Kinsey (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Kinsey
Kinsey movie.jpg
Poster film Kinsey
Sutradara Bill Condon
Produser Gail Mutrux
Skenario Bill Condon
Pemeran Liam Neeson
Laura Linney
Chris O'Donnell
Peter Sarsgaard
Timothy Hutton
John Lithgow
Tim Curry
Oliver Platt
Musik Carter Burwell
Sinematografi Frederick Elmes
Penyunting Virginia Katz
Perusahaan
produksi
American Zoetrope
Myriad Pictures
Distributor Fox Searchlight Pictures
Tanggal rilis
Durasi
118 menit[1]
Negara Amerika Serikat
Bahasa Inggris
Anggaran $11 juta[2]
Pendapatan kotor $16,918,723[2]

Kinsey adalah film biografi drama romantis Amerika Serikat tahun 2004 yang disutradarai oleh Bill Condon dan diproduseri oleh Gail Mutrux. Naskah film ini ditulis oleh Bill Condon. Film ini dibintangi oleh Liam Neeson, Laura Linney, Chris O'Donnell, Peter Sarsgaard, Timothy Hutton, John Lithgow, Tim Curry dan Oliver Platt.

Film Kinsey ditayangkan secara perdana di Festival Film Telluride pada tanggal 4 September 2004 dan dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 12 November 2004. Film ini mendapatkan review positif dari para kritikus.

Plot[sunting | sunting sumber]

Profesor Alfred Kinsey (Liam Neeson) sedang diwawancarai tentang sejarah seksualnya. Diselingi dengan wawancara, terdapat kilas balik dari masa kecil dan remaja Alfred. Masa kecil Alfred menunjukkan bahwa ayah Alfred (John Lithgow), seorang pendeta kaum awam, mencela penemuan-penemuan modern sebagai penyebab dosa seksual. Kemudian, pada masa remaja Alfred, ayahnya mempermalukannya di sebuah toko dengan mencela penjaga toko karena menunjukkannya rokok. Lalu, pada masa mudanya, Alfred menunjukkan pengalamannya sebagai anggota Pramuka Penggalang dan pernah mengecewakan ayahnya dengan niat kejuruan yang dipilihnya. Kemudian, ketika dewasa, Alfred mengajar di Universitas Indiana sebagai profesor biologi yang memberi ceramah tentang kumbang empedu.

Alfred jatuh cinta dengan seorang murid bernama Clara "Mac" McMillen (Laura Linney) di kelasnya, lalu ia menikahi Mac. Penyempurnaan pernikahan mereka sulit pada awalnya, karena masalah medis yang dimiliki Mac, yang dapat disembuhkan dengan operasi kecil, setelah itu menunjukkan bahwa ia memiliki nafsu seksual yang sama seperti suaminya. Sementara itu, di universitas, Profesor Alfred, yang akrab dipanggil "Prok" oleh mahasiswa pascasarjana, bertemu dengan mahasiswa setelah jam kerja untuk menawarkan saran seksual individu.

Kemudian, pada adegan fiksi di mana ibunya (Veronica Cartwright) baru saja meninggal dan Alfred kembali ke rumah orang tuanya dengan teman-teman dan kerabatnya yang berduka – termasuk saudara perempuannya, yang mengalami obesitas dan karena itu, ia dianggap tidak menarik untuk mendapatkan suami, dan saudara laki-lakinya, yang pindah kembali ke rumah setelah kehilangan bisnisnya – Alfred mengejutkan ayahnya dengan memberitahu "rahasia besarnya": bahwa Alfred melakukan survei seks dan ingin ayahnya berkontribusi membuat sejarah seksualnya sendiri.

Di pesta perayaan penerbitan buku terbaru Alfred tentang kumbang empedu, Alfred mendekati dekan mahasiswa tentang forum kursus pendidikan seks yang terbuka sebagai lawan dari propaganda anti-seks yang diajarkan di kelas penyuluhan kesehatan secara umum. Akhirnya, sang dekan menyetujuinya, namun dengan alasan bahwa forum itu terbuka hanya untuk guru, alumni atau mahasiswa senior serta mahasiswa yang sudah menikah. Namun demikian, Alfred mulai mengajar kursus seks di auditorium yang padat.

Alfred terus menjawab pertanyaan-pertanyaan mahasiswa dalam pertemuan pribadi, namun ia menemukan jawabannya sangat terbatas oleh kurangnya data ilmiah lengkap tentang perilaku seksual manusia. Hal ini menyebabkan Alfred membagikan kuesioner dalam kelas pendidikan seksualnya di mana ia mengetahui tentang perbedaan besar antara asumsi masyarakat terhadap apa yang orang lain lakukan dengan praktik sebenarnya. Setelah mendapatkan dukungan keuangan dari Yayasan Rockefeller, Alfred dan asisten penelitiannya, termasuk asisten terdekatnya, Clyde Martin (Peter Sarsgaard), melakukan perjalanan keliling negara, mewawancarai beberapa orang tentang sejarah seksual mereka.

Seiring berjalannya waktu, Alfred mulai menyadari bahwa seksualitas manusia, termasuk dirinya sendiri, jauh lebih bervariasi daripada yang diperkirakan sebelumnya. Rentang ekspresi yang diciptakannya kemudian dikenal sebagai skala Kinsey, yang menggolongkan keseluruhan seksualitas dari heteroseksualitas sepenuhnya hingga homoseksualitas sepenuhnya.

Buku seksologis pertama yang diterbitkan oleh Alfred, yang merupakan kebiasaan seksual pria, sukses besar dan laku di pasar. Penelitian Alfred beralih ke wanita, yang berujung pada lebih banyak kontroversi. Dengan dirilisnya buku tentang kebiasaan seksual wanita, dukungan untuk Alfred menurun. Tekanan dari McCarthyisme menyebabkan Yayasan Rockefeller menarik dukungan finansial Alfred untuk menghindari anggapan masyarakat sebagai "komunis" karena mendukung nilai-nilai budaya Amerika Serikat.

Alfred merasa bahwa ia telah gagal terhadap semua orang yang pernah menjadi korban ketidaktahuan seksual. Seorang petugas bea cukai diberi tip untuk mengimpor beberapa bahan penelitian Alfred, yang hanya memperburuk situasi keuangan organisasi riset Alfred. Alfred menderita serangan jantung dan ditemukan menjadi pecandu barbiturat. Ia berusaha bertemu dengan para filantropis lainnya, namun ia gagal mendapatkan dukungan yang dibutuhkan. Bagaimanapun juga, Alfred tetap melanjutkan pengambilan sejarah seks-nya.

Kembali ke wawancara awal dengan Alfred, ia ditanya mengenai cinta dan apakah ia akan berusaha melakukan penelitian tentang cinta. Jawabannya adalah bahwa cinta sangat mustahil untuk diukur dan tidak mungkin untuk mengukur (dan tanpa mengukur, ia mengingatkan bahwa tidak mungkin ada ilmu) cinta, namun itu penting. Film ini berakhir dengan Alfred dan istrinya yang memilih jalan lain untuk berjalan secara alami. Istrinya berkomentar tentang pohon yang telah ada selama seribu tahun. Alfred menjawab bahwa pohon itu tampaknya menunjukkan cinta yang kuat dalam bentuk akarnya yang mencengkeram bumi. Setelah itu, Alfred dan istrinya berjalan bersama, lalu Alfred berkomentar bahwa "ada banyak pekerjaan yang harus dilakukan".

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • Liam Neeson sebagai Alfred Kinsey
    • Benjamin Walker sebagai Alfred usia 19 tahun
    • Matthew Fahey sebagai Alfred usia 14 tahun
    • Will Denton sebagai Alfred usia 10 tahun
  • Laura Linney sebagai Clara "Mac" McMillen
  • Peter Sarsgaard sebagai Clyde Martin
  • Chris O'Donnell sebagai Wardell Pomeroy
  • Timothy Hutton sebagai Paul Gebhard
  • John Lithgow sebagai Alfred Seguine Kinsey
  • Tim Curry sebagai Thurman Rice
  • Oliver Platt sebagai Herman Wells
  • Dylan Baker sebagai Alan Gregg
  • William Sadler sebagai Kenneth Braun
  • John McMartin sebagai Huntington Hartford
  • John Krasinski sebagai Ben
  • Lynn Redgrave sebagai narasumber terakhir
  • Julianne Nicholson sebagai Alice Martin
  • Veronica Cartwright sebagai Sara Kinsey
  • Kathleen Chalfant sebagai Barbara Merkle
  • Heather Goldenhersh sebagai Martha Pomeroy
  • David Harbour sebagai Robert Kinsey
  • Judith J. K. Polson sebagai Mildred Kinsey
  • Leigh Spofford sebagai Anne Kinsey
  • Jenna Gavigan sebagai Joan Kinsey
  • Luke Macfarlane sebagai Bruce Kinsey
  • Bill Buell sebagai Dr. Thomas Lattimore

Tanggapan Kritikus[sunting | sunting sumber]

Film Kinsey mendapatkan review positif dari para kritikus. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 90%, berdasarkan 195 ulasan, dengan rating rata-rata 7.6/10.[3] Berdasarkan Metacritic, film ini mendapatkan skor 79 dari 100, berdasarkan 40 kritik, menunjukkan "ulasan yang baik".[4]

Box Office[sunting | sunting sumber]

Film Kinsey mendapatkan $10,254,979 di Amerika Utara dan $6,663,744 di negara lain. Total pendapatan yang dihasilkan oleh film ini mencapai $16,918,723, melebihi anggaran produksi film $11 juta.[2]

Pada pembukaan akhir pekan, film ini mendapatkan $169,038, menempati posisi ke-29 di box office.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Kinsey (15)". British Board of Film Classification. August 31, 2004. Diakses tanggal September 26, 2013. 
  2. ^ a b c d "Kinsey (2004)". Box Office Mojo. Diakses tanggal October 12, 2012. 
  3. ^ "Kinsey (2004)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal February 13, 2018. 
  4. ^ "Kinsey reviews". Metacritic. Diakses tanggal February 13, 2018. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]