Katedral Poreč

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Poreč
Kompleks Episkopal Basilika Katedral Santa Perawan Maria Diangkat ke Surga di Pusat Historis Poreč
Kroasia: Eufrazijeva bazilika
Katedral Poreč
Katedral Poreč di Kroasia
Katedral Poreč
Katedral Poreč
Lokasi di Kroasia
45°13′43″N 13°35′37″E / 45.22861°N 13.59361°E / 45.22861; 13.59361Koordinat: 45°13′43″N 13°35′37″E / 45.22861°N 13.59361°E / 45.22861; 13.59361
LokasiPoreč, Istria
NegaraKroasia
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Poreč i Pula
Klerus
UskupYang Mulia Mgr. Valter Župan

Katedral Poreč atau umumnya dikenal sebagai Basilika Euphrasia (Kroasia: Eufrazijeva bazilika, bahasa Italia: Basilica Eufrasiana) atau Basilika Katedral Maria Diangkat ke Surga adalah sebuah gereja katedral Katolik yang juga berstatus sebagai basilika Katolik yang terletak di kota Poreč, Istria, Kroasia. Kompleks keuskupan, yang terdiri dari basilika itu sendiri, sakristi, baptisterium dan menara lonceng istana uskup agung di dekatnya, adalah contoh yang sangat baik dari arsitektur Bizantium awal di Kawasan Mediterania.

Siborium
Pemandangan basilika
Kristus dan kedua belas rasul.
Pintu masuk basilika.
Mosaik dari Bunda Maria dan Kanak-kanak Yesus. Kedua dari kiri: Santo Eupharius dan maket gereja.

Sebagian besar bagian dari Basilika Euphrasia masih mempertahankan bentuk aslinya, namun kecelakaan, kebakaran, dan gempa bumi telah mengubah beberapa detailnya. Karena ini adalah gereja ketiga yang dibangun di lokasi yang sama, maka gereja ini menyembunyikan bangunan sebelumnya, misalnya mosaik lantai besar basilika sebelumnya dari abad ke-5. Karena nilainya yang luar biasa, basilika ini telah dimasukkan dalam Daftar Warisan Dunia UNESCO sejak tahun 1997. Basilika ini juga merupakan pusat kedudukan dan takhta bagi Keuskupan Poreč i Pula.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Basilika paling awal didedikasikan untuk Santo Maurus dari Parentium dan dibangun pada paruh kedua abad ke-4. Mosaik lantai dari oratorium, yang awalnya merupakan bagian dari sebuah rumah besar Romawi, masih dipertahankan di taman gereja. Oratorium ini telah diperluas pada abad yang sama menjadi sebuah gereja yang terdiri dari bagian tengah dan satu lorong (basilicae geminae). Mosaik ikan di lantai berasal dari periode ini. Koin-koin bergambar kaisar Valens (365–378), ditemukan di tempat yang sama, mengkonfirmasi tanggal-tanggal ini.

Basilika yang sekarang, didedikasikan untuk Maria, dibangun pada abad keenam pada masa Uskup Euphrasius. Dibangun dari tahun 553 di lokasi basilika tua yang telah bobrok. Untuk pembangunannya, sebagian bekas gereja digunakan dan balok marmer diimpor dari pantai Laut Marmara. Mosaik dinding dibuat oleh ahli Bizantium dan mosaik lantai dibuat oleh ahli lokal. Pembangunannya memakan waktu sekitar sepuluh tahun. Euphrasius, sambil memegang gereja di tangannya, digambarkan di salah satu mosaik di apse, di sebelah St. Maurus.

Setelah gempa bumi tahun 1440, dinding selatan bagian tengah basilika dipulihkan, sehingga sebagai pengganti jendela-jendela yang hancur, dibangun jendela-jendela lain dengan gaya Gotik.[1]

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Basilika merupakan bagian dari kompleks yang terdiri dari:

  • Tempat pembaptisan segi delapan abad ke-6. Dibangun pada abad ke-5 bersamaan dengan basilika pra-Euphrasia, dan mengalami banyak perubahan.
  • Menara lonceng abad ke-16.
  • Atrium bertiang. Dibangun setelah basilika, keempat sisinya ditutupi oleh serambi yang menampung banyak koleksi monumen batu.
  • Kediaman Episkopal (Istana Uskup), juga dibangun pada abad ke-6. Sangat sedikit sisa bangunan aslinya.
  • Kapel peringatan berbentuk trefoil, dibangun pada abad ke-17 dan ke-19.

Kedua lorong dipisahkan dari bagian tengah oleh 18 barisan tiang marmer Yunani yang elegan dengan ibu kota Bizantium dan Romawi yang dipahat dengan indah, dihiasi dengan gambar binatang. Mereka semua membawa monogram Santo Euphrasius. Lengkungan di antara ibu kota dihiasi dengan karya plesteran.

Hal baru dari basilika Euphrasia adalah bahwa alih-alih dikelilingi oleh dinding lurus, seperti semua bangunan suci pada masa itu, basilika ini memanfaatkan lebar dan panjang bagian tengah tengah, dibangun dalam bentuk poligon. dari luar, sedangkan kedua lorong berakhir di apses setengah lingkaran yang lebih kecil, dilubangi ke dinding. Jadi basilika Euphrasia adalah contoh paling awal dari gereja triple-aps di Eropa Barat. Atrium adalah contoh khas arsitektur Bizantium, begitu pula kolomnya, ubin di rel altar, dan semua mosaik yang melimpah. Yang paling mengesankan adalah gambaran Kristus bersama para rasul, dan di bawahnya terdapat dekorasi 13 medali dengan gambar Kristus sebagai Anak Domba di tengahnya, dikelilingi oleh 12 medali yang menggambarkan berbagai martir.[1]

Gereja ini juga menampung benda-benda suci dan karya seni lainnya dari periode Palaeo-Kristen, Bizantium, dan Abad Pertengahan. Sebuah kapel nazar, di sebelah sakristi, menyimpan relik Saint Maurus dan Santo Eleutherius.

Mosaik[sunting | sunting sumber]

Ciri paling mencolok dari basilika ini adalah mosaiknya, sebagian besar dengan tanah emas, yang berasal dari abad ke-6.[2]

Mosaik di lengkungan kemenangan di atas apse melambangkan Kristus; memegang buku terbuka dengan teks Latin "Ego sum lux vera" ("Akulah cahaya sejati") dengan para Rasul, masing-masing dengan atributnya, Lengkungan di bawah berisi medali mosaik dengan Anak Domba Allah dan potret dua belas martir perempuan. Kubah di atas apse dihiasi dengan mosaik dengan Maria dan Anak, duduk di takhta Surgawi, di bawah karangan bunga yang dipegang oleh tangan - simbol Allah Bapa. Ini adalah satu-satunya gambaran Bunda Allah yang masih ada di basilika barat Kristen awal. Dia diapit oleh malaikat, Uskup Euphrasius, yang memegang model gereja; juga digambarkan orang-orang kudus setempat, termasuk St. Maurus, uskup pertama Poreč dan keuskupan Istria, dan diakon agung Claudius .[3] Anak antara Euphrasius dan Claudius disertai dengan tulisan "Euphrasius, putra diakon agung". Semua sosok berdiri di padang rumput yang dipenuhi bunga.

Mosaik tengah di antara jendela apse melambangkan Kabar Sukacita dan Kunjungan. Dalam mosaik Kabar Sukacita, seorang malaikat mengangkat tangannya untuk menunjukkan sebuah pesan. Di tangan kirinya dia memegang tongkat seorang utusan. Mary mengenakan gaun biru keunguan dan kerudung. Dia memegang benang di tangan kirinya. Di sisi lain mosaik tersebut menggambarkan kunjungan Maria ke Elisabeth. Keduanya mengenakan jubah sakral kontemporer dengan jubah penuh pita. Sesosok perempuan bertubuh kecil sedang melihat dari balik tirai sebuah rumah. Tiga medali kecil tersebut menggambarkan St. Yohanes Pembaptis, Zakharia dan seorang malaikat. Di antara dua mosaik besar ini terdapat mosaik-mosaik kecil yang menggambarkan Kristus Muda dengan lingkaran cahaya, dan dua orang martir dengan mahkota martirnya. Di apse utara mungkin adalah Kosmas dan Damian, di apse selatan Ursus (atau uskup lain dari Ravenna), dan Severus.

Dinding depan apse dibingkai dengan pita sempit berhias berisi pujian terhadap Euphrasius dan karya-karyanya. Bagian bawah apse dihiasi dengan lempengan batu bertatahkan mutiara. Sebagian di antaranya berasal dari lis dinding sebelumnya. Terdiri dari 21 bidang dengan 11 dekorasi berbeda. Di tengah berdiri singgasana uskup, diapit tempat lilin.

Ciborium[sunting | sunting sumber]

Apsisnya didominasi oleh marmer siborium, yang meniru model yang ada di Basilika Santo Markus di Venesia,[4] dibangun pada tahun 1277 atas perintah Otto, Uskup Poreč.[1] Kanopinya, dihiasi mosaik, ditopang oleh empat tiang marmer milik ciborium abad ke-6 sebelumnya. Sisi depan kanopi menggambarkan representasi pemandangan dari kehidupan Maria, Kabar Sukacita. Pada abad ke-15 Uskup Johann Porečanin memerintahkan di Italia sebuah relief Renaisans untuk antependium altar, terbuat dari perak berlapis emas. polyptych pelukis Venesia Antonio Vivarini berasal dari periode yang sama. Perjamuan Terakhir, yang dilukis oleh Palma the Younger adalah karya Baroque.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c Naklada Naprijed, Pemandu Wisata Adriad Kroasia, hal. 12-13, Zagreb (1999), ISBN 953-178-097-8
  2. ^ Unesco: Kompleks Episkopal Basilika Eufrasia di Pusat Sejarah Poreč di Unesco.org
  3. ^ Terjemahan Google untuk teks Italia. Mungkin pada masa penganiayaan Diokletianus terhadap umat Kristen.
  4. ^ Jeanne Oliver , Kroasia, hal. 146, Lonely Planet Publications (2005), ISBN 1-74059-487-8