Kings of Leon

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Kings of Leon
Kings of Leon tampil langsung dalam Festival Internacional de Benicàssim tahun 2007. Kiri ke kanan: Matthew, Caleb, dan Nathan Folllowill.
Kings of Leon tampil langsung dalam Festival Internacional de Benicàssim tahun 2007.
Kiri ke kanan: Matthew, Caleb, dan Nathan Folllowill.
Informasi latar belakang
AsalNashville, Tennessee, AS
Genre
Tahun aktif2000 – sekarang
LabelSony BMG, RCA, Columbia
Situs webkingsofleon.com
AnggotaNathan Followill
Caleb Followill
Jared Followill
Matthew Followill

Kings of Leon adalah sebuah band Rock asal Amerika Serikat yang berdiri pada tahun 2000. Anggotanya berjumlah empat orang bersaudara, yaitu Nathan, Caleb, Jared, dan sepupu mereka Matthew Followill.

Musik awal band ini adalah campuran dari Southern rock dan garage rock dengan pengaruh Blues, tetapi secara bertahap berkembang selama bertahun-tahun dengan memasukkan berbagai genre dan musik arena rock yang lebih alternatif. Kings of Leon mencapai kesuksesan awal di Inggris dengan tiga studio Album mereka, Youth and Young Manhood (2003), Aha Shake Heartbreak (2005), Because of the Times (2007) yang masuk lima besar UK Albums Chart dan masing-masing mendapatkan sertifikasi 2x platinum oleh British Phonographic Industry (BPI) dan 2x platinum oleh Australian Recording Industry Association (ARIA), dimana album ketiga mereka, Because of the Time berhasil mencapai peringkat nomor satu di Inggris.

Band ini mencapai kesuksesan komersial terbesar mereka dengan merilis studio album keempat mereka, Only by the Night, pada September 2008. Album ini menelurkan hit singel "Sex on Fire" dan "Use Somebody", yang masing-masing menempati peringkat 56 dan 4 di US Billboard Hot 100 dan masuk sepuluh besar tangga lagu di beberapa negara lainnya. Only by the Night mencapai peringkat empat di Billboard 200, dan menempati peringkat #1 di Australia, Irlandia, Selandia Baru, dan Inggris. Album ini mendapatkan sertifikasi 2x platinum oleh RIAA, album terlaris tahun 2008 di Australia dengan sertifikat 10x platinum oleh ARIA, 10x platinum oleh BPI Inggris, dan terjual 6,2 juta keping di seluruh dunia.

Album kelima King of Leon, Come Around Sundown, dirilis pada 18 Oktober 2010. Album ini menempati peringkat dua di Amerika dan #1 di beberapa negara seperti Australia, Kanada, Selandia Baru dan Inggris, mendapat sertifikasi gold oleh RIAA, 3x platinum oleh BPI, dan dua kali platinum oleh ARIA. Album keenam mereka, Mechanical Bull, dirilis pada 24 September 2013. disusul oleh studio album ketujuh, Walls, dirilis pada 14 Oktober 2016, merupakan album pertama mereka yang berhasil meraih peringkat satu di Amerika. Mereka kemudian merilis studio album kedelapan mereka, When You See Yourself, dirilis pada 5 Maret 2021.

King of Leon telah menjual lebih dari 21 juta album di seluruh dunia dan 38 juta single. Grup ini mendapat 12 nominasi Penghargaan Grammy, berhasil memenangkan 4 penghargaan. Mereka termasuk dalam gelombang kedua dari band-band yang berhasil mendapatkan kesuksesan internasional sebagai bagian dari gerakan bangkitnya genre Garage rock pada pertengahan dekade 2000-an.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Tahun-tahun awal: sebelum tahun 2002[sunting | sunting sumber]

Tiga saudara Followill (Matthew adalah sepupu mereka) dibesarkan di Oklahoma dan Tennessee bersama ayah mereka, Ivan Leon Followill, seorang pengkhotbah Gereja Pantekosta Bersatu, dan ibu mereka, Betty-Ann. Nathan lahir di Oklahoma, dan Jared serta Caleb lahir di sekitar Memphis, Tennessee, Tennessee. Jared bersekolah di Mount Juliet High School, sementara Matthew lahir dan dibesarkan di Mississippi. Ketika ayah mereka mengundurkan diri dari gereja dan orang tua mereka bercerai pada tahun 1997, Nathan dan Caleb pindah ke luar Nashville, Tennessee dan awalnya memainkan musik country. Sementara di sana, mereka bertemu penulis lagu Angelo Petraglia, yang membantu mereka mengasah keterampilan menulis lagu dan memperkenalkan mereka pada musik dari Thin Lizzy, The Rolling Stones dan The Clash. Jared, yang sempat bersekolah di sekolah umum, lebih dipengaruhi oleh musik Pixies dan Velvet Underground. Ketika dia dan sepupu mereka Matthew juga pindah ke Nashville pada tahun 1999, Kings of Leon dibentuk. Mereka menamai band tersebut berdasarkan nama kakek mereka yaitu Leon, yang meninggal pada Januari 2014.

Kontrak pertama dan EP pertama: 2002–2003[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2002, Nathan dan Caleb telah mendapat perhatian dari sejumlah label musik dan akhirnya menandatangani kontrak dengan RCA Records, yang awalnya bersikeras membentuk sebuah band untuk mereka berdua saja. Namun, dalam sebuah wawancara dengan Billboard (majalah), Nathan menjelaskan bagaimana mereka memberi tahu RCA, "Kami tidak ingin menjadi Evan dan Jaron. Kami akan membelikan adik kami bass, dia siswa baru di sekolah menengah. Caleb akan belajar gitar, Matthew bermain gitar ketika dia berusia 10 dan saya akan memainkan drum. Mereka berkata, 'Baiklah, kami akan turun dalam satu bulan dan sampai jumpa.'" Kemudian dalam wawancara Caleb mengaku kepada saudara-saudara " menculik" sepupu mereka Matthew dari kampung halamannya di Mississippi agar dia bergabung dengan band. Mereka memberi tahu ibunya bahwa dia hanya akan tinggal selama seminggu tetapi tidak pernah mengizinkannya kembali ke rumah. "Kami mengunci diri di ruang bawah tanah dengan satu ons ganja dan benar-benar menghabiskan satu bulan di sana. Ibuku akan membawakan kami makanan," tambah Nathan. "Dan pada akhir bulan itu orang-orang label datang dan kami memiliki 'Molly's Chambers', 'California Waiting,' 'Wicker Chair,' dan 'Holy Roller Novocaine.'" Rekaman pertama band ini, sebuah EP berjudul Holy Roller Novocaine, dirilis pada 18 Februari 2003. Pada tahap ini, Jared baru berusia 16 tahun dan belum belajar memainkan bass. Merilis Holy Roller Novocaine memberi Kings of Leon sejumlah besar eksposur, menerima peringkat 4/5 bintang dari majalah Rolling Stone. Semua lagu yang dirilis dalam EP ini ditulis bersama oleh Angelo Petraglia, yang juga memproduseri rekaman tersebut, dan empat dari lima lagu tersebut nantinya akan dirilis di album Youth and Young Manhood. Versi "Wasted Time" dan "California Waiting" di EP berbeda dari versi album mereka, namun, dengan yang pertama memiliki riff yang lebih tegang dan gaya vokal yang berbeda dari lagu yang sama di Youth and Young Manhood. EP ini juga berisi lagu "Wicker Chair", sementara lagu berjudul "Andrea" dibuang sebelum dirilis.

Album pertama dan pujian: 2003–2006[sunting | sunting sumber]

Album debut mereka, Youth and Young Manhood, dirilis di Inggris pada Juli 2003 dan di Amerika Serikat pada Agustus itu. Album ini direkam antara Sound City Studios di Los Angeles dan Shangri-La Studios di Malibu, California. Itu diproduksi oleh Angelo Petraglia dan Ethan Johns. Menurut majalah Rolling Stone, tampilan retro-chic band dan perpaduan boogie Selatan dan Garage rock yang kemudian membandingkan dengan Lynyrd Skynyrd dan The Strokes. Album ini menjadi sensasi di Inggris dan Irlandia, di mana NME mendeklarasikannya sebagai "salah satu album debut terbaik dalam 10 tahun terakhir" dan The Guardian menggambarkan band ini sebagai "jenis pemberontak asli dan berbulu yang diinginkan Rolling Stones" . Album ini masih gagal untuk membuat dampak yang signifikan di AS, di mana ulasan umumnya tidak terlalu baik dan penikmat musik rock modern umumnya tidak tertarik. Di Amerika Serikat, Youth and Young Manhood hanya terjual 200.000 eksemplar, dibandingkan dengan 750.000 eksemplar yang terjual ke luar negeri. Album kedua band, Aha Shake Heartbreak, dirilis di Inggris pada Oktober 2004 dan di Amerika Serikat pada Februari 2005. Dipengaruhi oleh musik garasi rock selatan dari album pertama mereka, album ini memperluas audiens domestik dan internasional band. Album ini kembali diproduseri oleh Angelo Petraglia dan Ethan Johns. "The Bucket", "Four Kicks", dan "King of the Rodeo" semuanya dirilis sebagai singel, dengan "The Bucket" masuk ke Top 20 tangga lagu di Inggris. "Taper Jean Girl" juga digunakan dalam film Disturbia 2007 dan film Cloverfield pada 2008. Band ini mendapatkan pujian dari beberapa rekan musisi rock mereka, termasuk Elvis Costello, dan mereka juga melakukan tur dengan U2, Bob Dylan dan Pearl Jam selama tahun 2005 dan 2006.

Because of the Times and Only by the Night: 2006–2010[sunting | sunting sumber]

Album ketiga band ini berjudul Because of the Times dan dirilis pada tanggal 2 April 2007 di Inggris, dan sehari kemudian di Amerika Serikat. Perilisan album didahului oleh singel "On Call", yang menjadi hit di Inggris dan Irlandia. Album ini debut di nomor satu di tangga album Inggris dan Irlandia dan memasuki tangga album Eropa di nomor 25, terjual sekitar 70.000 kopi di minggu pertama perilisannya di Inggris, dan telah dianugrahi 3x platinum oleh BPI. Meskipun dipuji oleh beberapa kritikus, yang lain menganggap album ini tidak terlalu bagus jika dibandingkan dengan album mereka sebelumnya.

Pada tahun 2008, Kings of Leon merilis album studio keempatnya, Only by the Night, diproduseri oleh Jacquire King dan Angelo Petraglia pada 19 September, yang kemudian menempati peringkat #1 di UK Albums Chart dan bertahan di sana selama satu minggu lagi dan mendapat 10x Platinum atas penjualan 3 juta keping. Di Amerika Serikat, album ini mencapai peringkat empat di Billboard 200 Amerika dan mendapatkan sertifikat 2x Platinum atas penjualan 2 juta kopi. Penerimaan album adalah yang paling terpolarisasi, dengan pers Inggris memberikan ulasan album yang bersinar, sementara di Amerika Serikat, reaksi terhadap album lebih beragam. Album ini secara resmi dinobatkan sebagai album terlaris ketiga di Inggris tahun 2008 dan album terlaris tahun 2008 di Australia dan total terjual 6,2 kopi di seluruh dunia, menjadikan album terlaris dalam karir mereka. "Sex on Fire" adalah singel pertama yang dirilis untuk diunduh di Inggris pada 8 September. Lagu ini menjadi yang paling sukses milik band karena memuncaki nomor satu di Inggris, Irlandia, Australia, dan Selandia Baru. Mereka memenangkan penghargaan Best International Band dan Best International Album di Brit Awards pada tahun 2009, di mana mereka juga menampilkan "Use Somebody" secara live. Kings of Leon juga tampil pada 14 Maret 2009, di Sound Relief, sebuah konser amal, untuk Victorian Bushfire Crisis. Single ketiga dan keempat adalah "Revelry", yang memuncak pada nomor 19 di Selandia Baru, dan "Notion", yang memuncak pada nomor 24 di Belgia. Pada tahun 2008, Kings of Leon menjadi headline Festival Glastonbury, dan pada tahun 2009, band ini menjadi headline sejumlah festival musik, termasuk Festival Reading dan Leeds, Rock Werchter, Oxegen, T in the Park, Gurtenfestival dan Open'er Festival di Polandia, Eropa. , bersama dengan Sasquatch, Lollapalooza, dan Batas Kota Austin di Amerika Serikat.

Band ini merilis DVD pertama, Live at the O2 London, Inggris, pada 10 November 2009. Album ini dirilis dalam bentuk Blu-ray Disc pada 24 November 2009. Rekaman itu difilmkan di O2 Arena London pada 30 Juni 2009, ketika band ini menampilkan 22 lagu di depan lebih dari 18.000 penonton. Dalam sebuah wawancara dengan Billboard.com, drummer Nathan menyatakan, "Inggris adalah benar-benar tempat pertama yang kami hancurkan (...) Kami menemukan tempat yang lebih baik untuk membuat DVD live than di mana para penggemar telah menjadi yang paling gila untuk waktu yang lama."Pertunjukan tersebut menampilkan lagu-lagu dari album empat pertama band, dan Nathan melanjutkan dengan mengatakan, "Kami hanya menempatkan kamera di belakang pikiran kami dan bertindak seolah-olah mereka tidak ada di sana." Pada tanggal 31 Januari 2010, Kings of Leon membawa pulang Grammy Award untuk Record of the Year, Best Rock Performance by a Duo or Group with Vocal dan Best Rock Song untuk "Use Somebody" di Penghargaan Grammy Tahunan ke-52.

Come Around Sundown: 2010–2011[sunting | sunting sumber]

Album kelima band, yang disebut Come Around Sundown, dirilis pada 18 Oktober 2010 di Inggris, dan 19 Oktober 2010 di AS.[28] Itu direkam di Nashville dan New York antara Februari dan Juni 2010 dengan Jacquire King dan Angelo Petraglia sekali lagi memimpin. Setelah merilis Come Around Sundown di Australia, band ini merilis semua lagu dari album baru di situs web mereka.

Pada bulan Juni 2010, band ini memulai tur mengunjungi lebih dari 50 kota di Amerika Utara dan Eropa. Tanggal tur berlangsung dari 5 Juni hingga 23 September.[30] Pada bulan Juni mereka menjadi headline festival Kastil Slane di Irlandia, sementara mereka diberitahu tentang kematian paman mereka Cleo. Pada tanggal 27 Juli 2011, selama konser di Dallas, Texas, penyanyi Caleb Followill tampak sangat mabuk dan tidak jelas di antara lagu-lagu, sering mengoceh tentang apa-apa. Dia meninggalkan panggung, mengklaim dia akan muntah, minum bir dan kembali memainkan tiga lagu lagi. Dia tidak pernah kembali, menyebabkan anggota band lainnya meminta maaf kepada penonton dan mengakhiri konser dengan tiba-tiba. Pada tanggal 1 Agustus 2011, band ini mengumumkan melalui situs web mereka bahwa sisa tur AS mereka akan dibatalkan tanpa penjadwalan ulang karena tanggal yang telah mereka jadwalkan.

Mechanical Bull: 2011–2014[sunting | sunting sumber]

Bassis Kings of Leon Jared Followill menegaskan bahwa band telah selesai merekam LP keenam mereka, yang dilaporkan oleh NME akan dirilis pada bulan September 2012. Judul album adalah Mechanical Bull terungkap pada 7 Juni, dan album ini dirilis pada 24 September. Single pertama album ini, berjudul "Supersoaker", dirilis pada 17 Juli 2013. Single kedua "Wait for Me" dirilis di Inggris pada Agustus 2013 dan debut di nomor 31 di UK Singles Chart. "Last Mile Home", sebuah lagu yang berasal dari versi deluxe dari Mechanical Bull, memiliki versi stripped-down yang ditulis untuk soundtrack film August: Osage County.

Walls: 2016–2019[sunting | sunting sumber]

Pada bulan Agustus, band ini mengumumkan bahwa judul albumnya adalah Walls (singkatan dari We Are Like Love Songs), dan akan dirilis pada 14 Oktober 2016. Single pertama dari album ini, "Waste a Moment", dirilis pada 9 September 2016. Album ini kemudian mencapai No. 1 di chart album Billboard 200. Walls terjual 77.000 unit pada minggu pertama, yang mana menjadi album pertama mereka yang menempati peringkat #1 di Amerika.

When You See Yourself: 2020–present[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 31 Maret 2020, band merilis rekaman akustik live dari lagu baru pertamanya setelah lebih dari tiga tahun, "Going Nowhere"—kemudian berganti nama menjadi "Supermarket" dan dimasukkan dalam album studio kedelapan When You See Yourself—melalui YouTube dan berbagai platform media sosial. Pada tanggal 1 Januari 2021, band ini memberikan teaser lagu "The Bandit" di Instagram, dan kemudian memposting lima teaser lagu baru lagi. Nama album diumumkan pada 7 Januari 2021, dan album dirilis pada 5 Maret 2021. Pada hari yang sama, band ini merilis dua singel utama album; "The Bandit" dan "100.000 Orang". Seperti pendahulunya album ini diproduksi oleh Markus Dravs.

Anggota[sunting | sunting sumber]

  • Caleb Followill – vokal utama, gitar ritme(2000–sekarang)
  • Jared Followill – bass, keyboard, synthesizer, vokal latar (2000–sekarang)
  • Matthew Followill – gitar utama, keyboard, piano, vokal pendukung (2000–sekarang)
  • Nathan Followill – drum, perkusi, vokal latar (2000–sekarang)

Anggota tour

  • Christopher Coleman – gitar ritme, keyboard, piano, perkusi, vokal latar (2010–2014)
  • Ethan Luck – gitar ritme, keyboard, perkusi, vokal latar (2014–2016)

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]