau ular) adalah terjemahan bahasa Jerman dari nama Denmark Gorm, dan ini mengarah pada interpretasi alternatif, bahwa ini mengacu pada Gorm, putra (filius) dari Harthacnut, atau bahwa itu adalah nama ganda yang menunjukkan bahwa Harthacnut dan Gorm adalah orang yang sama. Kronik Sachsen Widukind dari Corvey melaporkan kekalahan dan baptisan paksa raja Denmark Chnuba (Gnupa), pada tahun 934 di tangan raja Jerman Heinrich. [4] Demikian juga, Saga Olav Tryggvasson menceritakan tentang kekalahan Gnupa kekalahan oleh Gorm.[4] Beberapa sejarawan (misalnya Storm) telah menganggap ini sebagai indikasi bahwa ayahanda Sigtrygg, Gnupa, masih menguasai setidaknya sebagian dari Denmark lebih dulu daripada yang disebutkan oleh Adam dari Bremen, dan dinastinya hanya dipindahkan oleh putra Harthacnut, Gorm.

Gesta Danorum dari Saxo Grammaticus[sunting | sunting sumber]

Di akhir dan legenda dipengaruhi Gesta Danorum dari Saxo Grammaticus, Harthacnut muncul sebagai Knut. Dia digambarkan sebagai anak dari Erik, keturunan Ragnar Lodbrok, oleh Gudorm, cucu perempuan Harald Klak. Dalam versi dongengnya, Harthacnut diangkat oleh Ennignup (disarankan penafsiran Gnupa Saxo), tetapi tidak pernah menerima kekristenan.

Harta Silverdale[sunting | sunting sumber]

Di dalam Silverdale Hoard terdapat koin perak tercetak dengan nama "Airdeconut" varian Inggris Harthacnut. Tumpukan tersebut sampai pada awal abad ke-10, tetapi gayanya serupa dengan koin raja Viking lainnya di Northumbria. Jadi tidak ada alasan untuk menyarankan koin ini berhubungan dengan raja Harthacnut dari Denmark daripada Viking Northumbria yang tidak diketahui. Namun, ada yang mengatakan bahwa Northumbria mungkin adalah Northmannia dari mana penakluk Denmark Adam Hardhorn berasal.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Adam of Bremen, trans. and ed. Francis Joseph Tschan, Timothy Reuter, History of the archbishops of Hamburg-Bremen, Columbia University Press, 2002, p. 44.
  2. ^ Asfriþr karþi kumbl þaun aft Siktriku sun sin aui Knubu (Asfrith carved this gravestone after Sigtrygg, her son and Gnupa's); Ui Asfriþr karþi kubl þausi tutir Uþinkars aft Sitriuk kununt sun sin auk Knubu (Holy Asfrith carved this gravestone, Odinkar's daughter, after Sigtrygg, king, her son and Gnupa's). A. V. Storm, "Pages of Early Danish History, from the Runic Monuments of Sleswick and Jutland", The Saga=Book of the Viking club, vol. 2, pp. 328-347.
  3. ^ Lis Jacobsen: "Svenskevældets Fald. Studier til Danmarks Oldhistorie i filologisk og runologisk Lys", København, 1929
  4. ^ Storm
Gelar kebangsawanan
Didahului oleh:
Sigtryg Gnupasson
Raja Denmark
skt. 916 - skt. 936
(mungkin hanya
bagian dari kerajaan)
Diteruskan oleh:
Gormr gamli