Daftar basilika di Kroasia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kompleks Episkopal Basilika Katedral Santa Perawan Maria Diangkat ke Surga di Pusat Historis Poreč merupakan salah satu basilika kuno di Kroasia.

Ini adalah daftar lengkap Basilika di Kroasia. Basilika adalah gelar yang diberikan kepada beberapa gereja Katolik. Berdasarkan hukum kanonik tidak ada gereja Katolik yang dapat dihormati dengan gelar basilika kecuali mendapatkan hibah apostolik atau berdasarkan kebiasaan dahulu kala.[1] Gelar ini diberikan kepada gereja-gereja besar yang penting sebagai tempat ziarah atau untuk pengabdian tertentu seperti kepada orang suci. Basilika dalam pengertian kanonik ini dibagi menjadi basilika mayor ("lebih besar") dan basilika minor. Saat ini hanya empat basilika mayor, semuanya di Roma: basilika mayor Santo Yohanes Lateran, Santo Petrus, Santo Paulus di Luar Tembok, dan Santa Maria Mayor. Basilika kanonik lainnya, termasuk semua basilika di Kroasia adalah basilika minor.

Sampai saat ini, setidaknya terdapat 10 gereja bergelar basilika di Kroasia, menjadikannya salah satu negara dengan jumlah basilika terbanyak di Balkan.

Katolik[sunting | sunting sumber]

Daftar basilika Gereja Katolik di Kroasia[2]:

No. Kota Basilika Tahun Penggelaran Gambar
1 Đakovo Basilika Katedral Santo Petrus 1965
2 Marija Bistrica Basilika Maria Bunda Allah dari Bistrica, Marija Bistrica 1923
3 Poreč Kompleks Episkopal Basilika Katedral Santa Perawan Maria Diangkat ke Surga di Pusat Historis Poreč (Basilika Eufrasia) 1931
4 Rijeka Basilika Santa Perawan Maria dari Trsat 1930
5 Sisak Basilika Santo Quirinus dari Sescia 2014
6 Šibenik Basilika Katedral Santo Yakobus 1895
7 Voćin Basilika Kunjungan Perawan Maria 2022
8 Zadar Basilika Katedral Santa Anastasia 1867
9 Zagreb Basilika Hati Kudus Yesus 1941
10 Zagreb Basilika Santo Antonius dari Padua 2022[3]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]