Kedidir hitam amerika utara

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kedidir hitam amerika utara
Haematopus bachmani
Status konservasi
Risiko rendah
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasAves
OrdoCharadriiformes
FamiliHaematopodidae
GenusHaematopus
SpesiesHaematopus bachmani
Audubon, 1838
Distribusi

Kedidir hitam Amerika utara ( Haematopus bachmani ) adalah burung hitam mencolok yang ditemukan di garis pantai Amerika Utara bagian barat, mulai dari Kepulauan Aleutian di Alaska hingga pantai semenanjung Baja California .

Ini adalah salah satu perwakilan keluarga kedidir (Haematopodidae) dimana sebagian besar wilayah jelajahnya, sedikit tumpang tindih dengan kedidir Amerika ( H. palliatus ) di pantai Baja California. Dalam jangkauannya, di Amerika Serikat, burung ini paling sering disebut sebagai penangkap tiram hitam, meskipun nama ini juga digunakan secara lokal untuk kedidir hitam Amerika selatan dan kedidir hitam Afrika . Nama ilmiahnya diambil oleh John James Audubon dari nama temannya John Bachman .

Meskipun spesies ini tidak dianggap terancam, populasi globalnya diperkirakan antara 8.900–11.000. Burung ini merupakan spesies dengan perhatian konservasi tinggi di seluruh wilayah jelajahnya (Rencana Konservasi Burung Pantai di AS, Kanada, Alaska, dan Pasifik Utara & Selatan), spesies indikator kunci di sepanjang garis pantai Pasifik utara, spesies indikator pengelolaan di Hutan Nasional Chugach, dan Spesies fokus US Fish & Wildlife Service untuk tindakan konservasi prioritas.

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Kedidir hitam Amerika Utara merupakan burung pantai berukuran besar, dengan kepala, leher, dan dada berwarna hitam, serta badan berwarna coklat tua, panjang (9 cm) paruh berwarna merah/oranye cerah dan kaki berwarna merah muda. Ia memiliki iris kuning cerah dan cincin mata merah. Bulunya sedikit bervariasi dari utara ke selatan, menjadi lebih gelap di utara.

Perilaku[sunting | sunting sumber]

Burung ini jangkauannya terbatas, tidak pernah menyimpang jauh dari pantai, khususnya menyukai garis pantai berbatu. Diperkirakan bahwa hal ini paling banyak terlihat di pesisir pantai yang memiliki beberapa teluk yang lebih tenang, seperti kawasan lindung dermaga . Ia mencari makan di zona pasang surut, memakan invertebrata laut, khususnya moluska seperti remis, keong, dan chiton, namun juga kepiting, isopoda, dan teritip . Ia mencari makan melalui daerah pasang surut, mencari makanan secara visual, sering kali berada sangat dekat dengan tepi air sehingga harus terbang untuk menghindari deburan ombak. Ia menggunakan paruhnya yang kuat untuk mengeluarkan makanan dan membuka cangkangnya. Saat air pasang, biasanya tidak aktif dan terlihat sedang beristirahat dan menunggu pembalikan pasang surut.

Karena kedidir Amerika utara bersifat teritorial, terutama pada musim bersarang, mereka dapat dengan mudah dideteksi melalui vokalisasinya yang keras saat terbang, secara aktif mempertahankan area mencari makan dan bersarang di satu wilayah. Beberapa pasangan tercatat tinggal bersama selama bertahun-tahun. Sarang adalah mangkuk kecil atau cekungan di dekat pantai tempat kerikil kecil dan pecahan cangkang dilemparkan dengan gerakan paruh ke samping atau ke belakang.

Sekitar dua hingga tiga telur diletakkan di sarang ini; mereka sangat keras, dan bahkan dapat bertahan hidup saat terendam air pasang atau permukaan air yang sangat tinggi. Inkubasi memakan waktu sekitar 26–28 hari. Anak anaknya dapat meninggalkan sarangnya setelah satu hari, tetapi tetap berada di wilayah tersebut untuk waktu yang lama setelah berkembang biak (kira-kira 40 hari). Remaja yang sudah dewasa tinggal di wilayah tersebut sampai musim kawin berikutnya. Jika induknya bermigrasi, anak ayam tahun itu dapat bermigrasi bersama mereka, paling sering di bagian utara wilayah jelajah.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ BirdLife International (2012). "Haematopus bachmani". Diakses tanggal 26 November 2013.