Katedral Pula

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Pula
Katedral Santa Perawan Maria Diangkat ke Surga di Pula
Katedral Pula
Katedral Pula di Kroasia
Katedral Pula
Katedral Pula
Lokasi katedral di Kroasia
44°52′18″N 13°50′40″E / 44.87167°N 13.84444°E / 44.87167; 13.84444Koordinat: 44°52′18″N 13°50′40″E / 44.87167°N 13.84444°E / 44.87167; 13.84444
LokasiPula
NegaraKroasia
DenominasiGereja Katolik Roma
Sejarah
Uskup sebelumnyaYang Mulia Mgr. Juraj Dobrila
Arsitektur
Status fungsionalKon-katedral
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Poreč i Pula
Klerus
UskupYang Mulia Mgr. Dražen Kutleša

Pemandangan menara katedral.

Katedral Pula atau yang bernama lengkap resmi Katedral Santa Perawan Maria Diangkat ke Surga (Kroasia: Katedrala uznesenja Blažene Djevice Marije) adalah sebuah gereja kon-katedral Katolik yang terletak di Pula, Kroasia. Bersama dengan Basilika Eufrasia, gereja ini adalah salah satu dari dua kedudukan resmi Keuskupan Poreč i Pula. Gereja ini terletak di sisi selatan teluk Pula di kaki bukit dengan benteng Venesia abad ke-17. Situs gereja masa kini telah digunakan untuk ibadah keagamaan sejak zaman Romawi kuno dan gereja-gereja Katolik pertama di situs tersebut dibangun pada akhir abad ke-4 dan awal abad ke-5 Masehi. Bangunan-bangunan ini telah melalui serangkaian perluasan dan rekonstruksi selama berabad-abad.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Dipercaya bahwa di lokasi gereja masa kini terdapat kuil yang didedikasikan untuk Jupiter Conservator pada zaman Romawi.[1] Penggalian arkeologi juga mengungkap reruntuhan thermae Romawi di lokasi tersebut, dan kemungkinan besar selama Penganiayaan Diokletianus umat Katolik setempat menggunakannya untuk pertemuan rahasia.

Mosaik dari Bunda Maria di Katedral Pula

Pada abad ke-4 dan ke-5, seluruh kompleks bangunan Katolik kuno secara bertahap didirikan di lokasi tersebut. Sebuah gereja kecil yang lebarnya sesuai dengan bagian tengah katedral saat ini dibangun pertama kali, yang diikuti pada pertengahan abad ke-4 oleh gereja St. Thomas dengan satu bagian tengah di sebelahnya. Keduanya dimasukkan ke dalam aula gereja yang diperluas pada awal abad ke-5. Pada paruh kedua abad ke-5, bangunan ini diubah lebih lanjut menjadi basilika tiga bagian yang menampilkan elemen arsitektur yang populer di Adriatik utara pada saat itu, seperti apse yang dipasang pada fasad dan keseluruhannya sisi belakang gereja yang datar. Pada waktu yang hampir bersamaan, sebuah baptisan yang memiliki denah lantai berbentuk salib dan kediaman uskup dibangun di depan basilika, namun keduanya kemudian dibongkar pada abad ke-19 setelah kedudukan keuskupan. dipindahkan ke Poreč pada tahun 1828.

Katedral masa kini muncul melalui serangkaian perluasan bangunan abad ke-5 yang sudah ada sebelumnya. Katedral aslinya dihiasi dengan indah dengan fresko dan mosaik lantai.[2] Namun, hanya sebagian kecil dari mosaik asli yang bertahan hingga saat ini, dengan tulisan di dalamnya DAMIANUS ET LAVRENTIA, yaitu nama pasangan yang telah membayar mosaik tersebut sebagai bagian dari janji pernikahan mereka.

Pada tahun 1860 sebuah kuburan berisi sarkofagus batu ditemukan di dalam gereja. Sarkofagus itu berisi kotak perak yang dihiasi gambar St. Hermagoras dan St. Fortunatus, uskup Aquileia.[2] Kotak itu berisi relikui emas yang lebih kecil yang diyakini berisi relik Thomas Rasul, santo pelindung Pula dan Keuskupan Pula-Poreč. Peninggalan tersebut mungkin dibawa ke sini dari Konstantinopel pada abad ke-5 dan saat ini disimpan di Kunsthistorisches Museum di Wina.[1]

Uskup pertama yang berkedudukan di Pula adalah Antonius, yang namanya disebutkan pada periode 510 hingga 547. Pada masa pemerintahan uskup Handegis (857–862) sebuah pintu masuk tambahan dibangun di tembok selatan. Saat ini pintu masuk ini ditutup tembok, namun garis besarnya masih dapat dilihat di dinding selatan. Pada tahun 1242 katedral ini rusak berat akibat serangan Venesia dan kebakaran yang terjadi kemudian. Kerusakan tersebut diperbaiki sepenuhnya pada abad ke-15 ketika bangunan tersebut mengalami rekonstruksi ekstensif dan sakristi yang sekarang ditambahkan.[2]

Pada tahun 1707, menara lonceng bergaya barok yang berdiri bebas ditambahkan, di sebelah tempat pembaptisan abad ke-5 di depan basilika. Menara lonceng dibangun menggunakan batu yang diambil dari Arena Pula buatan Romawi. Fasad klasisisme katedral saat ini dibangun pada tahun 1712, pada masa uskup Bottari, ketika pekerjaan ekstensif pada rekonstruksi basilika dan menara lonceng diluncurkan dan akhirnya selesai pada tahun 1924.[3] Tempat pembaptisan abad ke-5 kemudian dibongkar pada tahun 1885. Pietro Kandler, seorang sejarawan Austria abad ke-19, telah membuat beberapa gambar tempat pembaptisan yang bertahan hingga hari ini dan menunjukkan bahwa tempat pembaptisan tersebut masih ada. Font pembaptisan heksagonal, mirip dengan yang ada di Basilika Eufrasia di dekat Poreč.

Katedral kembali rusak parah selama pemboman Perang Dunia II di Pula, namun diperbaiki lagi pada tahun 1947.[2]

Peninggalan[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1675 lima sarkofagus ditemukan di bawah altar utama. Konon di dalamnya terdapat tulang-tulang beberapa santo Kristiani mula-mula, yaitu Santo George, Theodore, Demetrius, Basil dan Flora, beserta sisa-sisa Solomon, Raja Hongaria yang memerintah dari tahun 1063 hingga 1074.[2] Bersama dengan peninggalan tersebut ditemukan sebuah dokumen yang menegaskan bahwa uskup Ursini telah menguduskan altar katedral pada tahun 1487 untuk menghormati orang-orang kudus ini. Namun, hanya asal usul St. Flora (seorang martir dari Cordoba, wafat tahun 857 M) dan Sulaiman yang dapat dikonfirmasi dengan pasti.[2]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Obad -Vučina. Katedrala uznesenja Marijina u Puli. ISBN 978-953-6487-46-2. 
  2. ^ a b c d e f "Menatap crkve u najstarijim gradovima južne Istre" (PDF). 
  3. ^ "Grad Pula: Katedrala Uznesenja Blažene Djevice Marije". Kota Pula. Diarsipkan dari versi asli tanggal 17 Februari 2013.