Kaum Masoret

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Kaum Masoret (Ibrani: בעלי המסורה, ba'alei hamasorah; bahasa Inggris: Masoretes) merupakan kelompok-kelompok para ahli kitab Yahudi yang berkarya antara abad ke-6 dan ke-10 M,[1] dengan basis utama di Israel masa kini di kota Tiberias dan Yerusalem, serta di Irak (Babilonia). Masing-masing kelompok menyusun suatu sistem pengucapan (atau pelafalan) dan panduan tata bahasa dalam bentuk catatan-catatan diakritik pada teks biblika yang diterbitkan. Mereka berupaya membakukan pengucapan, pembagian paragraf dan ayat, serta kantilasi dari Alkitab Yahudi, yaitu Tanakh, bagi umat Yahudi di seluruh dunia.

Keluarga ben Asher, yang mana termasuk golongan Masoret, sangat berperan dalam pelestarian dan pembuatan Teks Masoret, meskipun ada suatu teks Masoretik alternatif dari ben Naphtali yang memiliki sekitar 875 perbedaan dengan teks dari ben Asher.[2] Otoritas halakha dari Moses Maimonides memandang lebih tinggi pada karya ben Asher tersebut; namun Saadya Gaon al-Fayyumi, seorang akademisi Yahudi dari Mesir, lebih memilih sistem ben Naphtali. Keluarga ben Asher dan sebagian besar kaum Masoret tampaknya termasuk golongan Karaisme.[3] Tetapi Geoffrey Khan meyakini bahwa keluarga ben Asher kemungkinan bukanlah Karait.[4]

Kaum Masoret merancang sistem notasi huruf hidup untuk bahasa Ibrani yang mana sampai saat ini masih digunakan secara luas, dan juga simbol-simbol khusus yang digunakan untuk kantilasi (langgam atau pelantunan bacaan).

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ (Inggris) Wegner, Paul (1999). The Journey From Texts to Translations. Baker Academic. p. 172. ISBN 978-0801027994. 
  2. ^ (Inggris) Louis Ginzberg, Caspar Levias, Ben Naphtali, Jewish Encyclopedia 
  3. ^ (Inggris) Jewish Virtual Library: Aaron ben Moses ben Asher
  4. ^ (Inggris) Khan, Geoffrey (2000). Early Karaite grammatical texts. Society of Biblical Literature. p. 52 ISBN 978-1589830004.
    cf. Khan, Geoffrey (1990). Karaite Bible Manuscripts from the Cairo Genizah. CUP Archive. p. 20 ISBN 978-0521392273.

Bacaan lanjutan[sunting | sunting sumber]


Pranala luar[sunting | sunting sumber]