Keruing Gunung

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Keruing Gunung
Dipterocarpus retusus - Köhler–s Medizinal-Pflanzen-054.jpg
from Koehler's Medicinal-Plants (1887)
Status konservasi
Klasifikasi ilmiah
Kingdom: Plantae
(tanpa takson): Angiospermae
(tanpa takson): Eudikotil
(tanpa takson): Rosidae
Ordo: Malvales
Famili: Dipterocarpaceae
Genus: Dipterocarpus
Spesies: D. retusus
Nama binomial
Dipterocarpus retusus
Blume
Sinonim
  • D. tonkinensis A. Chev.

Keruing Gunung (Lat.: Dipterocarpus retusus)[2] merupakan salah satu jenis pohon niaga dari kelompok keruing, dan dalam dunia ilmu tumbuh-tumbuhan dikenal dengan nama Dipterocarpus retusus Bl.[3] Jenis ini termasuk dalam suku meranti-merantian Dipterocarpaceae.[2] Pohonnya berbanir, tingginya mencapai 50 meter, garis tengah (diameter 150 meter).[2] Batangnya tegak, lurus, dengan kulit luar yang berwarna abu-abu coklat dan mengelupas dalam kepingan besar.[3] Pepagan tebal, berwarna kuning muda sampai putih agak kuning.[2] Daunnya tunggal, besar sekali, berbentuk jorong, agak berbulu.[2] Perbungaan malai.[2] Buahnya agak bulat, bersayap panjang dua dan sayap pendek tiga.[2] Jenis ini terdapat di India, Burma, Thailand, Semenanjung Malaya, Sumatra, Jawa, Sumba, Sumbawa dan Timor.[3] Tempat tumbuhnya hutan primer atau belukar tua, pada tanah liat, berpasir atau berbatu disepanjang sungai ataupun di tempat kering.[2] Di daerah beriklim basah jenis ini tumbuh pada ketinggian 800-1300 meter diatas permukaan laut, sedangkan di daerah beriklim kering dapat tumbuh pada ketinggian 100 meter.[3] Masa berbunga terjadi pada bulan Februari, Juni, September dan November dan masa berbuah pada bulan Januari, Februari, September dan November.[3] Kayu gubalnya tebal dan berwarna putih kekuningan sampai kuning tua.[3] Keawetan dan kekuatan kayunya digolongkan dalam kelas III dan II, dan berat jenisnya 0,73.[2] Kayu keruing gunung dapat dipakai sebagai bahan bangunan rumah, perahu dan kadang-kadang alat rumah tangga.[2] Jenis ini belum pernah dibudidayakan kecuali penanaman beberapa pohon di Kebun Raya Bogor.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Ashton, P. (1998). "Dipterocarpus retusus". IUCN Red List of Threatened Species. Version 2011.2. International Union for Conservation of Nature. Diakses tanggal 14 April 2012. 
  2. ^ a b c d e f g h i j (Indonesia) Hassan Shadily Ensiklopedi Indonesia Jilid ke-3. 1984. Jakarta: Ictiar Baru- Van Hoeve dan Elsevier Publishing Projects. hal 1761.
  3. ^ a b c d e f g (Indonesia) "Jenis-jenis Kayu Indonesia" (PDF). Keruing Gunung (Dipterocarpus retusus). Diakses tanggal 13 Juni 2014.