Hans dari Denmark

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Hans dari Denmark
Prince Hans of Denmark.jpg
Potret oleh Mabuse, 1526.
Lahir21 Februari 1518
Kopenhagen, Denmark
Wafat11 Agustus 1532(1532-08-11) (umur 14)
Regensburg, Bayern
Pemakaman
HouseOldenburg
AyahKristian II dari Denmark
IbuIsabella dari Austria
AgamaKatolik Roma

Hans dari Denmark, Norwegia dan Swedia (bahasa Denmark: Hans af Danmark, Norge og Sverige), lahir pada 21 Februari 1518 di Kopenhagen (Uni Kalmar) dan meninggal pada 11 Agustus 1532 di Regensburg (Kekaisaran Romawi Suci), adalah putra tertua dan pertama dari empat bersaudara yang lahir dari Raja dan Ratu Denmark dan Norwegia, Kristian II dan Isabella dari Austria. Karena itu dia adalah putra mahkota Kerajaan Denmark.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Nama Hans diambil dari nama kakek dari pihak ayahandanya, Raja Hans dari Denmark. Ketika ia berusia satu tahun, ibundanya melahirkan anak kembar, Filip dan Maximilian, yang keduanya meninggal pada tahun berikutnya. Dia juga memiliki dua adinda, Dorothea, istri Pfalzgraf, dan Christine, istri Adipati Milan dan wali penguasa kadipaten Lorraine dan Bar.

Setelah pemecatan Raja Kristian II pada 1523 oleh pamandanya Raja Frederik I dari Denmark, Pangeran Hans harus mengikuti orang tuanya ke pengasingan di Belanda Habsburg. Setelah kematian ibundanya pada 1526, ia dibesarkan oleh pamandanya, Karl V, Kaisar Romawi Suci. Ayahandanya kembali ke Oslo (Norwegia) pada 5 Januari 1532 untuk mencoba agar Hans diakui sebagai putra mahkota oleh Riksråd (Dewan Nasional Norwegia), yang memungkinkannya menjadi raja Norwegia berikutnya. Namun, ia meninggal tak lama kemudian saat bepergian dengan Kaisar ke Kota kekaisaran merdeka Bayern, Regensburg, pada 11 Agustus 1532, pada usia 14 tahun.

Hans dimakamkan di Biara Sint-Pietersabdij, Ghent (Graafschap Vlaanderen) hingga 1883[1], tanggal kembalinya ke Denmark di Katedral Santo Knud. Dia digambarkan sebagai orang yang cakap dan cerdas, mampu memimpin negara.[2]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Bricka (1887), hlm. 567.
  2. ^ Bricka (1887), hlm. 566.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Media terkait John of Denmark di Wikimedia Commons